Panduan Harvest Moon A Wonderful Life Terlengkap

Harvest Moon: A Wonderful Life adalah game simulasi pertanian yg dikembangkan oleh Marvelous Interactive Software serta dirilis sang Natsume. HM AWL adalah satu-satunya seri Harvest Moon yang memungkinkan karakter bertambah tua setiap tahunnya dan akhirnya meninggal. Selain itu juga sanggup memiliki anak yang sanggup tumbuh dewasa serta minatnya bhineka bergantung pada perempuan yg kita nikahi.
Di jepang, update terbarunya bernama Oh! A Wonderful Life. Sedangkan versi bahasa inggris pada platform PS2 bernama Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition. Ada beberapa penambahan fitur buat melengkapi kekurangan berdasarkan Harvest Moon: A Wonderful Life sebelumnya.
Lebih jelasnya silahkan baca: Perbedaan Harvest Moon: A Wonderful Life GC dan Harvest Moon: A Wonderful Life SE

Pengenalan

Ayahmu serta Takakura adalah sahabat dekat yg mempunyai mimpi buat mempunyai serta mengembangkan pertanian bersama-sama. Pada akhirnya, mereka mendapati sebuah tempat dikenal menggunakan sebutan Forget-Me-Not-Valley.
Namun sesudah ayahmu tewas, diputuskan bahwa kamu akan menjadi penerus harapan berdasarkan ayahmu. Takakura menjemputmu menurut kota dan mengajakmu ke Forget-Me-Not-Valley, kehidupan barumu sebagai petani dimulai dari sini.
Di Harvest Moon: A Wonderful Life, kamu sanggup merawat tanaman , hewan, berinteraksi dengan penduduk, menikah, memiliki anak, serta masih poly lagi yang lainnya. A Wonderful Life adalah salah satu seri Harvest Moon terbaik yang pernah aku mainkan, terlepas dari banyak omongan yg menganggap seri Harvest Moon ini lambat.

Cara Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life

Kamu mampu memainkannya pada Platform GameCube, PS2, PS3, atau PS4 (Baca: Dua Seri Harvest Moon Akan Rilis di PS4). Apabila engkau punya uang lebih, aku sarankan engkau membeli game-nya buat mendukung sang Developer.
Tapi, apabila engkau ingin memainkannya secara gratis, engkau sanggup memakai Emulator. Berikut merupakan beberapa Emulator yg bisa engkau pakai:
1. PCSX 2
PCSX2 bisa engkau gunakan buat memainkan HM AWL SE pada PC/laptop. Apabila engkau mengalami masalah lag saat bermain Harvest Moon: A Wonderful Life SE menggunakan emulator PCSX2, silahkan baca: Cara Setting PCSX2 Untuk Bermain Harvest Moon: A Wonderful Life SE.
2. Emulator Dolphin
Emulator Dolphin bisa digunakan ntuk Bermain HM AWL GC di PC, Laptop, bahkan Android. Sayangnya emulator tersebut belum sepenuhnya stabil buat versi androidnya. Jadi aku tidak menyarankan kamu menggunakan emulator tadi (buat saat ini). Apalagi apabila HP yang engkau pakai tidak memiliki spesifikasi tinggi.
3. Play!
Play! Merupakan emulator game PS2 yang sanggup dipakai buat Bermain HM AWL SE pada android. Meskipun begitu, emulator ini masih sangat jauh berdasarkan sempurna, tidak sama menggunakan dua emulator diatas.
Untuk mendapatkan seluruh Emulator diatas, kamu tinggal download di website resmi mereka. Sedangkan buat file game dari masing-masing emulator, bisa engkau dapatkan di Emuparadise.com atau Coolrom.com.
Jika kalian ingin saya membahas step by step tutorial, mungkin akan aku jelaskan pada postingan yg tidak selaras.

Menikah pada HM AWL

Menikah merupakan misi utamamu pada tahun pertama. Kamu bisa menikah jika keliru satu dari 4 calon perempuan sudah memiliki 4 hati berwarna merah. Tapi, kamu tidak akan menikah hingga akhir tahun pertama meskipun engkau sudah melamarnya.
Jika pada tahun itu (Chapter 1: Marriage) engkau tidak melamar-lamar, keliru satu wanita yang paling menyukai akan datang menemuimu dalam tanggal 10 animo Winter.
Dia akan mengungkapkan perasaannya kepadamu serta menanyai perasaanmu kepadanya misalnya apa. Jadi, jawaban darimu ketika ini terjadi sangat memilih kelanjutan permainan. Apabila kamu menerima perasaannya, engkau akan menikah dengannya.
Tapi jika kamu menolak perasaannya terhadapmu, engkau akan meninggalkan desa serta permainan akan berakhir (Game Over). Permainan akan dikembalikan ke main pilihan menu dan kamu nir mampu melakukan apa-apa akan hal itu.
Untuk menciptakan wanita jatuh cinta kepadamu, kamu harus memberi hibah selera dan berbicara dengan mereka setiap hari. Akan terdapat 4 hingga 6 cutscene setiap hati mereka naik dan kamu diharuskan buat memberikan respon yang cantik waktu itu terjadi.
Untuk melamar mereka, tentunya dibutuhkan Blue Feather yang nantinya akan kamu dapatkan saat animo Summer berdasarkan kurcaci. Setelah kamu melamar mereka, pernikahan akan berlangsung saat tanggal 10 trend Winter.

Wanita yang Bisa Dinikahi

Ada 3 wanita yang bisa kamu nikahi di Harvest Moon: A Wonderful Life yaitu CeliaMuffy, dan Nami. Sedangkan buat A Wonderful Life Spesial Edition ketambahan kamu sanggup menikahi Lumina.
Setiap wanita memiliki Diary, dimana kamu bisa melihat jumlah hati mereka telah berapa. Untuk lebih jelasnya, aku jelaskan satu per satu mengenai keempat perempuan diatas:

1. Celia

Dia adalah wanita yg bekerja serta tinggal di pertanian Vesta. Kamu akan banyak menemuinya disana saat ingin membeli pupuk atau bibit buat kebunmu. Celia jua pakar dalam berkebun sama seperti mu.
Saat nir bekerja, dia biasa berjalan-jalan di hutan dekat rumah kurcaci. Biasa, dia pula jalan-jalan pada kurang lebih desa serta Villa.
Ulang tahun: 26 Spring
Letak Diary: Kasur kamarnya di lantai 2
Hadiah selera: Bunga, Sayuran, Susu, Telur, Koin, Moon Ore
Tidak suka : Fosil, Ketika kamu menampakan Blue Feather yg bukan untuknya.

2. Muffy

Dia adalah wanita yang bekerja di Blue Bar bersama Griffin. Hari-harinya poly dihabiskan buat bekerja, jadi buat mencarinya tidak lah sulit, cukup kunjungi saja Blue Bar. Saat tidak bekerja, engkau akan melihatnya berjalan-jalan disekitar desa.
Muffy merupakan perempuan yg umurnya paling tua dan paling gampang dinikahi daripada wanita lainnya. Saat pertama kali berkenalan saja, beliau sudah mulai suka kepadamu.

Ulang tahun: lima Summer
Letak Diary: Karangan bunga yg terletak pada pada bar
Hadiah selera: Bunga, Koin, Kristal, Susu, Masakan kecuali kuliner ikan, Moon Ore
Tidak suka : Ikan, Fosil

3. Nami

Dia adalah seseorang pendatang di Forget-Me-Not-Valley yg tinggal pada penginapan milik Tim dan Ruby. Nami adalah perempuan yang paling sulit ditaklukan hatinya dibanding wanita lainnya. Mungkin lantaran sifatnya yang dingin serta tomboi. Jadi, engkau mungkin membutuhkan kesabaran jika ingin menikahinya.

Ulang tahun: 24 Fall
Letak Diary: Meja kamarnya (lantai 2 penginapan ruangan sebelah kiri tangga).
Hadiah selera: Bunga Trick Blue, Bunga Gemsoil, Fosil, Patung, Koin, Susu, Hasil panen kualitas tinggi
Tidak suka : Bunga selain Trick Blue dan Gemsoil, Ikan, Ore

4. Lumina (SE)

Dia adalah cucu dari Romanna. Dia tinggal bersama neneknya Romanna dan Sebastian di Villa. Dia sangat suka melukis dan bermain Piano. Saat mampir ke Villa, mungkin engkau akan sering melihatnya bermain Piano.
Lumina mampu kamu temui pada Villa lantaran kebanyakan hari-harinya beliau habiskan disana. Tapi, kadang kamu akan melihatnya jalan-jalan disekitar desa.
Di HM AWL GC, Lumina nir bisa dinikahi karena umurnya yg masih sangat belia (14 tahun). Tapi pada HM AWL SE, pemain sanggup menikahinya karena umurnya 18 tahun. Itupun umur yg masih terbilang belia.
Jika menikahi Lumina, kamu mempunyai opsi untuk mempunyai anak wanita.
Ulang tahun: 29 Spring
Letak Diary: Kamarnya di lantai 2 (Villa)
Hadiah selera: Bunga, Stroberi, Kue Stroberi, Golden Wool, Kentang Manis, Moon ore
Tidak suka : Ikan, Artifak, Tomat, Pakan ternak

Karakter lain pada Harvest Moon: A Wonderful Life

Berikut adalah seluruh karakter yang terdapat pada HM AWL bersama bantuan gratis selera serta barang yang sanggup didapatkan bila bergaul menggunakan mereka:
C
Carter
Dia merupakan seorang arkeolog pada situs galian Forget-Me-Not-Valley. Dia tinggal pada tenda dekat menggunakan air terjun beserta asistennya Flora. Dia pula karakter yang mengijinkanmu menambang dan kamu bisa membantunya menemukan tablet serta benda bersejarah lainnya.
Cukup bicara saja dengannya bila engkau ingin menambang. Kamu bisa bertemu dengannya disekitar tambang dan umumnya jalan-jalan bila libur bekerja.
Hadiah selera: Masakan, Susu, Batuan berharga, Telur, Melon, Semangka, Keju, Shasimi.
Tidak suka : Masakan gagal
Chris
Dia merupakan istri dari Wally dan bunda dari Hugh. Dia bekerja menjadi reporter berita di kota, berangkat setiap pagi serta pergi ketika sore hari. Setiap hari libur, beliau umumnya menghabiskan saat dirumah atau berjalan-jalan didesa.
Hadiah selera: Bunga, Apel, Jus buah,
Tidak suka : Kue sayur
Cody
Dia adalah seseorang Artis yang tinggal didalam sebuah kecil bus dibelakang laboratorum Daryl. Apabila kamu berteman dengannya, dia akan memberimu sebuah Lukisan (Painting). Sedangkan di HM AWL SE dia akan memberimu Strange Sickle.
Hadiah selera: Bunga, Kristal, Tulang, Telur
Tidak suka : Curry
D
Daachan
Dia merupakan boneka beruang yg mampu dibeli di Van seharga 1200 G di Chapter 3. Tidak diketahui secara niscaya peranan berdasarkan Daachan ini dalam permainan. Tapi, kamu akan mendapati cutscene dimana boneka ini bergerak ketika tengah malam.
Daryl
Dia adalah seseorang ilmuan yg tinggal dibelakang Bar. Jika engkau mendekati rumahnya akan terdengar bunyi listrik yg berisik. Meskipun penampilanya terlihat aneh serta essentrik, akan tetapi dia adalah orang yang pintar. Dia akan memberimu Seeds Maker bila engkau bergaul dengannya.
Hadiah selera: Tulang, Koin, Sup, Telur, Telur Emas, Ikan
Tidak suka : Bunga, Susu
F
Flora
Dia merupakan asisten Carter. Dialah yg senantiasa membantu Carter untuk mencari benda-benda bersejarah di desa. Dia juga tinggal di tenda dekat air terjun bersama dengan Carter. Menurut Carter, Flora tidak pandai mengolah, meskipun begitu beliau permanen menyukainya.
Hadiah selera: Masakan, Susu, Keju, Mentega, Ikan
Tidak suka : Bunga, Kebanyakan barang tambang, Hasil panen kualitas rendah.
G

Galen
Dia merupakan orang tua yang pula seorang nelayan sekaligus suami menurut Nina. Apabila engkau bergaul dengannya, beliau akan memberimu sebuah pancingan buat memancing.
Saat Chapter 1, Galen dan Nina tinggal pada tempat tinggal depan Blue Bar. Setelah Nina mati (Setelah Chapter 1) dia pindah ke sebuah gubuk pada depan pertanian Vesta. Selain itu beliau juga tak jarang melamun dan jadi penyendiri. Jadi, aku sarankan engkau berteman dengannya mulai Chapter 1.
Hadiah selera: Ikan, Masakan ikan, Apel, Sayuran kualitas S
Tidak suka : Sayuran selain kualitas S
Grant
Dia adalah seorang pengusaha yang datang ke Forget-Me-Not-Valley pada  Chapter 2 bersama menggunakan Samantha serta Kate yg merupakan istri serta anak perempuannya. Mereka tinggal di tempat tinggal di depan Blue Bar yang sebelumnya kosong pada Chapter 1. Apabila bergaul dengannya, dia akan memberimu sebuah Jam Alarm.
Hadiah selera: Susu, Susu kambing, Telur, Telur emas, Shasimi
Tidak suka : Bunga, Masakan gagal
Griffin
Dia adalah seseorang bartender sekaligus pemilik Blue Bar. Untuk mengurus Bar nya, dia selalu dibantu sang Muffy. Meskipun Muffy bukan keluarganya, beliau selalu menganggapnya menjadi adiknya sendiri.
Hadiah selera: Ikan, Masakan ikan, Telur, Telur emas, Bunga Mist Moon, Bunga Trick blue, Shasimi, Bean Bowl, Koin
Tidak suka : Keju, Susu, Mentega, Curry, Hot Curry, Susu, Keju
Gustafa
Dia merupakan seseorang musisi yang pandai memainkan indera musik terutama Gitar serta seruling. Dia tinggal disebuah pondok di dekat pantai. Ketika berteman dengannya, kamu supaya diberi Strange Sickle serta Gendang olehnya.
Hadiah selera: Bunga, Susu, Patung, Koin, Curry, Kristal
Tidak suka : Ikan
H
Hardy
Dia merupakan Dokter yg datang jauh dari Kota hanya buat memeriksa kesehatan Romanna dan beberapa orang di Forget-Me-Not-Valley. Dia sangat profesional dan sangat teliti pada menjalakan pekerjaannya.
Saat Chapter 1, dia akan nir menetap di desa, akan tetapi pada Chapter dua, dia pindah serta tinggal di rumah depan Blue Bar. Tepatnya dirumah yg dulunya pada tempati Galen dan Nina. Dia akan memberimu Weird Sickle jika bergaul baik dengannya.
Hadiah selera: Bunga, Ikan, Tulang
Tidak suka : Mentega, Curry, Masakan gagal
Harvest Sprites (Nak, Nic, serta Flak)
Mereka merupakan para kurcaci yang tinggal di pada pohon akbar pada hutan. Nic kurcaci rona biru, Nak warna merah, serta Flak rona kuning. Apabila kamu ingin masuk ke tempat tinggal mereka, kamu harus memakan Jamur merah yang tumbuh pada depan tempat tinggal mereka terlebih dahulu.
Hugh
Dia adalah anak menurut Wally serta Chris. Dia selalu bersemangat seperti ayahnya. Akan namun waktu dia masih mini , kamu juga akan acapkali melihatnya menangis.
Hadiah selera: Susu, Telur, Koin
Tidak suka : Gulma, Bunga, Masakan gagal
K
Kassey
Dia merupakan saudara kembar Kassey. Seorang yg pintar dalam membuat kembang api. Dia dan saudaranya tinggal disebuah rumah berbentuk Tower air yg terletak didekat rumah Cody.
Jika kamu berkunjung kerumahnya, kamu bisa bermain kecil games dengannya atau dengan saudaranya. Apabila kamu mengalahkan mereka 10 kali dalam mini games tersebut, mereka akan memberimu sebuah "64 Memories Record" (HM AWL SE).
Hadiah selera: Kristal, Bunga, Masakan, Salad, Koin
Tidak suka : Gulma, Masakan gagal, Pickled Turnip
Kate
Dia adalah anak wanita dari Grant serta Samantha yg pula tiba waktu Chapter dua. Jika kamu berteman dengannya, beliau akan memberimu "Winter HM Record" (Hanya pada HM AWL SE).
Hadiah Kesukaan: Bunga, Curry, Moon Ore, Ikan, Koin
Tidak suka : Wortel, Kue, Telur
M
Mark (Kamu)
Mark adalah karakter utama yg kamu mainkan. Setelah ayahnya mati, Mark datang ke Forget-Me-Not-Valley beserta Takakura buat memulai hayati baru serta meneruskan mimpi ayahnya.
Marlin
Dia adalah saudara termuda laki-laki Vesta. Saat awal bertemu denganmu, dia tidak begitu senang denganmu. Apalagi saat engkau mendekati Celia. Hal ini dikarenakan dia mempunyai perasaan senang kepadanya.
Hadiah selera: Susu, Telur, Bodygizer, Bodyhyper, Turbojolt, Masakan, Minuman
Tidak suka : Bunga, Patung
Mukumuku
Dia adalah fauna berwarna putih yang hanya ada di hutan (dekat tempat tinggal kurcaci) ketika isu terkini Winter. Pemain Harvest Moon luar negeri biasa memanggilnya Yeti lantaran mempunyai kesamaan.
Sedangkan para kurcaci menyebutnya penjaga hutan (Guardian of the forest). Apabila engkau bergaul baik dengannya, beliau akan memberimu "Joy Fall Record" (Hanya pada HM AWL SE).

Hadiah selera: Ikan, Bunga, Telur, Pakan ternak
Tidak suka : -
Murrey
Dia adalah gelandangan yang nir memiliki tempat tinggal. Sebenarnya beliau bukanlah penduduk lokal, hanya saja lantaran tersesat dia hingga ke Forget-Me-Not-Valley dan nir punya uang buat balik pulang.
Ada sebuah rumor mengungkapkan bahwa apabila engkau memberinya uang sampai jumlah tertentu beliau akan meninggalkan Forget-Me-Not-Valley buat kembali ke kampung halamannya. Tapi sekali lagi, ini hanya sebuah rumor yg belum terbukti kebenarannya.
Jika nir hati-hati, Murrey mampu saja mencuri makanan mu dirumah! Tapi apabila engkau bergaul baik dengannya, beliau akan berhenti melakukannya. Sebagai cara lain , kamu bisa mencegahnya jika anjingmu sudah memiliki pertemanan yang tinggi terhadapmu.
Hadiah selera: Koin, Semua kuliner (kecuali ikan, Uang, Tulang, Pakan ternak, Wool
Tidak suka : Ikan, Masakan ikan, Masakan gagal, Bunga
N
Nina
Dia adalah istri menurut Galen. Dia pula orang tua yg ramah dan sangat gampang diajak berteman. Tapi, bergaul dengannya tidak akan memberi pemain apa-apa. Saat Chapter 2, beliau mangkat dan dimakamkan di depan rumah baru Galen yg terletak di depan pertanian Vesta.
Hadiah selera: Bunga, Susu, Telur
Tidak suka : Masakan gagal, Gulma
P
Patrick
Dia adalah saudara kembar berdasarkan Kassey. Dia juga bekerja menjadi produsen kembang barah sama seperti Kassey. Akan tetapi, dia sering mengungkapkan bahwa Kassey lebih baik darinya. Untuk membedakan Kassey serta Patrik cukup gampang, Kassey memakai baju biru sedangkan Patrick memakai baju hijau.
Hadiah selera: Keju, Susu, Telur, Sup kentang cantik, Koin silver, Bunga
Tidak suka : Gulma, Semangka, Masakan gagal
R
Rock
Dia adalah anak laki-laki menurut Tim serta Ruby. Kamarnya terletak pada lantai dua (kamar sebelah kanan) penginapan. Kamu akan acapkali melihatnya berjalan-jalan disekitar tempat tinggal tetangganya atau di Villa.
Hadiah Kesukaan: Bunga Mist Moon, Bunga Toy, Human shape artifacts, Jerami, Koin
Tidak suka : Selain bunga diatas
Romanna
Dia adalah nenek menurut Lummina yang pula tinggal pada Villa. Meskipun telah tua, dia mempunyai umur yang panjang dibanding dengan karakter lain pada HM AWL. Jika kamu berteman dengannya, dia akan memberimu seekor Kucing dan Weird Watering Can.
Hadiah selera: Susu, Telur, Koin, Bunga, Artifak, Jeruk, Kristal, Kaset
Tidak suka : Masakan gagal, Keju, Ikan, Gulma
Ruby
Dia merupakan istri berdasarkan Tim dan ibu berdasarkan Rock. Dia sangat pandai mengolah dan banyak menghabiskan waktu di dapur penginapan. Jika kamu berteman baik dengannya, dia akan memberimu "Ruby's Spice". Sebuah bahan yang digunakan buat menciptakan Hot Curry, atau Mushroom Curry.
Hadiah Kesukaan: Bunga, Ikan, Masakan rumah, Curry, Kristal, Hasil panen
Tidak suka : Anjing, Gulma, Masakan gagal
S
Samantha
Dia merupakan istri dari Grant serta Ibu menurut Kate. Mereka sama-sama pindah ke Forget-Me-Not-Valley dalam Chapter 2. Samantha tidak akan memberimu apa-apa meskipun kamu berteman dengannya.

Hadiah selera: Bunga, Susu, Sashimi
Tidak suka : Gulma, Masakan gagal
Sebastian
Dia merupakan pelayan setia Romanna dan Lumina. Dia juga adalah orang tua yang baik hati pada siapa saja. Jika kamu bergaul dengannya, beliau akan memberimu 'Town Spirit Record" di HM AWL SE.
Hadiah selera: Mentega, Susu, Telur, Keju, Ikan
Tidak suka : Masakan gagal, Gulma
T
Takakura
Takakura adalah teman ayahnya Mark.
Dia pula karakter yg akan selalu membantumu buat menjual dan membeli sesuatu di kota. Takakura adalah orang yg bekerja keras, engkau mungkin akan sulit menemuinya karena dia selalu bekerja.
Bertemanlah baik dengannya, suatu ketika beliau akan memberimu Kuda dan memperkenalkan tumbuhan yg sanggup berbicara bernama Tartan yang tinggal dirumahnya.
Hadiah selera: Masakan, Hasil panen kualitas tinggi, susu
Tidak suka : Bunga, Gulma
Tartan
Dia adalah tanaman yg dapat berbicara yg dipelihara oleh Takakura. Apabila engkau bergaul baik dengan Takakura, beliau akan mengenalkanmu padanya. Kamu sanggup menghibrid flora apabila sudah berteman baik dengan Tartan.
Untuk penerangan detail silahkan klik kata Tartan yang berwarna hijau diatas.
Hadiah selera: Semua flora, kecuali Wortel (hanya buat dihibrid)
Tidak suka : Wortel (pada bentuk Sayuran )
Tim
Dia merupakan suami dari Ruby dan ayah dari Rock. Dia jua merupakan pemilik dari Penginapan yang terdapat pada Forget-Me-Not-Valley. Jika kamu berteman dengannya, beliau akan memberimu sebuah cangkul (Strange Hoe).
Hadiah selera: Susu, Keju, Mentega, Artifak, Bunga, Jus butir, Telur, Shasimi
Tidak suka : Gulma, Masakan gagal, Curry
V
Van
Dia adalah seseorang pedagang yang datang berdasarkan kota. Dia hanya datang ke Forget-Me-Not-Valley waktu tanggal tiga serta 8 setiap animo. Jadi, manfaatkan tanggal tadi buat menjual serta membeli barang-barang unik miliknya.
Jika engkau bergaul baik dengannya, engkau sanggup menjual barang menggunakan harga yg lebih mahal. Selain itu, kamu pula akan menerima diskon apabila membeli barang di tokonya.
Hadiah selera: Koin, Fosil, Patung, Telur, Curry, Tulang
Tidak suka : Mentega, Masakan gagal
Vesta
Dia merupakan petani lokal yang sukses sekaligus pemilik pertanian diseberang sungai. Bersama dengan Marlin dan Celia, mereka menjual bibit dan pupuk buat kebutuhan bertanimu.
Selain menyayangi adiknya, beliau juga mengasihi Celia. Sampai-hingga Celia memanggilnya Bibi meskipun keduanya nir ada interaksi darah.
Hadiah selera: Bunga, Hasil panen kualitas tinggi, Curry, Sup, Susu, Keju
Tidak suka : Gulma, Masakan gagal
W
Wally
Dia merupakan suami dari Chris dan ayah menurut Hug. Dia sangat bahagia berolahraga. Saat pagi hari, mungkin kamu Akan melihatnya sedang lari di lebih kurang rumahnya. Berteman lah dengannya, dia akan memberimu "Wool Clippers" yang dipakai buat mencukur bulu Domba.
Hadiah selera: Susu, Keju, Telur, Shasimi, Koin
Tidak suka : Gulma, Masakan gagal

Anak

Kamu sanggup memiliki anak di Chapter dua: Give Birth/Happy Birthday (SE), anak menurut setiap gadis yg engkau nikahi mempunyai kepribadian serta ketertarikan yg tidak sinkron. Tapi engkau bisa mengarahkannya dengan cara mengenalkannya sesuatu, bergaul menggunakan penduduk tertentu, atau mengajaknya berkeliling desa.
Baca selengkapnya: Panduan Lengkap Tentang Anak HM AWL

Pekerjaan Paruh Waktu

Ada beberapa pekerjaan sampingan buat menerima uang serta menghabiskan ketika luang. Klik link dibawah ini buat ulasan lebih lengkapnya.

Hewan Peliharaan

Berikut adalah hewan yg bisa dipelihara dalam Harvest Moon: A Wonderful Life
  • Anjing (Didapatkan saat awal permainan dimana engkau bisa memilih satu diantara dua jenis anjing berbeda)
  • Ayam (Beli seharga 900 G atau dari menetaskan telur)
  • Bebek (Didapatkan ketika Chapter dua, bila saat Chapter 1 kamu telah membuat kolam)
  • Domba (Beli seharga 1500 G)
  • Kambing (Beli pada Van seharga 4500 G ketika Chapter 2/3)
  • Kucing (Didapatkan dari Romanna waktu Chapter dua)
  • Kuda (Didapatkan menurut Takakura, beliau akan memberimu kuda saat ekspresi dominan Summer)
  • Sapi (Didapatkan saat awal permainan, jua bisa dibeli menggunakan harga serta jenis yang berbeda-beda)
Panduan lengkap mengenai Hewan peliharaan, akan saya jelaskan pada postingan yang tidak selaras.

Peralatan

Berikut adalah indera-indera yang sanggup dihasilkan serta dipakai buat membantu kegiatan berkebun dan beternak:
1. Brush
Beli di Van seharga 500 G. Digunakan untuk menyikat Kuda, Sapi, Domba, serta Kambing.
2. Cow Milker
Didapatkan ketika awal permainan. Digunakan buat memeras susu sapi.
3. Electronic Clippers
Beli pada Van seharga 1300 G. Digunakan buat mencukur bulu Domba satu isu terkini sekali.
4. Wool Clippers
Diberi oleh Wally bila engkau bergaul dengannya. Digunakan untuk mencukur bulu Domba satu musim sekali.
5. Shears
Pesan pada Takakura seharga 400 G. Digunakan untuk mencukur bulu Domba satu musim sekali.
6. Fishing Road
Beli di Van seharga 500 G. Digunakan untuk memancing ikan.
7. Good Fishing Road
Diberi oleh Galen bila engkau bergaul dengannya. Digunakan untuk memancing ikan dengan hasil yang lebih baik dari pancingan biasa.
8. Goat Milker
Digunakan untuk memeras susu kambing.
9. Heavy Hoe
Didapatkan ketika awal permainan. Digunakan buat mencangkul tanah saat hendak menanam tumbuhan. (Pergerakannya lambat)
10. Hoe
Pesan di Takakura seharga 800 G. Digunakan buat mencangkul tanah saat hendak menanam tanaman . (Pergerakannya lebih cepat)
11. Light Hoe
Pesan di Takakura seharga 1000 G. Digunakan untuk mencangkul tanah ketika hendak menanam tanaman . (Pergerakannya cepat)
12. Strange Hoe
Diberi oleh Tim bila engkau bergaul dengannya. Digunakan untuk mencangkul tanah saat hendak menanam tanaman. (Lambat)
13. Weird Hoe
Diberi oleh Vesta bila engkau bergaul dengannya. Digunakan untuk mencangkul tanah saat hendak menanam tanaman. (Lambat)
14. Small Watering Can
Didapatkan dari awal permainan. Digunakan untuk menyiram flora.
15. Medium Watering Can
Pesan di Takakura seharga 600 G. Digunakan untuk menyiram tanaman .
16. Heavy Watering Can
Pesan pada Takakura seharga 750 G. Digunakan buat menyiram flora.
17. Weird Watering Can
Diberi oleh Romanna bila engkau bergaul dengannya. Digunakan untuk menyiram tanaman.
18. Heavy Sickle
Didapatkan dari awal permainan. Digunakan buat memotong rumput buat membuat Jerami.
19. Sickle
Pesan di Takakura seharga 600 G. Digunakan buat memotong rumput buat membuat Jerami.
20. Light Sickle
Pesan pada Takakura seharga 750 G. Digunakan buat memotong rumput buat menciptakan Jerami.
21. Strange Sickle
Diberi oleh Gustafa bila engkau bergaul dengannya. Digunakan untuk memotong rumput untuk membuat Jerami.
22. Weird Sickle
Diberi oleh Dr. Hardy bila engkau bergaul dengannya. Digunakan untuk memotong rumput untuk membuat Jerami.

Masalah yang Sering Dialami Pemain

Berikut adalah tips-tips bermain HM AWL yang sudah kita tulis sebelumnya:
Itulah Panduan Lengkap Harvest Moon: A Wonderful Life. Terima kasih telah menyempatkan membaca artikel ini, semoga bermanfaat...
Catatan penulis:
  • Beberapa website yang membantu aku melengkapi artikel ini merupakan IGN, Harvest Moon Wikia, HMotaku, Neoseeker, GameFAQS, Ramblingfoxreviews.
  • Panduan yg belum saya jelaskan di artikel ini akan saya bahas pada postingan yang tidak sinkron.
  • Artikel ini akan diupdate jika penulis ingin menambahkan atau memperbarui fakta yg sekiranya salah .

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION