Cara Menghubungkan Stick Bluetooth ke Android Tanpa Aplikasi

Pada artikel-artikel sebelumnya, Craft JT telah mengulas mengenai cara menyambungkan stick PS3 ke Android dengan maupun tanpa root; gunakan kabel ataupun secara wireless (bluetooth).

Walau beragam, cara-cara tersebut masih membutuhkan aplikasi tambahan, yaitu Sixaxis Controller dan Sixaxis Enabler. Masalahnya, tidak semua ponsel atau tablet Android kompatibel dengan ke 2 aplikasi  tersebut (terutama Android yg belum mempunyai fitur USB OTG dan Android versi usang).
Sebagai solusi, kali ini Craft JT akan membahas cara menghubungkan stick Bluetooth ke Android tanpa pelaksanaan, tanpa root, serta tanpa stick PS3. Loh, kemudian pakai stick apaan, min? Bisa pakai stick bluetooth apa saja sob, asal setia jangan yang KW.
Di pasaran (online atau offline), kita mampu memilih berbagai bentuk, berukuran, merk, dan tipe stick atau gamepad bluetooth yg spesifik dirancang buat perangkat Android. Misalnya stick bikinan Xiaomi atau Samsung, gamepad Android dari Ipega, Dobe, Mocute, atau Terios, beberapa contoh controller besutan Moga atau Gamesir, serta juga joystick retro berdasarkan 8Bitdo.
Cara pairingnya sangat mudah sob, cukup hidupkan bluetooth pada Android, lalu tekan tombol power gamepad (buat Ipega, Dobe, serta Terios tekan tombol 'X + Home'), kemudian lakukan pairing seperti perangkat bluetooth pada umumnya. Beres dah.
Sebagai contoh, cek cara menghubungkan gamepad Xiaomi ke Android melalui video ini dia (buat gamepad bluetooth lainnya cara pairnya kurang lebih sama).

Sebagai alternatif berdasarkan cara yg sudah dibahas dalam video pada atas, silakan simak tutorial singkat pada bawah ini.

Cara Menghubungkan Stick Xiaomi ke Android

  1. Siapkan gamepad Xiaomi Anda. Mengenai harga serta info lainnya bisa dicek pada sini:

  2. Pastikan bluetooth ponsel Android Anda sudah menyala serta diset visible (sanggup dideteksi sang perangkat bluetooth lain).
  3. Saat pertama kali pairing, tekan usang tombol MI yg terletak pada tengah gamepad Xiaomi hingga led-nya berkedip-kedip cepat.

  4. Tekan 'Pair' waktu request dari gamepad Xiaomi muncul pada layar Android (nama gamepadnya pakai teks tiongkok, mampu di-rename setelah terhubung).

  5. Beberapa waktu lalu, gamepad Xiaomi akan bergetar sebentar dan led-nya menyala tanpa kedip menjadi penanda proses pairing telah berhasil.
  6. Sebagai permulaan, mainkan game yg telah support gamepad (seperti Ashalt 8, Riptide GP, dsb.) menggunakan stick Xiaomi Anda.
  7. Untuk mematikan gamepad Xiaomi, tekan usang tombol MI sampai lampunya padam. Selain itu, gamepad Xiaomi akan otomatis mangkat setelah beberapa mnt nir digunakan (tidak ditekan tombolnya).
  8. Setelah gamepad Xiaomi dan Android saling kenal (sudah pernah terhubung), relatif tekan tombol MI sementara waktu saja (tidak perlu lama -lama ) buat menghubungkannya kembali ke Android pada lain waktu.
  9. Untuk menghubungkan Xiaomi gamepad ke Android lain, ulangi langkah 1- lima pada atas.

Iya, gitu aja sob, tidak perlu root serta pelaksanaan tambahan buat sekedar bermain game Android pakai gamepad bluetooth. Cara mapping-nya gimana min? Khusus game-game yg sudah support gamepad, key mapping nir perlu dilakukan sob, telah otomatis dan tinggal main (termasuk game emulator misalnya PPSSPP). Untuk game yg nir mendukung penggunaan stick eksternal, mau tidak mau kita harus memasang aplikasi tambahan misalnya Tincore Keymapper (butuh root) atau Octopus (tanpa root).
Oke, buat Anda yang pernah mencoba memasangkan stick PS3 ke Android serta gagal lantaran aplikasinya nir cocok, gunakan saja keliru satu (atau semua pula boleh) gamepad bluetooth yg sudah diklaim pada atas. Berhasil tidaknya kita takkan pernah benar-benar memahami sebelum mencoba. Sip, semoga bermanfaat dan selamat bermain 😊🎮

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION