Cara Menghubungkan Stick Xbox 360 USB ke Android

Selain fungsi utamanya sebagai indera komunikasi, Android adalah perangkat yang lazim dipakai buat main game. Tidak mengherankan memang, lantaran hingga artikel ini diketik, tercatat sudah ada seratus ribu lebih judul game yang mampu dimainkan pada ponsel maupun tablet Android.

Sebagian besar game tadi umumnya kita mainkan pakai layar sentuh sob. Sebagian lainnya, selain bisa dimainkan dengan ketukan dan usapan layar, ternyata mampu pula dimainkan memakai stick atau gamepad (terutama game-game emulator).
Bila Anda mengikuti artikel-artikel pada blog ini, tentu Anda sudah mengetahui bahwa stick game console macam PS2 juga PS3 ternyata sanggup digunakan buat memainkan game Android. Nah, agar semakin lengkap, kali ini kita akan membahas cara main game Android menggunakan stick Xbox 360 USB.
Apa itu Xbox 360? Buat yg belum memahami, Xbox 360 merupakan game console bikinan Microsoft buat menyaingi kepopuleran PlayStation. Secara umum Xbox 360 dilengkapi dengan 2 macam gamepad yaitu wireless dan wired (USB, yang akan dibahas dalam artikel ini).

Walau pada dasarnya stick Xbox 360 USB dibentuk khusus buat Xbox 360 dan PC berbasis Windows, masih ada sejumlah perangkat Android yang bisa mengenali stick tersebut (misalnya ponsel dan tablet flagship berdasarkan Samsung, Asus, dan Sony yang support USB OTG). Lalu bagaimana menggunakan ponsel lainnya (bukan flagship)? Ada yg mampu ada yg nir sob (saya tidak punya data lengkapnya).

Cara Main Game Android Pakai Gamepad Xbox 360


Sebelum melangkah lebih jauh, silakan siapkan alat serta bahan ini dia:
  1. Ponsel atau tablet Android yang telah support USB OTG dan sudah ROOT.
  2. Stick Xbox 360 wired (USB).
  3. Adapter USB OTG.

Saat saya coba pada tablet Samsung Galaxy Tab tiga 10.1, lampu LED di stick Xbox terlihat berkedip-kedip, tetapi sayangnya tablet tadi nir merespon saat tombol-tombol stick ditekan. Apakah nir support? Belum tentu.
Browsing sana-sini akhirnya saya menemukan aplikasi bernama USB/BT Joystick Center, yg berguna buat mengenali bermacam gamepad eksternal, termasuk stick Xbox. Sayangnya lagi, aplikasi tadi sekarang sudah lenyap dari Play Store (tapi APK-nya masih bisa ditemukan menggunakan mudah pada jagat maya).
UPDATE 10/10/2018: Aplikasi USB/BT Joystick Center sekarang sudah sanggup diunduh dari Play Store sob, menggunakan harga sekitar 48 ribu rupiah 😅

Singkatnya, menggunakan aplikasi USB/BT Joystick Center (dan Joy2Touch Server jika diharapkan), saya mampu memainkan game-game Android (termasuk game berdasarkan platform lain melalui emulator) menggunakan menggunakan stick Xbox 360 USB; misalnya yg tampak dalam video ini.

Pada video tadi saya mencoba memainkan game Table Top Racing, Neon Shadow, serta Dragon Ball Z Shin Budokai (PSP). Ketiganya sanggup eksklusif dimainkan tanpa perlu mapping tombol stick Xbox 360 terlebih dahulu. Bagaimana menggunakan game lain? Intinya seluruh game Android yang support gamepad (dan juga game emulator) mampu dimainkan pakai stick Xbox 360 USB (dengan setting NAT).
Lalu gimana dengan game Android yg belum support gamepad? Bisa juga sob, pantau terus blog Craft JT buat update selanjutnya 😉

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION