Cara Main PUBG Mobile dengan Mouse dan Keyboard via Aplikasi Octopus

Meski sekarang posisinya turun lantaran disalip oleh Mobile Legends, game PUBG Mobile ternyata tetap sebagai primadona sob. Perangkat Android yg sanggup memainkannya pun semakin bertambah berkat rilisnya update PUBG versi 0.3.3 beberapa saat yg lalu.

Buat yg belum memahami, PUBG Mobile adalah output adaptasi game PUBG buat Windows dan Xbox. Oleh karenanya, tidak mengherankan bila gameplay-nya pula seperti banget. Masalahnya, pengendalian yang ditawarkan PUBG Mobile tidaklah seakurat versi aslinya.
Benar sekali sob, kendali layar sentuh game hape memang belum sebanding menggunakan penerapan gamepad, mouse, dan keyboard dalam game kelas konsol juga PC. Walau begitu, kita pula mampu memainkan game hape menggunakan menggunakan gamepad atau mouse + keyboard.
Bagaimana caranya? Untuk gamepad, Anda mampu menyimak artikel mengenai cara main PUBG Mobile memakai stick bluetooth yang telah terbit lebih kurang dua minggu yang lalu. Khusus buat mouse serta keyboard, silakan lanjut ke paragraf selanjutnya sob.
Menurut keterangan burung yg senang terbang tenggelam, PUBG Mobile nantinya akan mendukung penggunaan stick atau gamepad secara native (bawaan, tanpa aplikasi pihak ketiga). Dukungan mouse serta keyboard pun disinyalir juga demikian, namun sampai waktu ini belum ada kepastian kapan hal tersebut akan terwujud.
Nah, sambil menunggu, Craft JT telah menyiapkan sebuah video tutorial main PUBG Mobile gunakan mouse serta keyboard, via pelaksanaan Octopus. Silakan disimak atau lanjut baca ulasannya di bawah.
UPDATE 12/10/2018: Menggunakan aplikasi pihak ke-tiga buat bermain PUBG Mobile pada Android sekarang beresiko terkena ban (embargo bermain - pemblokiran akun) sob (bisa satu hari hingga 10 tahun). Iya, tidak hanya Octopus, pelaksanaan lain macam GFX Tool, Game Guardian, bahkan Dual space (clone app) sekarang sudah nir diperbolehkan lagi digunakan bersama PUBG Mobile.
Oleh karenanya, apabila Anda masih bertanya-tanya serta ingin mencoba bermain PUBG Mobile menggunakan mouse serta keyboard lewat Octopus, sebaiknya gunakan akun cadangan atau menggunakan istilah lain; jangan gunakan akun primer Anda; sampai ada solusi lebih lanjut dari dev Octopus 😉

Video Tutorial Main PUBG Mobile pakai Mouse dan Keyboard via Octopus



Pada video di atas saya memakai Logitech Wireless Combo MK220, sebuah paket mouse serta keyboard nirkabel yang sanggup terhubung ke perangkat lain melalui satu receiver USB (sudah disertakan dalam paket pembelian, nir dijual terpisah). Selain lebih mudah, kita nir perlu lagi memakai USB hub buat menghubungkan mouse keyboard combo menurut Logitech tersebut ke Android. Cukup pakai adapter atau kabel OTG untuk menghubungkan receiver USB Logitech MK220 ke slot micro USB Android.
Setelah mouse serta keyboard berhasil terhubung ke Android, kita perlu mengaktifkan Advanced mode di aplikasi Occtopus. Apa itu Advanced mode?

Cara Mengaktifkan Advanced Mode pada Aplikasi Octopus


Melalui Advanced mode, kita mampu memainkan PUBG Mobile menggunakan mouse layaknya pada PC. Pada mode biasa, kita harus menekan dan menunda klik kanan mouse buat mengarahkan titik pandangan (POV = Point of view), sedangkan pada Advanced mode, kita bisa langsung menggeser mouse tanpa perlu repot tekan tahan klik kanan. Jadi kita bisa menggunakan klik kanan buat membidik atau mengaktifkan scope. Kursor mouse pula akan otomatis hilang saat Advanced mode aktif, sehingga tidak mengganggu pandangan kita (khusus Android 7.0 Nougat ke atas). Lalu bagaimana cara mengaktifkan Advanced mode?
DISCLAIMER: Saya tidak mampu memastikan berhasil tidaknya Anda menerapkan tutorial ini. Di sini saya hanya mencoba menaruh keterangan tentang cara mengaktifkan Advanced Mode Octopus berdasarkan percobaan saya pada Redmi Note tiga Pro dengan ROM Resurrection Remix Nougat (kernel ElementalX) - rooted.
Saya pula nir sanggup mengklaim cara ini berhasil buat tipe atau versi Android eksklusif karena tentu saja aku nir mampu mencoba tutorial ini pada seluruh ponsel Android yg tersebar pada pasaran. Silakan langsung dicoba sendiri saja sob (jadi berpikirlah sebelum bertanya: Kalau hape ini mampu ga?).

Root
Khusus Android yang telah memiliki akses root, Advanced mode sanggup langsung diaktifkan menurut pelaksanaan Octopus. Cukup tuju tab "Me" serta masuk ke opsi "Advanced mode".

Ketuk "Activate" lalu izinkan Octopus mengakses root Android (Grant). Beres sudah sob.

Tanpa Root
Sebelum mulai, pastikan PC atau laptop Windows Anda telah dipasangi USB driver atau ADB driver yang sinkron menggunakan model ponsel Android Anda. Bagaimana cara pasangnya?
PENTING BANGET: Umumnya, USB driver Android akan otomatis terpasang saat pertama kali Anda menghubungkan ponsel ke PC. Meski demikian, pada masalah tertentu kita wajib memasang USB driver secara manual (caranya sama misalnya cara pasang aplikasi Windows lainnya).
Untuk pengguna Xiaomi, silakan unduh USB driver pada sini. Untuk brand lain sanggup dicari di Google dengan kata kunci "download ....... Usb driver" (isi titik-titik menggunakan model ponsel Android Anda).
Sebagai cara lain , kita juga mampu memakai Universal ADB Drivers buat Windows. Seperti namanya, Universal ADB Drivers cocok buat (hampir) semua brand Android.

Selanjutnya silakan unduh Octopus activator buat Windows, ekstrak arsip OctActiveTool.zip, jalankan OctActiveTool.exe, lalu ikuti petunjuk di bawah ini.
  1. Pastikan PC dan hape telah terhubung ke jaringan internet yg stabil. Klik "Start" buat memulai.

  2. Pilih merk Android Anda, pada sini saya menentukan pilihan terakhir (contoh lainnya), karena ponsel yg aku pakai pakai custom rom.

  3. Selanjutnya aktifkan Developer Options pada Android Anda melalui Settings - About phone - ketuk Build number (atau Software information) lima - 10 kali sampai ada notifikasi "You are now developer!". Klik "Next" pada PC.

  4. Buka Settings - Developer Options di Android dan aktifkan "USB Debugging". Khusus hape Xiaomi, aktifkan pula opsi "USB Debugging (Setelan Keamanan)" atau "USB Debugging (Security settings)", thanks Bagus R Prasetyo untuk infonya. Selanjutnya klik "Next" pada PC.

  5. Hubungkan Android Anda ke PC dengan kabel data. Ketuk "OK" pada pop-up "Allow USB debugging?" yang muncul pada Android. Jika pop-up tadi tidak ada, tanggal kabel data berdasarkan Android serta hubungkan balik . Klik "Next" di PC.

  6. Klik "Activate".

  7. Bila berhasil, akan ada pesan Succesfully Activated.

  8. Cek tab "Me" pada aplikasi Octopus dan pastikan Advanced mode sudah "Activated".
  9. PERHATIAN: Tiap kali restart ponsel, Advanced mode pada pelaksanaan Octopus akan balik nir aktif, oleh karenanya, ulangi langkah-langkah di atas buat mengaktifkannya balik .

Setelah Advanced mode berhasil diaktifkan, langsung jalankan saja game PUBG Mobile menurut pelaksanaan Octopus. Di sana kita nir perlu mapping lagi sob, kecuali apabila diperlukan (ingin modif mapping sendiri contohnya). Fungsi tombolnya pun sudah tersedia di layar, tinggal disesuaikan saja menggunakan tombol-tombol yang ada di keyboard serta mouse.

Mengganti Fungsi Tombol Mouse dan Keyboard pada PUBG Mobile Android


Seperti pada video, terdapat beberapa mapping tombol PUBG Mobile yg aku ubah sob. Misalnya saja buat mengaktifkan shooting mode aku memakai klik tengah mouse atau mouse3 (default: klik kanan atau mouse2), dan tombol bidik (scope) saya ubah dari shift menjadi klik kanan. Untuk tombol lainnya aku rasa nir terdapat yg perlu diubah.
TIPS: Untuk mengganti pintasan shooting mode menurut klik kanan ke klik tengah, silakan ketuk ikon Octopus pada layar - Settings - Shoot mode shortcut - ketuk mouse2 - lalu tekan klik tengah di mouse Anda (mouse3). Pada beberapa ponsel, klik tengah akan memicu pintasan ke home, oleh karena itu silakan gunakan tombol lain saja (tombol pada keyboard misalnya).

Untuk kendali kendaraan saya tidak melakukan ubahan dalam mapping Octopus, namun agar tombol WASD permanen berfungsi saat naik kendaraan, saya memilih opsi ke-2 (Joystick tunggal/Single joystick) dalam Pengaturan - Kendaraan (Settings - Vehicle).

____________

Bagaimana kesan memakai mouse serta keyboard buat main PUBG Mobile di Android? Yang jelas jadi lebih mudah sob, terutama waktu membidik target, terasa lebih seksama serta cepat layaknya main game FPS atau TPS pada PC. Pergerakan karakter juga lebih luwes, bisa menembak sambil berlari, atau mengakali bidikan musuh menggunakan melompat atau tiarap dengan cepat.
Kekurangannya, shooting mode terkadang perlu diaktifkan ulang saat berganti adegan (dari pulau ke pesawat contohnya) atau waktu naik/turun kendaraan. Menurut developer aplikasi Octopus, perkara itu telah masuk dalam bug list yg akan diperbaiki dalam versi-versi mendatang, jadi damai aja sob.
Di samping itu, lantaran berukuran layar yang terlalu kecil*, main PUBG Mobile menggunakan mouse plus keyboard bisa dikatakan kurang efektif sob, lebih susah melihat posisi versus jika daripada main langsung pada layar sentuh (*coba bandingkan jarak ideal layar ke mata kita: antara main gunakan keyboard + mouse serta main langsung gunakan layar sentuh, kebayang kan bedanya?). Bakalan beda ceritanya jika kita gunakan tablet 10 inci atau lebih (apalagi kalau gunakan TV) 😀 Selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION