4 Aplikasi AlQuran Android Bersertifikat Tashih dari Kementerian Agama RI

Ada ratusan pelaksanaan Al-Quran Android yang tersebar pada Play Store. Tampilan serta fiturnya pun majemuk, berdasarkan yang sederhana hingga yang rumitnya ga kira-kira. Jenis teks Arab, transliterasi, serta terjemahannya jua mempunyai banyak versi. Keberagaman itu tidak sporadis membuat kita (sebagai pengguna Android) sebagai ragu buat membaca serta mengusut Al-Quran melalui pelaksanaan-aplikasi tersebut.

Pada paragraf penutup artikel 10 Aplikasi Al-Quran Terbaik buat Android yang diterbitkan tahun 2018 lalu, terdapat pernyataan misalnya ini.
Hendaknya pelaksanaan-aplikasi Al-Quran buat Android (juga aplikasi platform lainnya) tidak dijadikan menjadi rujukan primer. Selalu pakai Al-Quran versi cetak sebagai media pembanding. Jika Anda menemukan kesalahan, silakan laporkan kesalahan tersebut melalui Play Store atau langsung ke situs developer yg bersangkutan.

Alasannya, waktu itu saya belum menemukan satu pun aplikasi Al-Quran digital buat smartphone yg sudah menerima sertifikasi tashih dari Kemeterian Agama RI, jadi tidak ada jaminan atas kebenaran dan legalitas dari pelaksanaan tadi.
Apa itu tashih dan apa pentingnya pelaksanaan Al-Quran memiliki sertifikat tashih? Berdasarkan KBBI, tashih berarti pengesahan (sesudah diperiksa kebenarannya). Dalam konteks ini, Al-Quran yang memiliki sertifikat tashih berarti telah melalui proses pemeriksaan sang forum yg berwenang sehingga legalitas serta kebenarannya terjamin.
Apakah ada aplikasi Al-Quran Android yg bersertifikat tashih? Ada sob, sependek pengetahuan saya, saat ini terdapat empat aplikasi Al-Quran untuk Android yg sudah menerima surat tanda tashih dari Kementerian Agama RI, yaitu Salaam, MyQuran, Alquran Digital, dan Qur'an Kemenag.

Salaam


Bekerja sama menggunakan QuranCordoba.com (PT Cordoba International Indonesia), Samsung Indonesia merilis sebuah aplikasi Al-Quran digital untuk Android dengan nama Salaam. Aplikasi yg didedikasikan buat kaum Muslimin berdasarkan Samsung Indonesia bersama QuranCordoba.com tadi telah menerima sertifikasi tashih digital pertama pada Indonesia dari Kementrian Agama Republik Indonesia.

Sertifikasi atau tashih dalam pelaksanaan Salaam memastikan konten pada dalamnya terjamin kebenarannya serta dapat dipercaya, meliputi teks Arab, transliterasi, terjemahan, serta pedoman rona tajwid. Selain Al-Quran, Salaam juga menyediakan informasi dan indera buat ibadah harian seseorang Muslim yang craft jt serta menyenangkan, menggunakan aneka macam macam fitur berikut ini.
Fitur-fitur Salaam:
  • Al-Quran pada format digital yg telah disertifikasi sang Kementrian Agama Republik Indonesia, termasuk skrip Arab, transliterasi, terjemahan serta panduan warna tajwid.
  • Waktu Berdoa: Pengingat ketika sholat yg akurat menurut lokasi Anda.
  • Kalendar Hijriah: Melihat kalender Islam (Hijriah ) waktu ini serta lepas Masehi. Hari-hari besar Islam. Konversi lepas dari Hijriah ke Masehi.
  • Kalkulator Zakat: Craft JT Anda buat menghitung Zakat.
  • Panduan doa: Berisi tentang langkah-langkah doa serta bimbingan aktivitas seperti Sholat, Wudhu, Tayammum, Mandi, dan Salaatul Janazah.
  • Arah Kiblat: Mendeteksi arah kiblat secara otomatis.
  • Panduan Haji dan Umroh.

Berbeda menggunakan beberapa aplikasi Al-Quran Android yang (dalam umumnya) menyisipkan iklan, pelaksanaan Salaam sanggup diunduh secara gratis serta bebas menurut iklan. Fitur-fiturnya pun sanggup digunakan secara leluasa tanpa adanya pungutan biaya .

MyQuran


MyQuran merupakan aplikasi Al Quran digital menggunakan teks huruf Arab, transliterasi latin, dan terjemahan bahasa Indonesia yang sinkron menggunakan standar Al Quran cetak yang tersebar pada Indonesia.

Berbagai macam fitur menarik pun jua disediakan sang pelaksanaan yg dikembangkan oleh The Wali Studio tadi, beberapa pada antaranya mampu disimak dalam daftar berikut.
  • Tajwid berwarna, terjemahan, dan transliterasi yang sinkron dengan standar Kementerian Agama RI.
  • Audio murotal Qori AlQuran mp3.
  • Pengingat buat membaca Al Quran setiap setelah ketika sholat.
  • Hafalan buat membantu menghafal Al Quran.
  • Fitur Khatam untuk membimbing pengguna dalam mengkhatamkan Al Quran. 
  • Kumpulan doa dalam Al Quran. 
  • Tuntunan Makhraj.
  • Jadwal salat.
  • Asmaul Husna.

Sebagai upaya buat menjaga agama serta kenyamanan hati pengguna, aplikasi MyQuran sudah melalui proses pentashihan serta memperoleh sertifikat tashih berdasarkan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Kementerian Agama Republik Indonesia, sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenarannya.
MyQuran mampu diunduh secara gratis baik buat Android, iOS dan Windows Phone. Tersedia jua MyQuran versi Full menggunakan aneka macam fitur tambahan yg bisa didapatkan melalui metode pangkas pulsa maupun transfer bank.

Alquran Digital


Aplikasi Alquran Digital dirilis pada rangka menyambut bulan kudus Ramadhan dan Nuzulul Quran tahun lalu (1438 H). Uniknya, pelaksanaan Quran yang dikembangkan sang keliru satu partai politik di Indonesia ini telah dilengkapi dengan terjemahan bahasa wilayah serta bahasa internasional.

Selain itu, aplikasi perilisan Alquran Digital ini bertujuan menaikkan minat membaca, menghapal serta mengamalkan Alquran sebagai buku kudus umat Islam pada Indonesia khususnya menggunakan terjemahan bahasa wilayah.
Sudah punya sertifikasi tashih menurut Kemenag? Sudah sob, salinan sertifikatnya pun telah disertakan pada pengaturan aplikasi Quran yang sanggup diunduh secara gratis serta tanpa iklan tadi.

Qur'an Kemenag


Qur’an Kemenag adalah aplikasi Mushaf Al-Qur'an digital yg dikembangkan oleh Kementerian Agama (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an). Aplikasi tadi disediakan buat memenuhi kebutuhan rakyat akan Mushaf Al-Qur'an yang berbentuk digital. Ayat Al-Qur’an pada aplikasi Qur'an Kemenag menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani.

Tidak hanya buat Android, Qur'an Kemenag pula tersedia dalam format web, serta iOS. Selain menyajikan teks Al-Qur'an lengkap 30 juz, aplikasi tersebut pula dilengkapi menggunakan terjemahan, tafsir dalam dua varian: tahlili dan ringkas, dan suara murattal Al-Qur'an Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.
Karena dibuat eksklusif sang Kemenag, lebih tepatnya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, aplikasi Qur'an Kemenag tentu telah diperiksa legalitas serta kebenarannya, atau dengan kata lain, auto tashih.
______________
Nah, buat Anda yang masih ragu serta bimbang pada menentukan pelaksanaan Al-Quran Android yang terjamin keaslian dan kemurniannya, empat pelaksanaan pada atas sanggup menjadi pilihan yang tepat. Masih kurang yakin? Ada baiknya Anda memakai Al-Quran versi cetak yg telah pasti bersertifikat sob. Sebagai epilog dan penghilang kegelisahan, ayo kita simak Quran surat Al-Hijr ayat 9 berikut adalah.
“Sesungguhnya Kamilah yg menurunkan Al-Quran, serta sesungguhnya Kami benar- sahih memeliharanya”. (QS: Al-Hijr: 9)
_______________
Bila Anda mengetahui pelaksanaan Al-Quran Android lain (selain 4 aplikasi tersebut) yang telah mengantongi serifikat tashih menurut Kemenag RI, silakan beritahu aku melalui Twitter atau laman hubungan blog ini. Terima kasih 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION