Download Quran in Word 3.0 2018 Cara Penggunaannya

Sebelum internet menjadi hal yg umum misalnya kini , saya mengandalkan majalah buat memperoleh keterangan seputar Windows serta segala pernak-perniknya. Selain berupa cetakan, majalah tersebut pula menyertakan CD/DVD yg berisi bermacam perangkat lunak gratis serta berfaedah.

Dari situlah aku mengenal Quran in Word, sebuah software atau add-in buat Ms Office Word yang bermanfaat buat mengetik ayat-ayat Al Quran beserta terjemahannya. Selain praktis, Quran in Word jua sanggup menghemat ketika kita pada mengetik ayat atau bahkan surat dalam Al Quran (terutama buat yang belum terbiasa mengetik huruf Arab pada personal komputer ).

Di awal tahun 2018, aplikasi yg dikembangkan sang Mas Mohamad Taufiq ini mendapatkan pembaruan ke versi tiga.0. Apa saja yg baru? Banyak sekali sob. Bila dibandingkan menggunakan versi dua.dua, Quran in Word 3.0 bisa dibilang meloncat jauh. Sejauh apa? Mari kita bahas lebih lanjut (Dalam ulasan ini saya menggunakan Office Word 2018 serta 2018).
Paling kentara tentu saja tampilan. Berbeda menggunakan versi sebelumnya, Quran in Word 3.0 kini tampil pada tab tersendiri, selaras dengan toolbar Office Word pada umumnya. Tombol manfaatnya pula tertata rapi sesuai antarmuka ribbon spesial Office 2018 ke atas. Cek screenshot berikut (klik buat zoom).

Dari kiri ke kanan kita sanggup menemukan menu Select Surah Ayah, Action, Ayah Style, Word by Word, Translation Style, Islamic Symbol, serta Help.
Selain perubahan tampilan, Quran in Word terkini ini pula dibekali majemuk fitur anyar yg menunjang fungsi utamanya. Sebut saja terjemahan per kata, penambahan akar istilah Al Quran, pencarian akar kata, penambahan bingkai, kurung, dan simbol Islamis.

Terjemahan per kata serta penambahan akar istilah Al Quran


Sebagai cara lain menurut terjemahan per ayat, sekarang kita mampu menampilkan terjemahan ayat Al Quran per kata (waktu ini tersedia dalam bahasa Indonesia serta Inggris), sebagai akibatnya lebih mudah dipahami.
Masih dalam satu menu, masih ada pula fitur penambahan akar kata yg craft jt kita dalam menentukan akar istilah pada bahasa Arab. Lalu bagaimana caranya?
Cara menambahkan terjemahan per istilah serta akar istilah di Quran in Word 2018 terbilang gampang sob:

  1. Pertama kita tentukan surat serta ayat yang dikehendaki pada pilihan menu Select Surah Ayah, contohnya Al Fatihah ayat pertama,
  2. Pada menu Word by Word, klik tombol "Word by Word". Selanjutnya pilih bahasa terjemahan di bagian "Translation". Jangan lupa pula klik "Root of Word".
  3. Tuju pilihan menu Action kemudian klik tombol "Write to Document". Maka ayat yang dimaksud akan tampil di lembaran dokumen Word lengkap dengan terjemahan per ayat serta per kata, dan akar menurut masing-masing kata pada ayat tadi, misalnya screenshot berikut.


Pencarian akar istilah bahasa Arab dalam Al Quran


Layaknya versi dua.2, kita pun mampu mencari kata dalam Al Quran dengan Quran in Word tiga.0. Bedanya, pada versi modern tersebut kita jua mampu melakukan pencarian dari akar katanya.

  1. Caranya cukup klik "Search Quran" pada pilihan menu Select Surah Ayah untuk memunculkan panel pencarian di sisi kanan layar,
  2. Pilih "Root Word",
  3. Masukkan kata yang akan dicari (gunakan keyboard impian di samping tombol "Search" buat mengetik alfabet Arab),
  4. Klik tombol "Search", serta pilih nama surat yang timbul buat melihat hasilnya (ditandai menggunakan rona merah, cek screenshot di atas).

Menambahkan bingkai, kurung, serta simbol dalam ayat atau surat Al Quran


Untuk memperindah tampilan ayat atau surat Al Quran yang diketik di Office Word, kita sanggup menambahkan bingkai, kurung, dan simbol-simbol Islamis melalui fitur baru di Quran in Word 2018.

Silakan tengok menu Ayah Style untuk mengaktifkan bingkai (Border) serta kurung (Bracket) sebelum klik "Write to Document". Khusus simbol Islamis bisa dipilih langsung melalui menu Islamic Symbols.

Masih pada pilihan menu yang sama dengan simbol Islamis, kita sanggup memilih beberapa variasi bingkai melalui tombol "Border" (jika kurang mampu ditambah sendiri menggunakan menempatkan gambar bingkai pada C: Program Files QuranInMsWord data border - contoh formatnya mampu diubahsuaikan dengan arsip border yang telah terdapat).

Sebagai contoh, aku mencoba menambahkan bingkai, kurung, serta beberapa simbol pada surat Al Fatihah misalnya yang tampak dalam screenshot di atas. Bagaimana sob, jadi lebih latif bukan?
Lalu bagaimana dengan fungsi-fungsi dasar dari Quran in Word versi 3.0? Bisa dibilang tidak jauh beda dengan versi sebelumnya (Quran in Word dua.dua), hanya saja letak menu serta tombolnya jelas tidak sama.

Meski demikian, karena antarmukanya sudah mengadopsi tampilan ribbon yang mirip dengan tampilan menu-menu standar Office, saya rasa sobat tidak akan kesulitan menggunakan Quran in Word versi terbaru ini. Selamat mencoba serta semoga bermanfaat 😊
Sebelum mengunduh Quran in Word, cek versi bit Office Word Anda melalui File - Account - About Word. Bila tertera 64-bit, silakan unduh Quran in Word 64-bit, bila tertera 32-bit, maka Anda memahami mana yg harus diunduh.
Download Quran in Word 3.0 2018 buat Office 2018, 2018, 2018, dan 2018.
Link cara lain :

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION