Mengenal Teknik Hacking Phising dan Cara Mencegahnya Terbaru

Dalam menjalankansebuah proses hacking, dalam biasanya seseorang hacker akan mempergunakan beberapa teknik. Salah satunya adalahPhising.

Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, password, dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah jalur komunikasi digital (asal: Google).
Phising sendiri asal dari istilah Fishing, hanya saja diplesetkan huruf F menjadi PH. Hal ini dikarenakan tradisi para hacker di zaman dahulu yang lebih senang mempergunakan PH daripada F.
Disebut demikian karena memang Phising ibarat aktivitas memancing pada internet. Para hacker pada biasanya mempersiapan sebuah situs palsu yg telah disulap sedemikian rupa seperti dengan situs aslinya. Lalu situs tersebut disebar ke poly orang, baik melalui email, media umum, dan lain-lain.
Setelah melakukan hal tersebut, oleh hacker hanya perlu menunggu sampai ada korban yg memakan umpannya. Sebut saja korban yg memasukkan user ID dan password milik mereka ke pada situs palsu. Setelah itu, sang hacker akan mempunyai akses menuju akun si korban.
Nah, bagaimana jika yang disamarkan adalah situs perbankan? Pastinya akan terjadi hal yang sangat merugikan bagi si korban. Pasalnya semua uang yang terdapat dalam akun rekening perbankan si korban bisa saja dikuras habis hingga nir bersisa sama sekali.
Jangan sampai deh hal ini terjadi kepada kita. Oleh karenanya, berikut akan Jaka beri tahu engkau cara mencegahnya.

Cara Mengatasi Teknik Hacking Phising

Untuk menghidari phising, sebetulnya nir sulit. Dengan kemampuan dasar engkau dalam mempergunakan internet saja sudah cukup. Seperti apa caranya? Berikut jaka jabarkan.
  • Perhatikan URL situs yang engkau kunjungi. Contohnya Facebook.com, umumnya oleh hacker akan menyamarkan situs palsunya misalnya Facebo0k.com. Kamu perhatikan alfabet yg Jaka tebalkan, serupa tapi nir sama. Untuk yang orisinil, dia mempergunakan alfabet "o", sedangkan yg palsu mempergunakan nomor "0".
  • Sebisa mungkin situs yang engkau kunjungi pastikan mempergunakan protokol HTTPS. Pada umumnya situs-situs akbar misalnya Facebook, Yahoo, serta Google, pasti mempergunakan HTTPS sebagai protokolnya.
  • Abaikan email atau pesan yang tiba menurut pengirim yang tidak kamu kenal, hapus segera jika perlu.
  • Jangan download perangkat lunak melalui situs yang tidak kentara. Kamu sendiri bisa mempergunakan situs JalanTikus menjadi loka download semua aplikasi-software yg engkau butuhkan.
Kalau engkau merasa telah terlanjur terkena serangan phising, berikut adalah tips Jaka buat mengatasinya.
  • Seandainya engkau masih sanggup mengakses akun engkau , segera lakukan pergantian password. Tidak hanya akun engkau yg ter-hack saja, tapi semua akun lain yang ada di internet.
  • Seandainya engkau sudah tidak mampu mengakses akun kamu, pantau akun tersebut dan perhatikan mobilitas-geriknya. Bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan sebuah pentunjuk.
  • Seandainya akun tadi adalah akun perbankan, segera laporkan ke bank terkait dan ke polisi.
  • Segera beri tahu orang lain bahwa akun engkau kena hack serta segala tindakan yg berkaitan dengan akun tersebut merupakan di luar tanggung jawab kamu.
Nah, itu dia barusan cara Jaka buat mengenal phising serta cara mencegahnya. Semoga bermanfaat buat engkau ya! Kalau engkau ada infomasi lain tentang phising, engkau juga bisa meninggalkannya pada kolom komentar.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION