Cara Kirim Pesan WhatsApp dengan Perintah Suara OK Google

OK Google, jam berapa sekarang? OK Google, cuaca hari ini! OK Google, apa itu Android? OK Google, buka apikasi Instagram! Merupakan beberapa perintah bunyi yang (mungkin) tak jarang Anda pakai pada ponsel Android. Buat yang belum memahami, OK Google adalah perintah bunyi buat pelaksanaan Google (Now) di Android yang mempunyai majemuk fungsi.

Iya, menggunakan berkata "OK Google" diikuti perintah yg diinginkan, pelaksanaan Google akan menampilkan berita (atau melakukan tindakan) yang relevan dengan apa yg kita perintahkan; sangat berguna saat jari-jari kita lelah menekan layar atau sedang sibuk melakukan hal lain (ketika menyetir mobil misalnya).
Selain perintah-perintah dasar yang telah disebutkan di atas, kita pula mampu mengirim pesan WhatsApp melalui perintah suara OK Google. Caranya mudah sob, namun sebelum melangkah lebih jauh, simak tips mengaktifkan fitur Ok Google di Android berikut ini (apabila belum).
TIPS: Agar bahasa kita mampu dikenali, buka Google app versi terbaru > Setting > Voice > Languages dan pilih Bahasa Indonesia. Selanjutnya, aktifkan fitur Ok Google melalui "Ok Google" detection > hidupkan opsi 'From the Google App' (atau pilih opsi lain yg dikehendaki).

Kirim Pesan WhatsApp via Perintah Suara OK Google


  1. Pastikan fitur OK Google pada Android Anda sudah aktif (cek tips di atas bila belum).
  2. Tekan usang tombol home atau buka pelaksanaan Google di Android Anda.
  3. Ucapkan "OK Google, kirim pesan WhatsApp ke Mukidi: Jakarta sudah bebas banjir" (keterangan: "Mukidi" merupakan nama kontak WA, "Jakarta sudah bebas banjir" adalah isi pesan WA).

  4. Google akan merespon dengan: "Ok, apakah Anda ingin mengirim pesan WhatsApp ini atau mengubahnya?"
  5. Katakan "Ubah" buat membarui pesan atau pribadi bilang "Kirim" buat mengirim pesan tersebut.
  6. Beres dah sob. Bila Anda mengucapkan perintah tadi menggunakan kentara, maka pesan WhatsApp Anda akan disampaikan ke Mukidi tanpa perlu menyentuh layar atau membuka pelaksanaan WhatsApp sama sekali.

Saat suasana kurang mendukung, di tengah hiruk pikuk kemudian lintas misalnya, perintah suara yg panjang terkadang nir sanggup diproses menggunakan baik sang pelaksanaan Google. Oleh karenanya, kita sanggup memecah perintah tersebut sebagai beberapa bagian, misalnya ini contohnya.
A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on Sep 20, 2018 at tiga:00am PDT

Pada video di atas, aku mencoba mengirim pesan dalam SK17i Alaihi Salam (salah satu nama kontak di WhatsApp saya) menggunakan perintah bunyi OK Google. Kurang lebih begini dialognya.
  1. Pertama, saya (S) mengucapkan OK Google (berhasil dalam percobaan ke 2), diikuti perintah "kirim pesan WhatsApp". 
  2. Perintah tersebut kemudian direspon oleh aplikasi Google (G) dengan: "Siapa yang ingin Anda ajak chat?"
  3. S: SK17i.
  4. G: Apa isi pesannya?
  5. S: Mencoba mengirim pesan buat craft jt.
  6. G: Ok, apakah Anda ingin mengirimnya atau mengubahnya?
  7. S: Kirim.
  8. G: Mengirim pesan...
  9. Tak berselang usang, timbul notifikasi yang menyatakan bahwa Pesan sudah dikirim.

Lumayan lebih panjang memang dibandingkan cara pertama, tetapi lebih efektif buat suasana yg riuh sob. Selain dua cara pada atas, masih ada variasi lainnya sob, simak video ini (mulai mnt 3:35).

Sekedar tambahan, pelaksanaan Google menggunakan fitur perintah suara OK Google telah ada semenjak Android 4.1 Jelly Bean. Meski demikian, beberapa fiturnya (termasuk kirim pesan WhatsApp) mungkin hanya bisa digunakan dalam Android 4.4 KitKat ke atas.
Selain WhatsApp, cara kirim pesan via perintah suara Google pada atas juga sanggup diterapkan dalam Telegram, WeChat, Viber, dan Nextplus (contoh, ganti istilah WhatsApp dengan Telegram: "Kirim pesan Telegram" dan seterusnya). Sip, selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION