Pengertian dan Berbagai Macam Jenis Konsol Game Dari Generasi ke Generasi


PENGERTIAN CONSOLE GAME - Apa itu konsol game? Konsol Game merupakan sebuah mesin yang memiliki sistem komputer output penyesuaian yang dapat membuat gambar berupa frekuwensi, selanjutnya diterjemahkan oleh perangkat display (TV,monitor) sebagai video game, dan dilengkapi dengan indera pengendalinya yg disebut joystick atau controller. Lebih mudahnya, konsol game adalah mesin yang dirancang khusus buat memainkan video game.

Konsol Game ini sendiri mempunyai banyak jenisnya, misalnya halnya PlayStation, Nintendo, serta Xbox. Belum lagi, disetiap jenisnya memiliki versi lainnya, misalnya halnya PlayStation yg mempunyai bermacam jenis seperti PS1,PS2,P23,PS4 dengan versi yang bhineka disetiap jenisnya. Ambil model PS1, konsol PS1 memiliki versi beragam seperti SCPH102, SCPH1001, dan lainnya.


Mengapa orang membeli konsol game daripada komputer? Ada beberapa alasan :


1. Konsol game lebih murah daripada komputer yg didesain buat menjalankan video game

2. Konsol cenderung memuat game lebih cepat menurut kebanyakan PC - personal komputer gaming yang mahal tentu saja pengecualian
3. Sistem video game mudah terhubung menggunakan TV serta stereo
4. Tidak terdapat kasus kompatibitas, misalnya sistem operasi, driver DirectX, kartu audio yg sahih, pengendali game yang didukung, resolusi, dan sebagainya
5. Pengembang game memahami persis komponen apa yg ada disetiap sistem, jadi game dibentuk buat memanfaatkan perangkat keras sepenuhnya
6. Tingkat pengetahuan teknis yg diperlukan buat mengatur dan menggunakannya jauh lebih mudah. Kebanyakan konsol game benar-sahih hanya tinggal "pasang serta mainkan"

Konsol Game mengalami perkembangan berdasarkan masa ke masa, dimana perkembangan tersebut menciptakan konsol game memiliki generasi tersendiri disetiap masa perkembangannya. Sampai waktu ini konsol game sendiri sudah hingga generasi ke-8, serta tidak menutup kemungkinan bahwa nanti akan muncul generasi-generasi berikutnya.


Berikut ini merupakan generasi konsol game berdasarkan masa ke masa :


Generasi Pertama



Magnovax Odyssey  :  Diproduksi oleh Magnavox pada tahun 1972
Pong                           :  Diproduksi sang Atari inc pada tahun 1972
Coleco Telstar           :  Diproduksi sang Celeco dalam tahun 1976 - 1978

 1972, dalam saat itu orang belum mengenal apa itu konsol game, yang mereka tahu adalah video game, yaitu sebuah permainan elektronik yang menampilkan gambar beranjak (video).
perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game pertama, yaitu Odyssey.

Magnavox Odyssey, konsol game pertama di global mengoperasikan Pong. Tidak lama setelah itu sebuah game arcade legendaris Atari berjudul “Pong” ada. Pong adalah sebuah game sederhana yang merogoh konsep permainan tenis, satu bola serta 2 papan di kiri dan kanan, pemain sebisa mungkin wajib berusaha mengembalikan bola ke wilayah lawan. Atari merilis Pong pada bentuk sebuah mesin ding dong bernama Sears.
1975, Magnavox menyerah serta menghentikan produksi Odyssey. Sebagai gantinya, mereka mengikuti jejak Atari, memproduksi mesin ding dong bernama Odyssey 100, yg spesifik menyajikan game Pong.

Generasi Kedua


Fairchild Channe F   :  Diproduksi oleh Fairchild Semiconductor pada tahun 1976
Atari 2600                  :  Diproduksi sang Atari inc pada tahun 1977
Odyssey2                    :  Diproduksi sang Magnavox/Philips dalam tahun 1978
Intellivision                :  Diproduksi oleh Mattel Electronics pada tahun 1979

1976, Fairchild mencoba menghidupkan balik global video game dengan menciptakan VES (Video Entertainment System). VES merupakan mesin pertama yang diklaim ”konsol”. Konsol ini menggunakan kaset magnetik yg dianggap cartridge. Nah, konsep ini lalu diikuti sang beberapa produsen lain, termasuk Atari, Magnavox, serta RCA, ketiga perusahaan tersebut jua merilis konsol serupa.
Fairchild VES, pertama di dunia yang memakai media cartridge.
1977, dunia konsol sebagai tidak terkenal, game-game yg terdapat nir berhasil menarik minat. Fairchild dan RCA mengalami kebangkrutan. Mudah, hanya terdapat Atari dan Magnavox yg masih bertahan pada global video game.
1978, Magnavox meluncurkan Odyssey dua, seperti halnya Odyssey pertama, konsol ini pun gagal sebagai hit. Tak lama berselang, Atari meluncurkan konsol legendaris, Atari 2600, yang populer dengan game Space Invaders-nya
1980, aneka macam penghasil konsol ada, serta mereka mengambil Atari 2600 menjadi konsep dasar, perkembangan dunia game pun semakin pesat.
1983, dunia video game pulang ambruk. Game-game yg kurang kreatif menciptakan konsol kembali menerima sambutan dingin, apalagi, PC ketika itu menjadi semakin canggih. Orang lebih memilih membeli PC ketimbang konsol video game, selain buat bermain, PC jua produktif buat bekerja. Game-game komputer (PC Game) semakin berkembang pesat, sampai saat ini. Pelopor PC ber-game ketika itu merupakan Commodore 64, konsol sekaligus personal computer yg menyediakan tampilan grafis 16-warna dan mempunyai kapasitas memori jauh lebih baik menurut konsol videogame contoh apa pun.
Atari 2600, sempat hit tahun 80-an. Memiliki “saudara termuda” bernama Atari 2600 Jr.

Generasi Ketiga


NES/Nintendo Entertainment System   :   Diproduksi oleh Nintendo dalam tahun 1984
Master System                                          :   Diproduksi sang Sega pada tahun 1980-an
Atari                                                          :   Diproduksi oleh Atari inc pada tahun 1986

1983, perusahaan bernama Famicom (Jepang) menciptakan gebrakan baru, sebuah konsol bernama Famicom/Nintendo Entertainment System (NES) dirilis di akhir 1983. Konsol ini menampilkan gambar serta animasi resolusi tinggi buat pertama kalinya. Setelah mendapat sambutan hangat di Jepang, Famicom memperluas pemasarannya ke Amerika, yang dikenal dengan NES (Nintendo Entertainment System). Nintendo memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, menggunakan demikian semua game yang akan dirilis haruslah seijin developer Nintendo. Dan akhirnya, ada sebuah game legendaris, Super Mario Brothers, yg dibintangi karakter fenomenal yang permanen eksis hingga kini , Mario.
Famicom menurut Nintendo, berhasil merajai pasar videogame pada era generasi ketiga.

Generasi Keempat


TurboGrafx-16    :   Diproduksi sang NEC Hudson Soft pada tahun 1987
Mega Drive          :   Diproduksi sang Sega pada tahun 1988
Neo Geo               :   Diproduksi sang SNK pada tahun 1994
Super NES           :   Diproduksi sang Nintendo dalam tahun 1990

1988, NES menerima sambutan hangat di seluruh dunia, serta sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal menggunakan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yg lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES permanen bertahan dengan angka penjualan tinggi.
1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo serta Sega sebagai bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen misalnya SNK menggunakan NeoGeo-nya, NEC menggunakan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, akan tetapi kedua konsol mereka begitu handal serta populer.
Rivalitas yg legendaris, Super NES dan Mario Brothers menjadi ikonnya melawan SEGA Mega Drive dan Sonic the Hedgehog menjadi ikonnya.

Generasi Kelima


3DO                 :  Diproduksi sang Panasonic, Sanyo, serta Goldstar pada tahun 1994
Jaguar             :  Diproduksi sang Atari inc dalam tahun 1993
Saturn             :  Diproduksi sang Sega dalam tahun 1994
Play Station    :  Diproduksi sang Sony pada tahun 1994-1995
Nintendo 64    :  Dibuat dan dikembangkan sang Nintendo

1990-1994, Sega serta Nintendo tetap bersaing. Berbagai game fenomenal dirilis. SNES menyertakan chip Super FX pada cartridge mereka, serta Sega memakai Sega Virtua Processor, keduanya bertujuan buat menaikkan kualitas grafis berdasarkan game. Alhasil, SNES serta Sega saling beradu dengan game-game keren seperti Donky Kong Country (SNES) dan Vectorman (Sega).
1993, sebuah perusahaan ternama, Panasonic, merilis konsolnya yang bernama Panasonic 3DO. Ini adalah konsol pertama yang menggunakan CD menjadi pengganti cartridge. Harganya yang sangat mahal menciptakan konsol ini tidak populer, 3DO nir bertahan lama dan wajib segera menghentikan produksinya.
Panasonic 3DO, konsol game pertama yg menggunakan media CD.
1994, Atari balik meluncurkan konsol baru buat menandingi Nintendo dan Sega. Atari Jaguar jelas jauh lebih canggih ketimbang NES maupun Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit menjadi batu sandungan, belum lagi, pada tahun yg sama, Sony merilis konsol super legendaris, PlayStation. Atari bangkrut serta akhirnya melakukan merger. Konsol basis CD yang pertama kali menuai sukses merupakan Sony PlayStation. Konsol Jepang ini segera mendapat sambutan hangat, dan sampai ketika ini, PlayStation sudah terjual ratusan juta unit. PlayStation yg pula diklaim PS-One adalah konsol terlaris sepanjang masa. Sega serta Nintendo tampaknya menyadari ketertinggalan mereka dari Sony. Sega kemudian merilis Sega Saturn, dan Nintendo mengeluarkan Nintendo 64.

Generasi Keenam


Dreamcast         :  Diproduksi sang Sega pada tahun 1998
Play Station dua    :  Diproduksi sang Sony dalam tahun 2018
Game Cube       :  Diproduksi sang Nintendo dalam tahun 2018
XBOX               :   Diproduksi oleh Microsoft dalam tahun 2018

Generasi ini pertama kali timbul dalam tahun 1998 dimana Nintendo meluncurkan Nintendo GameCube. Tetapi, konsol ini tidak dilanjutkan lagi produksinya pada tahun 2018. PlayStation sudah memasuki generasi kedua hingga akhirnya tidak diproduksi dalam tahun 2018. Sega Dreamcast jua dibentuk oleh Sega pada tahun 2018. Ketika itu, Microsoft ikut berkecimpung dengan meluncurkan Xbox generasi pertama tahun 2018 dan diakhiri produksinya dalam 2018. Generasi ini jua dikenal sebagai generasi 128-bit. Di era ini, perang konsol terjadi antara Sony dengan Microsoft yang menyebabkan kejatuhan Sega.

Generasi Ketujuh


XBOX 360         :   Diproduksi sang Microsoft pada tahun 2018
Wii                      :   Diproduksi oleh Nintendo dalam tahun 2018
Play Station 3    :   Diproduksi oleh Sony pada tahun 2018

Generasi ini berlangsung menurut tahun 2018 - 2018. Era konsol ini dimulai waktu Microsoft meluncurkan Xbox 360 pada tahun 2018. Hal ini diikuti dengan munculnya PS3 oleh Sony dan Wii oleh Nintendo dimana keduanya dirilis pada tahun 2018. Pada masa ini, CD biasa sudah mulai digantikan oleh Blu-Ray yg harganya lebih mahal. Mengenai resolusi dalam televisi, PS3 menggunakan Full HD, X360 memakai HD, dan Wii menggunakan 480p. Controller yang digunakan pada era ini telah berupa wireless Bluetooth. Tetapi, untuk Nintendo Wii,controller-nya (Wiimote) memakai sinar infra merah. Pada 2018, Sony mengeluarkan PlayStation Move buat PS3 dan Microsoft menciptakan Kinect buat Xbox 360. Keduanya mempunyai fungsi yang seperti menggunakan Wiimote, tetapi Kinect lebih unggul lantaran pengguna menjadi controller-nya. Pada generasi ini, sudah mulai dikenal sistem permainan online.

Generasi Kedelapan


XBOX One        :  Diproduksi sang Microsoft, rilis pada tahun 2018/2014

Wii U                  :  Diproduksi sang Nintendo, rilis pada tahun 2018/2013
PlayStation 4     :  Diproduksi oleh Sony, rilis pada tahun 2018/2014

Generasi ini dimulai dalam tahun 2018 yang juga dianggap sebagai Next-Gen. Era ini adalah masa dimana PS3 mulai dibentuk penerusnya dengan PS4, Xbox 360 menggunakan penerus Xbox One, serta Wii menggunakan penerus Wii U menggunakan tambahan gamepad. Generasi ini diharapkan akan mengungguli generasi sebelumnya dengan angka penjualan yang tinggi pada 24 jam setelah perilisannya, yaitu 1 juta unit buat PS4 serta Xbox One. Pada generasi ini, prosesor AMD mulai dipakai pada konsol dan nVidia menciptakan kartu grafis buat PC. PlayStation Vita termasuk pada generasi ini.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION