10 Aplikasi Chat Terbaik untuk Android Alternatif WhatsApp

WhatsApp merupakan pelaksanaan perpesanan yg tengah terkenal ketika ini, bahkan bisa dikatakan sudah menggeser fungsi SMS serta MMS. Bagi pengguna smartphone berbasis iOS, untuk menggunakan WhatsApp diperlukan biaya sebesar $0.99, sedangkan pengguna Android, WhatsApp dapat digunakan secara gratis dalam setahun serta $0.99 untuk setiap tahun berikutnya.
UPDATE 20/01/2016: Sekarang WhatsApp gratis selamanya sob. Tak ada lagi iuran per tahun yang nyatanya juga tak pernah ditagih 😀


Bila Anda menginginkan aplikasi perpesanan yang gratis serta memiliki fungsi yang serupa dengan WhatsApp, berikut ini kami sajikan 10 aplikasi alternatif WhatsApp untuk smartphone Anda, tidak hanya untuk Android, tapi juga untuk iOS, Blackberry, Windows Phone, serta beberapa platform populer lainnya.

1. Viber


Viber adalah aplikasi yang sangat mirip dengan WhatsApp (sama-sama menggunakan nomor ponsel untuk proses pendaftaran serta identifikasi pengguna). Cukup unduh, install serta daftarkan nomor ponsel Anda untuk bergabung dengan teman-teman Anda yang juga menggunakan Viber.


Tak jauh berbeda dengan WhatsApp, Viber memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan gratis kepada sesama pengguna Viber melalui jalur internet.

Download Viber: iOS Android Windows Phone BlackBerry (OS 10)  Nokia Bada

2. LINE


Tidak jauh berbeda dengan WhatsApp, Anda dapat mendaftar LINE menggunakan angka ponsel (serta email buat akses LINE via desktop). Seperti halnya Viber, selain pesan teks, LINE juga mempunyai fitur panggilan gratis lewat internet.


Menariknya, LINE memiliki aplikasi untuk desktop yang dapat dipasang di Windows serta Mac, sehingga pengguna dapat menggunakan LINE di PC atau laptop.

Download LINE: iOS Android Windows Phone BlackBerry

3. KakaoTalk


KakaoTalk juga memanfaatkan nomor ponsel untuk proses pendaftaran serta menghubungkan akun para penggunanya. Pengguna dapat saling mengirimkan pesan teks, multimedia, serta panggilan, baik secara perorangan maupun berkelompok (group).


Salah satu fitur andalan dari KakaoTalk merupakan Group voice call, yang memungkinkan pengguna buat melakukan panggilan ke lebih berdasarkan satu orang dalam waktu yang bersamaan.

Download KakaoTalk: iOS  Android  Windows Phone  BlackBerry

4. Facebook Messenger


Saat ini, siapa yg nir menggunakan Facebook? Iya, dengan Facebook Messenger, Anda dapat ngobrol dengan teman-teman Facebook Anda, saling berkirim pesan, foto, emotikon, serta juga suara.


Untuk waktu ini, Facebook Messenger belum mendukung fitur panggilan secara global (masih dikembangkan), akan tetapi pengguna bisa saling berkirim pesan audio layaknya menggunakan walkie-talkie.

Download Facebook Messenger: iOS  Android - versi Lite (ringan)  BlackBerry

5. Skype


Selain dikenal sebagai penyedia layanan voice serta video chat, Skype juga menyediakan layanan berkirim pesan teks serta multimedia seperti WhatsApp.


Tidak seperti WhatsApp, pengguna harus mengkonfirmasi terlebih dahulu kontak yang akan dijadikan teman ngobrol di Skype, sehingga pengguna memiliki pilihan untuk menerima atau menolak pertemanan dari orang lain.

Download Skype: iOS Android Windows Phone BlackBerry

6. LiveProfile


Sebelum menggunakan LiveProfile, Anda akan diminta untuk registrasi menggunakan email, setelah itu, Anda dapat menambahkan nomor ponsel agar orang lain dapat menemukan serta menghubungi Anda.


Selain itu, Anda akan menerima sebuah PIN yang berguna untuk menambahkan teman tanpa harus memberikan nomor ponsel. LiveProfile memiliki fitur layaknya WhatsApp tanpa adanya fitur panggilan.

Download LiveProfile: iOS Android BlackBerry
UPDATE: Sejak Desember 2018, LiveProfile sudah tidak beroperasi alias discontinue selesainya diakuisisi sang BlackBerry.

6.1. BBM


Tak diragukan lagi pasti sobat Craft JT sudah dalam tahu mengenai BlackBerry Messenger atau BBM. Bisa jadi keputusan BlackBerry untuk mengakuisisi LiveProfile merupakan langkah awal buat membuahkan pelaksanaan BBM bersifat cross platform (telah memahami kan jika dulu BBM hanya sanggup dipakai pada ponsel bikinan BlackBerry?).

Bicara mengenai fitur, BBM bisa dibilang sebagai gudangnya fitur sob. Hampir semua fitur yang ada di pelaksanaan chat lain jua hadir pada BBM. Selain itu, beberapa waktu yg lalu BBM mendapatkan update modern yg memungkinkan kita buat menarik pulang (menghapus) pesan yg telah terlanjur terkirim, menarik ya 😁
Download BBM

7. Groupme


Seperti namanya, Groupme mengandalkan fitur berkirim pesan dalam sebuah kelompok atau grup. Sama seperti LiveProfile, untuk mendaftar Groupme diperlukan email serta nomor ponsel.


Uniknya, selain melalui aplikasinya, Anda bisa berkirim pesan ke sahabat-sahabat Anda di Groupme melalui SMS, sebagai akibatnya saaat kehilangan koneksi internet, Anda permanen sanggup ngobrol via SMS di Groupme.

Download Groupme: iOS Android Windows Phone BlackBerry

8. Kik Messenger


Kik Messenger dikenal dengan kesederhanaan serta kecepatannya dalam mengirimkan pesan teks serta multimedia. Setelah mendaftar dengan email, Anda dapat membuat sebuah username yang unik menjadi bukti diri Kik Anda.


Walaupun tidak menyediakan fitur panggilan, Kik dapat menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang membutuhkan aplikasi messenger yang simple serta cepat.

Download Kik Messenger: iOS Android Windows Phone BlackBerry Nokia

9. ChatON


Untuk pengguna ponsel Samsung, tentu sudah akrab dengan aplikasi ChatON. Meskipun dibuat oleh Samsung, ChatON dapat dipasang pada berbagai merk serta platform ponsel.


Selain pada ponsel, Anda jua dapat memakai ChatON buat berkirim pesan teks maupun multimedia melalui websitenya.
UPDATE: Sejak 1 Februari 2018, layanan ChatON sudah dilarang sang Samsung.

Download ChatON: iOS Android Windows Phone BlackBerry

9.1. Telegram


Bisa dikatakan bahwa Telegram sebenarnya adalah 'WhatsApp' yang dipermak. Iya, secara tampilan serta fitur dasarnya, Telegram sangat mirip dengan WhatsApp.

Meski demikian, Telegram memiliki segudang fitur yang tidak/belum tersedia di WhatsApp. Sebut saja sticker, kirim file dengan ukuran sampai 1,5Gb, dukungan replies, mentions serta hashtags, fitur percakapan rahasia, ketersediaan native app untuk tiap platform, serta masih banyak lagi.
Download Telegram

10. WeChat


Aplikasi yang satu ini sangat populer di negara asalnya, Tiongkok. Layaknya WhatsApp, untuk mendaftar WeChat diperlukan nomor ponsel yang dapat Anda hubungkan dengan email serta akun Facebook.


Tidak hanya pesan teks serta multimedia, WeChat juga menyediakan fitur video chat serta fitur chatting via web.

Download WeChat: iOS Android Windows Phone Windows PC

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION