Cara Mengaktifkan Quick Ball di Ponsel Xiaomi Bola Pintas

Apa itu Quick ball? Fitur yang diterjemahkan menjadi "Bola pintas" tersebut merupakan fitur bawaan ponsel Xiaomi (dengan ROM MIUI tentunya) yang berguna menjadi pintasan ke berbagai fungsi penting Android (mirip fitur Assistive Touch pada iPhone).

Secara default, bola yang mampu dipindah posisinya ke sisi kanan & kiri layar tadi berisi tombol back, screenshot, lock, recent, dan home. Lengkap banget ya, bisa menjadi pengganti tombol navigasi dong? Bisa banget sob.
Selain tombol navigasi, keberadaan tombol screenshot tentu akan craft jt kita mengambil screenshot tanpa perlu repot tekan tombol volume - serta power. Mengunci layar tanpa tombol power pun bisa kita lakukan berkat adanya tombol lock di Quick ball.
Nah, buat yang tombol navigasi fisiknya mulai rusak, atau ingin tombol-tombol tersebut lebih awet, aktifkan saja fitur Quick ball di ponsel Xiaomi Anda. Tapi bagaimana cara mengaktifkan Bola pintas di ponsel Xiaomi? Praktis sekali sob. Ikuti ulasan singkat berikut.

Mengaktifkan Quick Ball pada Ponsel Xiaomi


  1. Untuk menghidupkan fitur Quick ball pada MIUI, pertama-tama kita tuju page "Settings (Setelan)".
  2. Kemudian gulir halaman ke bawah, masuk ke "Additional settings (Setelan tambahan)" lalu pilih "Quick ball (Bola pintas)".

  3. Selanjutnya kita mampu mengaktifkan fitur tersebut melalui tombol "Turn on Quick ball (Hidupkan Bola pintas)", kemudian bola pintas akan segera timbul pada sisi kanan layar. Sentuh bola tadi buat memunculkan tombol-tombolnya.

  4. UPDATE 21/09/2018: Pada MIUI 9 serta 10, bola pintas akan otomatis tersembunyi pada tepi layar sesaat selesainya dihidupkan; berubah menjadi garis lengkung misalnya screenshot di bawah ini (kiri). Ketuk garis tadi buat memunculkan bola pintas.

Mengatur Quick Ball Sesuai Keinginan


Asyiknya, kita bisa mengutak-atik pengaturan Quick ball sesuka hati sob. Mulai menurut mengubah fungsi tombol hingga menyembunyikannya pada layar kunci. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.
  1. Select shortcut (Pilih pintasan), di sini kita mampu memilih dan mengubah urutan tombol Quick ball. Tidak hanya pintasan navigasi atau setelan sistem, pintasan ke pelaksanaan favorit juga bisa kita pilih sob.

  2. Preferred gesture (Gerakan yg diinginkan), berfungsi buat memilih cara kita membuka bola pintas, antara swipe (usap) atau tap (ketuk).
  3. Hide automatically (Otomatis sembunyikan), tak ingin terganggu Quick ball waktu membuka aplikasi eksklusif? Pilih pelaksanaan yang diinginkan melalui pengaturan tadi. Selanjutnya Quick ball akan tersembunyi saat pelaksanaan terpilih dibuka.
  4. Move aside when fullscreen (Pindah sisi lain ketika layar penuh), bermanfaat buat menyembunyikan bola pintas ke sisi dalam layar saat kita membuka pelaksanaan/game selayar penuh (full screen).
  5. Stick to the edge after tiga seconds of inactivity: Bola pintas akan melekat di tepi layar selesainya nganggur selama tiga dtk (berubah menjadi garis lengkung).
  6. Show on Lock screen (Tampil di layar kunci), opsi untuk menampilkan Quick ball pada layar kunci atau nir.
  7. Restore defaults (Pulihkan bawaan), apabila kita khilaf serta ingin pulang ke jalan yg benar 😀 (mengembalikan pengaturan bola pintas ke default).

Nah, itulah sedikit ulasan tentang cara mengaktifkan Quick ball atau Bola pintas di ponsel Xiaomi. Bagaimana menggunakan ponsel brand lainnya, atau Xiaomi yang gunakan custom ROM (bukan MIUI)? Tenang sob, silakan gunakan saja salah satu (atau seluruh jua boleh) dari 10 aplikasi pengganti tombol navigasi Android terbaik yang telah dibahas di blog Craft JT ini. Selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION