10 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Android

Layaknya Windows dengan File Explorer-nya (sebelum Windows 8 diklaim Windows Explorer) - yang berguna buat mengakses arsip-arsip yang tersimpan pada HDD - kita bisa mengakses file-arsip yg masih ada pada SDcard serta memori internal perangkat Android kita memakai pelaksanaan arsip manager.

Keberadaan file manager buat perangkat Android bisa dikatakan sebagai keharusan. Selain berguna buat mengelola arsip-file kita (open, copy, move, delete, dsb), File manager juga craft jt kita buat membuatkan arsip (lewat Bluetooth, WiFi, 3G, dsb) serta juga menginstall aplikasi menurut arsip APK. Masalahnya, nir seluruh perangkat Android mempunyai pelaksanaan arsip manager secara default.
Nah, buat mengatasi masalah tadi, berikut adalah kami sajikan daftar 10 aplikasi arsip manager (tak jarang pula disebut arsip explorer) terbaik untuk ponsel maupun tablet Android.

1. Explorer


Explorer adalah aplikasi file manager buat Android yg ringan, cepat, serta mudah digunakan. Cocok buat penggunaan dasar seperti copy, move, delete, dsb. Kerennya, Explorer dilengkapi menggunakan fitur tab layaknya web browser, sebagai akibatnya pengguna mampu membuka beberapa folder sekaligus.

Tak hanya akses file pada SDcard serta internal, Explorer pula mampu dipakai buat mengakses file yg tersimpan di cloud, misalnya Google Drive serta Dropbox. Fitur text editor serta create serta ekstrak zip, gzip, tar, serta rar jua hadir pada pelaksanaan arsip manager menggunakan tampilan Holo tadi.
Download Explorer buat Android

2. ES File Explorer File Manager


All in one, iya, selain berfungsi sebagai file manager, ES File Explorer File Manager mampu pula digunakan buat mengelola aplikasi (install, uninstall, backup).
Fitur-fitur dasar arsip manager tentu telah tersedia pada ES, ditambah sejumlah fitur unggulan lain seperti FTP/SMB, Webdav, cache cleaner, autostart manager, download manager, image/video/music viewer/player dll.

Untuk pengguna menggunakan perangkat Android yang sudah mempunyai akses root, ES mampu digunakan sebagai root explorer, akses penuh ke seluruh direktori, termasuk fitur mengubah file permission.
Sebagai isu tambahan, ES menyediakan fitur unik yang sporadis ditemui dalam pelaksanaan file manager lain, yaitu Recycle Bin. Iya, seperti yg ada di Windows, Recycle Bin pada ES akan menampung arsip yg Anda hapus melalui ES, sebagai akibatnya mampu direstore apabila diharapkan.
Download ES File Explorer File Manager

3. FX File Explorer


Untuk yang nir ingin neko-neko, FX File Explorer merupakan file manager yg cocok bagi Anda. FX Explorer tampil menggunakan praktis serta elegan (update terbarunya sudah bergaya material design). Urusan performa, tak perlu diragukan lagi, Anda mampu menjelajahi isi SDcard Android Anda menggunakan cepat serta nyaman.
Fitur-fitur file managernya bisa dibilang baku, tetapi ada beberapa fitur keren yg akan membuat Anda betah memakai FX File Explorer, dua pada antaranya yaitu pinch-to-zoom serta split view.

Fitur pinch-to-zoom memungkinkan Anda untuk mengubah-ubah ukuran tampilan folder serta file hanya dengan mencubit layar, serta split view bermanfaat buat membuka direktori atau folder yang berbeda dalam satu layar, dengan tampilan layar terbagi 2 (atas bawah > portrait, kanan kiri > landscape).
Bila Anda ingin neko-neko, FX File Explorer masih memberikan fitur-fitur tambahan, termasuk dukungan Add-on untuk akses root serta akses FTP/SMB yang dapat diunduh secara terpisah.
Download FX File Explorer

4. Borqs File Manager


Secara default, Borqs File Manager akan mengelompokkan file Anda menjadi beberapa kategori, yaitu gambar, dokumen, video, musik, aplikasi yang terinstall, arsip (zip, rar, dll), APK, serta Favorites. Kendati begitu, Anda masih mampu menelusuri file-file Anda sebagaimana umumnya menggunakan mengakses tab Directory.

Di bagian Favorites, Anda bisa menambahkan folder atau direktori favorit Anda (folder Bluetooth atau Download misalnya). Pada sisi bawah layar, terdapat indikator kapasitas SDcard (total serta free space) yang craft jt Anda mengetahui kapasitas total serta ruang yang tersisa di SDcard Anda.
Download Borqs File Manager

5. Arsen File Manager


Dari segi tampilan, Arsen File Manager terlihat seperti aplikasi file manager Android yang banyak beredar di Google Play Store. Bedanya, ada sedikit animasi manis saat pertama kali masuk Arsen serta saat berpindah folder atau direktori. Fitur file managernya sama dengan aplikasi sejenis pada umumnya.

Salah satu fitur yang relatif menonjol berdasarkan Arsen merupakan Favorites. Anda bisa menambahkan folder atau file ke bagian Favorites yang dapat diakses menggunakan cepat menurut menu slide yg berada pada bagian kiri layar.
Download Arsen File Manager

6. ASTRO File Manager with Cloud


Seperti namanya, ASTRO File Manager with Cloud dapat dipakai buat mengakses sejumlah layanan penyimpanan awan atau cloud storage, seperti Dropbox, Google Drive, Facebook, Box & OneDrive.

Mirip dengan ES File Explorer, ASTRO jua berfungsi pula sebagai pengelola aplikasi, bedanya, ASTRO dilengkapi pula menggunakan Task Killer.
Pembeda lainnya, ASTRO memiliki dua buah menu slide, kiri serta kanan, sehingga Anda tidak perlu menggulung layar (scroll) terlalu usang buat menemukan setting atau menu yang Anda perlukan.
Di menu slide kanan paling bawah, Anda sanggup menemukan bagian Recent Open, yg menampilkan file-file yg baru saja Anda buka (layaknya Recent Document di Windows).
Download ASTRO File Manager with Cloud

7. InKa File Manager


Bila Anda merasa ASTRO File Manager terlalu rumit, Anda sanggup mencoba inKa File Manager. Aplikasi ini hadir dengan UI yang sederhana serta bersih. Menariknya, Anda bisa mengubah warna folder inKa File Manager sesuka hati.

InKa File Manager juga dilengkapi dua buah menu slide di kanan serta kiri layar. Di bagian kanan terdapat daftar folder serta direktori dengan tampilan semacam tree view (seperti Windows). Di bagian kiri masih ada beberapa menu buat mengatur tampilan arsip (grid/list), urutan file (name, type, date, dsb), opsi buat memunculkan hidden files, serta opsi ukuran ikon.
Download inKa File Manager

8. Fo File Manager


Meski ukuran file installasinya hanya sekitar 300Kb, Fo File Manager sanggup sebagai galat satu aplikasi file manager Android favorit Anda.

Selain memiliki fitur Favorites yang craft jt Anda mengakses folder favorit, Fo File Manager jua menyediakan opsi buat mengubah tema (dark/light) serta warna UI-nya (green, blue, orange, pink, dsb).
Download Fo File Manager

9. Cabinet Beta


Cabinet Beta merupakan aplikasi arsip manager Android minimalis dengan tampilan material design. Aplikasi besutan Aidan Follestad ini memang terkesan tidak mengedepankan kekayaan fitur, namun lebih mengarah pada fungsi serta kecepatan dari sebuah aplikasi file manager atau explorer.

Meski minimalis, fungsi-fungsi harian arsip manager seperti copy, cut, rename, delete, zip, extract arsip sudah tersedia di Cabinet Beta. Jika Anda butuh akses ke root, aplikasi yang bersifat open source ini juga telah siap menanganinya.
Download Cabinet Beta

10. Sliding Explorer


Satu lagi file manager dengan tema material design, Sliding Explorer. Mirip dengan Cabinet Beta, Sliding Explorer juga fokus pada kesederhanaan serta kecepatan akses file.

Tampilannya bisa dibilang cukup menarik, terlihat dari ikon-ikonnya yang kaya warna, termasuk adanya dua pilihan tema di bagian pengaturan Sliding Explorer (Classic serta Dark). Sliding Explorer juga telah dilengkapi dengan fitur akses root, jadi Anda tidak perlu lagi mencari file explorer root berbayar lagi. UPDATE 31/07/2016: Sliding Explorer sudah dihapus dari Play Store serta tidak tersedia lagi untuk diunduh.

10.1. MK Explorer


Sebagai pengganti Sliding Explorer, Craft JT memilih MK Explorer sebagai penutup daftar aplikasi file manager Android terbaik ini. Mengikuti tren desain saat ini, MK Explorer juga telah mengadopsi material design. Menariknya, warna serta ikon MK Explorer bisa diubah-ubah sesuai selera sob (melalui laman setting).

Fitur aplikasi besutan Kormateusz tersebut bisa dibilang cukup lengkap untuk penggunaan sehari-hari. Buat Anda yang doyan multi tasking, MK Explorer telah menyediakan fitur Two windows (panels), yang berguna untuk membuka dua jendela file explorer sekaligus (craft jt copas serta move). Butuh akses file di folder root? Tenang, MK Explorer juga sudah menyediakan fitur root yang bisa digunakan secara gratis.
Download MK Explorer (File Manager)
Jadi, aplikasi file manager apa yang Anda pilih? Tidak ada dalam daftar di atas? Silakan tuliskan di kotak komentar, terima kasih serta selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION