Mengenal Window Navigation Diagram


Kali ini saya akan membahas tentang window navigation diagram, diagram ini bertujuan buat mendokumentasikan navigasi interface (tampilan) dari sebuah acara dengan komponen-komponen yg tersedia pada pada program.

Definisi Window Navigation Diagram

Windows Navigation Diagram merupakan sebuah diagram yang menggambarkan perpindahan atau transisi dari sebuah window ke window yg lainnya, berserta interface dasarnya serta tombol apa atau event apa yang mengakibatkan perpindahan menurut satu window ke window yang lain.

Untuk membuat diagram ini tidaklah sulit, anda hanya akan mengungkapkan menurut alur navigasi dari produk atau acara yg anda buat. Dosen saya menyebutkan bahwa diagram ini hanya mendeskripsikan alur navigasi dalam page atau form yang bersangkutan.
Baca Juga : Mengenal dan Mengerti UML

Seperti contoh, anda membuka blog ini kemudian anda akan menemukan beberapa pilihan menu diatas misalnya home, about, hubungan serta beberapa link artikel di laman tadi, itu merupakan yg dimasukkan dengan navigasi.

Ketika anda klik home maka anda akan menuju halaman home, jika anda klik about maka akan menuju halaman about, jadi window navigation diagram mendeskripsikan tampilan menurut laman atau form.

Cara Membuat Window Navigation Diagram

Untuk menciptakan window navigation diagram tidaklah susah, terdapat kotak yg menggambarkan page, form, pilihan menu, report atau lainnya. Apabila terdapat page cukup tulis <> sedangkan buat form relatif tulis <> dan berlaku pula buat yg lain.

Tentunya dalam menciptakan program anda wajib memperhatikan pengalaman user pada mengoperasikan program anda, dosen aku Eric Sugiarto juga menjelaskan tentang LEMES dalam pembahasan User Experience.

User Experience

  • Learnability (Program mudah dimengerti oleh user)
  • Effeciency (Efesien pada penggunaan program tentunya nir memakan saat yang cukup banyak)
  • Memorability (Mudah di jangan lupa pada penggunaan acara, misalnya pada browser masih ada history page yang pernah kita buka.)
  • Erroless (Error atau tidaknya dalam penggunaan program)
  • Satisfication (Kepuasan user dalam penggunaan program)

Jadi dalam menciptakan acara pastikan anda mengenal apa itu user experience untuk pengelolaan dan pengembangan program yang lebih baik lagi. Semoga artikel Mengenal Window Navigation Diagram bisa berguna buat anda. Terima Kasih !

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION