Cara Menyembunyikan Foto WhatsApp dari Galeri Android

Secara default, foto dan video yg kita terima melalui aplikasi WhatsApp akan ditampilkan di galeri ponsel, kecuali bila kita menonaktifkan fitur "Unduh otomatis media". Iya, bila fitur tersebut tidak aktif, media (foto juga video) hanya akan tampil di galeri sehabis kita mengunduhnya secara manual.

Bagaimana menggunakan audio dan dokumen? Pada umumnya audio yang kita terima melalui WA akan terlihat dan bisa didengar melalui aplikasi pemutar musik (kecuali pesan suara/voice note yang tersembunyi secara default). Dokumen pun demikian sob, mampu terlihat pada daftar dokumen pada aplikasi terkait (PDF Reader misalnya).
Lalu bagaimana cara menyembunyikan foto serta video WA dari galeri? Bagaimana pula agar audio dan dokumen nir ada di aplikasi terkait?

Agar Foto Whatsapp Tidak Terlihat di Galeri Ponsel


Sebenarnya terdapat poly cara buat mencegah foto serta video WA ada pada galeri. Mulai berdasarkan mengecualikan folder WhatsApp berdasarkan pindaian galeri, sampai menambahkan arsip ".nomedia" secara manual pada folder di mana foto serta video WhatsApp berada.
Ribet ya kedengarannya. Santai sob, mulai versi 2.18.159 beta, pelaksanaan WhatsApp buat Android telah dilengkapi menggunakan fitur "Visibilitas media". Seperti namanya, fitur tadi berguna buat mengatur visibilitas media (foto, video, audio, dan dokumen) yg kita terima melalui WA. Singkatnya, melalui fitur tadi kita bisa menyembunyikan foto dan video WA kita.
Terus caranya bagaimana?

Cara Menyembunyikan Foto serta Video WhatsApp dari Galeri


Agar foto serta video WA yg kita terima nir terlihat pada galeri, termasuk audio serta dokumennya, silakan ikuti langkah mudah berikut.
  1. Perbarui pelaksanaan WhatsApp Android Anda ke versi paling baru (minimal versi 2.18.159 beta).
  2. UPDATE 04/06/2018: Pada pembaruan pelaksanaan WA versi dua.18.171, posisi fitur "Visibilitas media" dipindahkan ke menu 3 titik pada kanan atas layar - Setelan - Chatting.

  3. Gulir layar ke bawah dan hilangkan centang pada opsi "Tampilkan media di galeri" (Save media to gallery).
  4. Nah, setelah itu foto, video, audio, serta dokumen yang masuk ke WA Anda tidak akan terlihat di galeri ponsel.

Loh, kok foto dan video WA saya masih terlihat pada galeri? Begini sob, setelan pada atas hanya berlaku untuk foto/video yg baru masuk ke WA kita, jadi lumrah apabila foto dan video lama masih nongkrong di galeri. Dengan istilah lain, media yang kita terima sebelum centang "Tampilkan media galeri" dihilangkan akan tetap terlihat di galeri.
Apakah foto dan video usang WA tadi tidak sanggup dihilangkan dari galeri? Bisa dong, hapus saja semuanya nanti juga hilang. Bercanda sob 😃
Agar foto dan video usang tidak terlihat pada galeri, kita mampu mengecualikan (exclude) folder "WhatsApp - Media" berdasarkan pengaturan galeri ponsel kita, caranya mungkin tidak sinkron untuk tiap jenis pelaksanaan galeri Android (bisa pula melalui fitur "Sembunyikan folder" apabila tersedia - dalam hal ini saya memakai QuickPic).

Seperti yg telah disinggung pada atas, kita pula bisa menyembunyikan foto/video WA berdasarkan galeri memakai aplikasi arsip explorer (Solid Explorer contohnya). Cukup untuk file baru di folder WhatsApp Images menggunakan nama ".nomedia". Lakukan hal sama dalam folder-folder lain yg jua berisi media, seperti WhatsApp Video, WhatsApp Document, WhatsApp Audio, dsb.
UPDATE 23/06/2018: Bila sebelumnya kita hanya sanggup mengatur visibilitas media buat semua percakapan di WA, sekarang kita bisa menentukan menampilkan atau tidak menampilkan media berdasarkan chat eksklusif, baik gerombolan maupun langsung.

Sebagai contoh kita nir ingin menampilkan foto berdasarkan gerombolan WA eksklusif di galeri ponsel (karena anggotanya acapkali kirim foto mantan atau laron), tapi pada sisi lain kita permanen ingin foto berdasarkan grup atau chat lainnya tampil di galeri seperti umumnya, maka fitur ini akan sangat membantu.

Caranya juga mudah sob, relatif masuk ke info gerombolan atau kontak yg diinginkan, kemudian pilih "Visibilitas media". Di sana kita sanggup memilih "Default (Yes/No)" untuk memakai pengaturan bawaan yang berlaku buat semua chat (misalnya update 04/06/2018 di atas). Selain itu kita juga sanggup memilih "Yes" atau "No"buat menampilkan atau tidak menampilkan media WA pada galeri; spesifik buat kelompok atau hubungan tersebut.
Oiya, cara tadi hanya berlaku buat foto atau video yang dikirimkan setelah kita menerapkan pengaturan visibilitas media, jadi foto usang akan tetap ada/tersembunyi sinkron dengan pengaturan bawaan yg sebelumnya telah kita terapkan. Selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION