Cara Mengaktifkan Dark Mode YouTube Android Sekarang Juga

Bagi yang suka nonton video di YouTube malam-malam menjelang tidur, menurunkan taraf kecerahan layar ponsel hingga mentok kiri mungkin telah wajar dilakukan. Iya, selain buat menjaga kesehatan mata, tidaklah nyaman memandang silaunya layar waktu berada pada ruangan yg gelap.

Agar lebih simpel, belum usang ini YouTube secara resmi mengumumkan hadirnya tema gelap (dark theme) pada pelaksanaan iOS serta Androidnya. Per hari ini (atau kemarin?), pengguna aplikasi YouTube buat iOS sudah bisa menikmati tema atau modus gelap tersebut. Lalu Android? Tidak lama lagi sob.
Ya mungkin beberapa minggu hingga sebulan ke depan, fitur dark mode pada pelaksanaan YouTube Android akan dirilis secara sedikit demi sedikit. Untuk mengecek ketersediaan fitur tadi, silakan update aplikasi YouTube Android Anda secara terencana melalui Play Store, lalu jalankan dan ketuk foto profil Anda (kanan atas layar) - Setelan (Settings) - Umum (General) - Tema gelap (Dark theme).

Bila tidak terdapat pilihan Dark theme atau Tema gelap di aplikasi YouTube Anda, harap bersabar, ini ujian hanya sementara, nanti pula bakalan ada sob, tunggu saja update selanjutnya 😀. Kalau sudah tak sabar, silakan lanjut baca paragraf selanjutnya atau baca update modern di akhir artikel.

Cara Mengaktifkan Tema Gelap YouTube Android


Cara mengaktifkan dark mode YouTube Android di bawah ini khusus buat ponsel yang sudah memiliki akses ROOT. Kenapa begitu? Karena belum resmi dirilis, kita wajib memodifikasi preferensi pelaksanaan YouTube secara manual buat mengaktifkan tema gelap. Caranya sangat gampang sob.
  1. Pertama pasang dulu aplikasi Preferences Manager. Bisa diunduh perdeo berdasarkan Play Store.
  2. Jalankan kemudian izinkan Preferences Manager mengakses root, serta cari "youtube".
  3. Di tab youtube.xml, lakukan pencarian menggunakan kata kunci "dark".

  4. Ubah kedua value tadi dari false sebagai true.
  5. Bila value pada langkah 3 tidak ditemukan, tambahkan secara manual dengan menekan tanda plus - pilih Boolean - ketik app_dark_theme - pilih Add.

  6. Ulangi langkah sebelumnya menggunakan mengetik app_theme_dark_developer.
  7. Tutup aplikasi Preferences Manager serta buka aplikasi YouTube.
  8. Nah, gelap kan? Tidak hitam sob, tetapi gelap, karena Hitam tidak selalu Gelap 😎

  9. Bila Anda berubah pikiran, ulangi langkah tiga serta ubah true sebagai false untuk mengembalikan kembali background YouTube sebagai putih (seperti sedia kala).

Tidak bisa dipungkiri, hadirnya tema gelap di aplikasi YouTube Android bisa sebagai solusi jitu bagi kita yang suka nonton video YouTube malam-malam, di kamar gelap, sambil baca komentar (scroll.. Scroll.. serta seterusnya 😃). Warna latar gelap memang relatif lebih enak ditinjau di kala gelap. Selain itu, gelap juga bisa melindungi diri kita dari kelelahan, jadi berdoalah sebelum kita tidur, ingat cuci kaki dan tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita 😁
UPDATE 05/07/2018: Sampai update ini diketik, YouTube belum jua merilis fitur mode malam pada pelaksanaan Androidnya, kabarnya waktu ini masih terus dikembangkan sob, jadi kita tunggu saja. Oiya, update artikel ini jua sekaligus memperbarui beberapa kode mode gelap pelaksanaan YouTube sesuai dengan keadaan terbarunya.
UPDATE 07/09/2018: Hari ini iseng-iseng saya memperbarui pelaksanaan YouTube Android lewat Play Store dan ternyata masih belum ada pilihan Dark theme pada setelannya. Iseng lagi aku hapus data aplikasi YouTube lewat info aplikasi, akan tetapi tetap saja tema gelapnya belum aktif.
Saya tunggu beberapa saat sambil browsing-browsing lewat Chrome, main Clash Royale sementara waktu, lalu kembali ke YouTube lagi. Masuk lagi ke Setelan YouTube serta pada sana telah terpampang konkret pilihan buat mengaktifkan Dark theme atau Tema gelap.
Nah, dari output iseng tersebut bisa disimpulkan bahwa fitur Dark mode/theme atau Tema gelap YouTube telah mulai dirilis secara global sob. Silakan coba cara pada paragraf-paragraf pada atas buat mengaktifkannya.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION