Cara Main Game Android dengan Stick PS3 via Bluetooth

Seperti yg kita tahu, sebagian besar perangkat Android menggunakan layar sentuh sebagai media interaksinya. Mulai berdasarkan mengetik pesan sampai bermain game, seluruh dilakukan dengan mengetuk serta mengusap layar. Bicara mengenai game, masih ada bermacam game Android yang tersebar di Play Store, baik perdeo juga berbayar, yang memang dioptimalkan buat layar sentuh.

Meski demikian, terdapat saja game Android yang dirasa kurang greget jika dimainkan dengan on screen button, seperti game-game emulator misalnya (PSOne, PSP, Nintendo, dsb). Sebagai citra, di game gelut-gelutan atau fighting, terdapat beberapa jurus yg mengharuskan pemain buat menekan beberapa tombol sekaligus. Nah, mampu dibayangkan ketika Anda harus menekan 3 tombol on screen secara bersamaan, padahal layar sentuh Anda hanya mendukung aporisma 2 titik sentuh, ga bakalan jadi jurusnya sob 😄
Ok, di sini aku tidak berusaha untuk menegaskan bahwa bermain game Android memakai gamepad lebih seru daripada menggunakan layar sentuh, sob; keduanya ada lebih serta kurangnya, serta tergantung menurut kesukaan masing-masing. Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang tidak sinkron ketika bermain game Android (terutama untuk game-game yg memang kurang dioptimalkan buat layar sentuh), menggunakan gamepad sanggup menjadi pilihan yang menarik.
Memang sanggup ya main game Android pakai stick? Bisa sob, mulai dari versi 3.0 HoneyComb, Android sudah dibekali dengan driver HID (Human Interface Device) yg berguna untuk mengenali serta menjalankan mouse, keyboard, serta pula gamepad/stick. Di pasaran, Anda bisa menemukan beragam stick yg spesifik dirancang buat Android, sebut saja Ipega serta Moga, akan tetapi kali ini Craft JT nir akan membahas itu.
Iya, sesuai judul, kali ini Craft JT akan mengulas cara menghubungkan stick PlayStation tiga dengan Android, untuk apa? Tentu saja untuk bermain game sob. Ini bisa menjadi solusi cepat untuk Anda yang sudah memiliki PS3 serta berniat menggunakan sticknya untuk main game di Android.
Belum punya PS3? Tak perkara, Anda sanggup membeli sticknya saja menggunakan harga antara 300 - 500 ribu rupiah (original). Jika ingin berhemat, tersedia juga stick PS3 versi hemat yg sanggup dibawa pergi dengan membayar antara 90 - 200 ribu rupiah (OP atau ori pabrik, KW - hati-hati sob, tidak semua stick KW mampu dipakai buat Android).

Kenapa stick PS3? Stick PlayStation 3 serta stick PS lainnya adalah stick yang paling akrab dengan para gamer di Indonesia, bahkan bisa dibilang melegenda. Harganya pun relatif lebih terjangkau serta lebih mudah didapat daripada gamepad lainnya. Selain itu, stick PS3 juga bisa dihubungkan dengan perangkat Android melalui Bluetooth, jadi lebih praktis sob.
Tertarik buat main game Android menggunakan stick PS3? Mari lanjut bacanya sob.

Video Tutorial Main Game Android gunakan Stick PS3


Sebagai permulaan, silakan simak video tutorial main game Android gunakan stick PS3 berdasarkan channel YouTube Craft JT ini dia.
PERHATIAN: Tidak ada jaminan ponsel Android Anda bisa dipasangi stick PS3 dengan mengikuti tutorial ini dikarenakan perbedaan versi sistem operasi serta setting-setting khusus yang diterapkan masing-masing produsen ponsel (yang juga berpengaruh pada kompatibilitas aplikasi Sixaxis Controller).
Saya juga tidak akan bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada ponsel Anda selesainya mengikuti tutorial ini, termasuk kerugian apapun (terlanjur beli stick lah, salah beli kabel lah) yg Anda alami. Di sini aku hanya berusaha craft Jt Anda dalam proses pemasangan stick PS3 ke Android menggunakan aplikasi Sixaxis Controller.
Dengan mengikuti tutorial ini berarti Anda telah siap menggunakan segala resiko yg mungkin terjadi.


Alternatifnya, baca pula langkah-langkah gampang pair stick PS3 dengan Android ini dia sob:

Apakah Android Anda bisa Terhubung menggunakan Stick PS3?


Sebelum membeli stick PS3, terdapat baiknya buat mengecek kompatibilitas perangkat Android Anda dengan memakai Sixaxis Compatibility Checker. Sederhananya, Anda sanggup memakai Sixaxis Compatibility Checker buat mengetahui apakah Android Anda sanggup dihubungkan dengan stick PS3 atau nir. Caranya menjadi berikut.
Pastikan ponsel atau tablet Anda berjalan menggunakan Android 4.0 ICS atau yang lebih baru, memiliki fitur Bluetooth serta hak akses ROOT.
Install serta jalankan aplikasi Sixaxis Compatibility Checker (gratis via Play Store).
Akan ada peringatan, baca menggunakan akurat kemudian ketuk OK.

Ketuk Start untuk menjalankan driver Sixaxis sekaligus mengecek kompatibilitas Android Anda. Izinkan buat mengakses ROOT.
Bila Android Anda kompatibel, peringatan berikut akan muncul.

Bila nir, akan ada pesan Error: Missing required protocol atau Connection Failed.
Setelah konfiden bahwa Android Anda mampu dipasangkan dengan stick PS3, siapkan bahan-bahan pelengkap berikut.
  • Stick PlayStation tiga (DualShock tiga)
  • Sixaxis Controller
  • PC berbasis Windows
  • Sixaxis Pair Tool
  • Kabel mini USB (bukan micro USB)


Tutorial menghubungkan stick PS3 menggunakan Android


- Di Android
  1. Install Sixaxis Controller (berbayar, mampu dibeli di Play Store pakai pulsa), jalankan serta ketuk Start. Izinkan buat mengakses root.

  2. Di kiri bawah layar akan timbul Bluetooth address Android Anda (formatnya xx:xx:xx:xx:xx:xx).

    - Di PC
  3. Install serta jalankan Sixaxis Pair Tool (perdeo).
  4. Hubungkan stick PS3 ke PC dengan kabel mini USB.
  5. Tunggu bagian Current Master berubah menurut Searching... menjadi deretan angka serta huruf (xx:xx:xx:xx:xx:xx).
  6. Pada bagian Change Master, isi dengan Bluetooth address Android Anda (yg ada pada kiri bawah layar tadi, jangan sampai keliru ya), lalu klik Update.

  7. Perhatikan bagian Current Master, pastikan sama menggunakan alamat di Change Master, klik Update sekali lagi buat memastikan. Lepas kabel kecil USB berdasarkan stick lalu sambungkan sekali lagi. Cek apakah Current Master masih sama menggunakan Change Master, apabila belum klik Update sekali lagi.

    - Di Stick PS3
  8. Pastikan aplikasi Sixaxis Controller di Android masih jalan.
  9. Lepas stick PS3 menurut kabel kecil USB, kemudian tekan tombol power (tombol berlogo PS).

  10. Tunggu sampai 4 lampu merah di stick PS3 berhenti berkedip serta hanya satu lampu saja (nomor 1) yang tetap menyala. Itu menandakan bahwa stick PS3 telah terhubung dengan Android.
    - Di aplikasi Sixaxis Controller
  11. Setelah berhasil terhubung, akan ada status Client 1 connected [Battery status: Full/High/Low]. Anda jua sanggup melihat sisa baterai stick PS3 di aplikasi Sixaxis Controller melalui status tadi.

  12. Selanjutnya, masuk ke Sixaxis Setting melalui Menu > Preferences > Gamepad Setting > Aktifkan Enable Gamepad (centang). Hal tadi bertujuan agar Android menganggap stick PS3 menjadi native gamepad, sebagai akibatnya bisa dikenali oleh game Android yg mendukung penggunaan gamepad (Asphalt 8 misalnya).
  13. Agar stick PS3 sanggup meninggal sendiri ketika tidak dipakai (menghemat baterai), masuk ke General Setting > Idle Timeout > pilih ketika sesuai selera (pada dtk).
  14. Untuk mulai bermain game Android memakai stick PS3, ketuk Change IME serta pilih Sixaxis Controller, lalu jalankan game yang akan dimainkan.
  15. Setelah terselesaikan main game, masuk ke pelaksanaan Sixaxis Controller lagi (melalui bar notifikasi) lalu pilih Stop buat mematikan driver Sixaxis. Jangan lupa ketuk Change IME lagi buat membarui input method sebagai seperti semula (izin sanggup dipakai buat mengetik). Selesai.

UPDATE 31/10/2016: Tutorial main game Android pakai stick PS3 terbaru sudah hadir sob (khusus untuk Android yang sudah ROOT serta support OTG). Silakan cek artikel Cara Pair Stick PS3 ke Android Tanpa PC buat isu lebih lanjut.

_____________________
Sebagai tambahan, saat tersambung dengan stick PS3, Bluetooth pada perangkat Android Anda tidak mampu dipakai buat keperluan lain (mengirim/mendapat file dll). UPDATE: Mulai Sixaxis Controller versi 1.1.1, kita mampu menggunakan bluetooth buat keperluan lain meski sedang tersambung ke stick PS3.
Bila hendak digunakan pada perangkat Android lain, ganti master Bluetooth address stick PS3 Anda dengan Sixaxis Pair Tool sinkron menggunakan Bluetooth address perangkat Android tadi.
Mau main PlayStation 3 lagi? Langsung colok sticknya pake kabel sob, kemudian tekan tombol PS pada stick, otomatis pair sendiri. Kalau mau dipakai main game Android lagi, ya gunakan Sixaxis Pair Tool lagi.
Kalau baterai stick PS3-nya habis bagaimana? Jika terdapat PS3 langsung tancap saja pake kabel, otomatis bakal ngecharge sticknya. Tanpa PS3 juga tidak masalah, sticknya bisa dicharge memakai port USB PC atau charger ponsel.
Selain stick PS3, pelaksanaan Sixaxis Controller jua bisa digunakan buat menghubungkan stick PS4 (DualShock 4) ke Android. Caranya nir jauh tidak sinkron menggunakan ulasan pada atas.
Game apa saja yang mampu dimainkan menggunakan stick PS3? Berdasarkan percobaan saya, Asphalt 8, Riptide GP 2, Modern Combat 4 (juga 5), Angry Birds Go, Beach Buggy Racing, serta GT Racing 2 bisa dimainkan gunakan stick PS3 (daftar lengkapnya sanggup dibaca pada situs Android Gamepad). Selain itu, hampir semua emulator game buat Android seperti ePSXe, PPSSPP, Mupen64, Snes9x, serta Nostalgia NES juga jalan pake stick PS3, dari diatur terlebih dahulu (mapping). Sip, selamat mencoba sob 😊
Baca jua:

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 11/03/2015 serta terakhir diperbarui pada 15/01/2018 dengan pembaruan screenshot.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION