Mikrokontroler Sebagai Antarmuka Seven Segment



   Jika sobat pernah duduk dibangku SMK atau kuliah pada jurusan elektronik, maka kalian pasti telah tidak merasa asing lagi mendengar kata Mikrokontroler. Mikrokontroler merupakan sebuah chip yg berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronika serta umunya dapat menyimpan acara didalamnya. Layaknya komputer mini , mikrokontroler juga sudah terdapat sebuah CPU, ALU, ROM, RAM dan unit pendukung misalnya Analog-to-Digital Converter (ADC) yg sudah terintegrasi pada dalamnya. Mikrokontroler umumnya memiliki beberapa komponen-komponen pendukung, galat satunya merupakan seven segment (layar 7 segmen).
   Pada Artikel kali ini, saya akan membahas mengenai Mikrokontroler menjadi antarmuka Seven Segment. Namun sebelumnya, ada baiknya apabila sobat mengetahui terlebih dahulu arti menurut seven segment. Seven segment ( layar 7 segmen) adalah suatu segmen-segmen yg digunakan buat menampilkan angka / bilangan decimal. Seven segment ini terdiri menurut 7 btg LED yang disusun menciptakan angka 8 menggunakan memakai alfabet a-f yg dianggap DOT MATRIKS. Setiap segment ini terdiri berdasarkan 1 atau 2 LED (Light Emitting Dioda). Seven segment banyak digunakan pada jam digital, Multimeter Digital, dan piranti elektro yg lain. Setiap LED diidentifikasi sebagai huruf a, b, c, d, e, f, g, yg dimulai berdasarkan alfabet a pada sebelah atas. Di sebelah kanan terdapat satu LED tambahan yang digunakan sebagai koma (dp). Seven Segmen sendiri terbagi atas dua jenis yaitu Common Anoda dan Common Catoda.

    Dalam menampilkan angka atau huruf dalam seven segment dengan menggunakan Mikrokontroler, maka dibutuhkan kode atau acara yg bisa menampilkan karakter pada bentuk bilangan biner kemudian dikonversikan dalam bilangan heksadesimal. Contohnya angka 0 dalam seven segment. LED yg diidentifikasi (menyala) dalam seven segment merupakan segmen a,b,c,d,e serta f, maka Biner yang wajib dimunculkan adalah 0011 1111 dimana biner pertama (berdasarkan kanan) merupakan segmen "a" sampai biner keenam yang adalah segmen "f" diberi nalar 1, lalu bila dikonversi ke heksadesimal maka 0011 = tiga hex dan 1111 = F hex sebagai 0x3F. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel heksadesimal pada menampilkan sebuah angka serta alfabet pada seven segment memakai Mikrokontroler :

Tabel Heksadesimal buat angka 0-9

Digit
gfedcba
a
b
c
d
e
f
g
0
0x3F
on
on
on
on
on
on
off
1
0x06
off
on
on
off
off
off
off
2
0x5B
on
on
off
on
on
off
on
3
0x4F
on
on
on
on
off
off
on
4
0x66
off
on
on
off
off
on
on
5
0x6D
on
off
on
on
off
on
on
6
0x7D
on
off
on
on
on
on
on
7
0x07
on
on
on
off
off
off
off
8
0x7F
on
on
on
on
on
on
on
9
0x6F
on
on
on
on
off
on
on

Tabel Heksadesimal buat alfabet a-f
Huruf
gfedcba
a
b
c
d
e
f
g
a
0x5F
on
on
on
on
on
off
on
b
0x7C
off
off
on
on
on
on
on
c
0x39
on
off
off
on
on
on
off
d
0x5E
off
on
on
on
on
off
on
e
0x7B
on
on
off
on
on
on
on
f
0x71
on
off
off
off
on
on
on
A
 0x77
on
on
on
off
on
on
on
E
 0x79
on
off
off
on
on
on
on

  Berikut adalah contoh rabat gambar listing program mikrokontroler buat menampilkan angka dalam seven segment :

   Sekian menurut penjelasan aku mengenai Mikrokontroler sebagai antarmuka seven segment, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION