Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogspot Custom Domain

Melanjutkan misi HTTPS Everywhere yang telah dibahas panjang lebar pada acara Google I/O 2018, belum usang ini pihak Blogger merilis dukungan HTTPS buat Blogspot. Apa itu HTTPS? Bisa dibilang HTTPS merupakan versi kondusif berdasarkan HTTP. Lebih lanjut, HTTPS merupakan kombinasi menurut Hyper Text Transfer Protocol serta Secure Socket Layer protokol (SSL) atau Transport Layer Security (TLS), yang berfungsi untuk menyediakan komunikasi terenkripsi antara web server serta klien. Pada umumnya, HTTPS digunakan untuk internet banking, transaksi pembayaran, halaman login, dll.

Lalu apa untungnya Blogspot gunakan HTTPS? Singkatnya, blog kita menjadi lebih aman sob. Lebih terlindung dari oknum yang berniat mencuri informasi serta melacak aktifitas kita (sebagai penulis blog) serta pengunjung atau pembaca blog kita. HTTPS juga memastikan bahwa pengunjung membuka blog yang benar serta tidak dialihkan ke alamat lain yang membahayakan. Selain itu, HTTPS bisa membantu kita untuk mendeteksi adanya ubahan data yang dikirimkan Blogger ke pengunjung blog kita oleh oknum yang tak bertanggung jawab.
Apakah HTTPS herbi SEO? Tentu saja sob. Seperti yang kita memahami, keamanan adalah prioritas bagi Google. Oleh karena itu, semakin aman suatu page web atau blog, meningkat juga rangkingnya di mata Google. Nah, menggunakan memakai HTTPS, mampu dipastikan blog kita lebih kondusif daripada sebelumnya (waktu menggunakan HTTP). Ketika blog kita sebagai semakin kondusif dengan HTTPS, bisa diasumsikan bahwa posisinya akan lebih baik di SERP daripada blog yg masih bertahan menggunakan HTTP.
Bagaimana sob, tertarik buat mencoba HTTPS di Blogspot? Mari lanjut bacanya.
Berdasarkan keterangan dari Blogger Buzz, kini Anda sanggup mengaktifkan HTTPS di Blogspot melalui page Setting > Basic > HTTPS Settings. Cukup ganti No menjadi Yes pada bagian HTTPS Availability. Beres telah.

UPDATE 24/06/2018: Sekarang blog dengan domain ".blogspot.com" secara otomatis akan langsung menggunakan HTTPS tanpa perlu mengubah pengaturan apa pun sob. Oleh karena itu, opsi "HTTPS Availability" kini menghilang dari laman "Settings", serta diganti dengan opsi "HTTPS Redirect" (berguna untuk mengarahkan pengunjung yang mengakses HTTP ke HTTPS).

Khusus buat blog yg memakai custom domain seperti .com, .id, ,net, dsb, opsi "HTTPS Availability" permanen tersedia, sehingga kita masih bebas buat menentukan menggunakan HTTPS atau nir dalam domain kustom kita.

Mudah ya ternyata. Tunggu dulu sob, meski cara mengaktifkan HTTPS pada Blogspot terbilang mudah, terdapat beberapa hal penting yg wajib diperhatikan agar koneksi HTTPS di blog kita mampu berjalan menggunakan baik.
Pertama, untuk ketika ini, HTTPS hanya tersedia untuk blog menggunakan domain blogspot, jadi buat ad interim blog yg memakai custom domain belum mampu mencicipinya. Cek update pada atas.
Kedua, ada kemungkinan error pada widget serta template blogspot buatan pihak ketiga saat beralih ke HTTPS. Iya, bila Anda memakai widget dan/atau template selain dari Blogger, pastikan terlebih dahulu bahwa widget/ template tersebut telah mendukung HTTPS. Selain itu, postingan blog juga berpotensi menimbulkan error pada penggunaaan koneksi aman tersebut. Bagaimana cara mengetahui bahwa widget atau template yang  kita pakai kompatibel menggunakan HTTPS? Lanjut lagi bacanya sob.
Untuk mengecek kompatibilitas blog Anda menggunakan koneksi HTTPS, silakan aktifkan terlebih dahulu HTTPS-nya menggunakan cara pada atas, kemudian buka blog Anda via browser Google Chrome (gunakan alamat "//blog-anda.blogspot.com"), klik kanan > Inspect element > buka tab Console. Kemudian perhatikan tipe error berikut adalah.
  • Mixed Content: The laman at '//.blogspot.com/' was loaded over HTTPS, but requested an insecure script '///script.js'. This request has been blocked; the content must be served over HTTPS.
  • Mixed Content: The laman at '//.blogspot.com/' was loaded over HTTPS, but requested an insecure image '///gambar.jpg'. This content should also be served over HTTPS.

Untuk memperbaiki error tersebut, silakan edit template, widget, serta postingan blog Anda. Temukan URL yang mengandung “//” lalu ubah menjadi “//” (terutama pada tag , , ,

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION