Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root Pengganti Tombol Back Home & Recent

Beberapa tahun lalu, Craft JT pernah mengulas tentang cara install bar navigasi Android Lollipop dalam Android lawas (sebelum Lollipop) menggunakan menggunakan Xposed. Ulasan tadi aku tujukan untuk pengguna Android yg sudah memiliki akses root dalam ponselnya. Kali ini, Craft JT akan memberitahuakn jalan buat Anda yang ingin mempunyai bar navigasi ala Android Lollipop tanpa harus root.

Tunggu, Apa itu bar navigasi Android? Navigation bar atau bar navigasi Android merupakan kumpulan tombol navigasi Android (back, home, recent/menu) yang pada umumnya terletak di sisi bawah layar. Untuk perangkat Android yg tersebar di pasaran ketika ini, setidaknya masih ada 3 macam bar navigasi, misalnya yang tampak pada gambaran berikut.

Pertama, bar navigasi on screen (menyatu dengan layar) yang biasa kita temui dalam ponsel serta tablet Android besutan Google (Pixel, Nexus dan Android One), beberapa seri Android LG, Motorola, Sony Xperia, dsb. Kedua adalah bar navigasi kapasitif (berupa tombol kapasitif yang terpisah dengan layar) yg umum digunakan pada ponsel protesis Asus dan Xiaomi (seri Zenfone, Redmi, dsb). Ketiga, bar navigasi fisik plus kapasitif (paduan tombol fisik serta kapasitif), misalnya yg terpampang pada hampir seluruh seri Samsung Galaxy.

Bila Anda pengguna Android Pixel, Nexus atau Android One, kemungkinan mengalami kasus pada penggunaan bar navigasi mampu dibilang relatif mini , lantaran tombolnya menyatu menggunakan layar. Untuk Anda pengguna seri Zenfone, Redmi, atau Galaxy, mampu jadi seiring berjalannya ketika, sensitifitas atau fungsi tombol fisik serta/atau kapasitifnya mulai berkurang, bahkan kadang tidak berfungsi sama sekali. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pelaksanaan pengganti bar navigasi (tombol fisik serta kapasitif) ini layak buat dicoba.

Adalah Simple Control, sebuah pelaksanaan yang berguna buat memunculkan navbar Android sebagai pengganti tombol fisik atau kapasitif yang nir berfungsi atau rusak (khususnya tombol navigasi, bukan tombol power atau volume). Asyiknya, selain tidak membutuhkan akses root pada penggunaannya, Simple Control pula memiliki tampilan bar navigasi keren yg mirip menggunakan bar navigasi Android Lollipop atau Marshmallow, cek aksinya dalam video dari channel YouTube Craft JT berikut.

Nah, telah gamblang kan? Simple Control cocok dipakai pada Android yg tidak mempunyai navbar on screen misalnya ponsel Samsung Galaxy Ace yang aku pakai pada video di atas (yg kebetulan tombol home fisiknya telah mulai ngadat sob). Selain sebagai pengganti tombol navigasi fisik/kapasitif yang rusak, Simple Control juga sanggup dimanfaatkan buat meminimalkan penggunaan tombol-tombol tersebut (sebagai tindakan pencegahan supaya tidak gampang rusak alias awet). Selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION