Mengenal dan Mengerti UML


Unified Modeling Language atau biasa disingkat menjadi UML merupakan bahasa spesifikasi standar buat mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem aplikasi (aplikasi). UML bertujuan agar orang dapat memahami sistem yg anda bangun dengan berupa modeling.
Seperti model anda menjelaskan secara lisan tentang baju yang anda sukai, pada imajinasinya orang mungkin menggambarkan presepsi yang tidak sinkron menurut yang anda maksud, tetapi lebih kentara lagi jika anda mendeskripsikan secara eksklusif (visual), orang akan mengerti misalnya apa yg anda maksud.
Jadi UML adalah suatu bahasa yang dipakai buat memilih, memvisualisasikan, menciptakan, serta mendokumentasikan suatu sistem informasi.
UML adalah baku yang menjadikannya sebagai bahasa pemodelan yang umum dalam industri aplikasi dan pengembangan sistem. Jadi waktu anda bertemu menggunakan client (pelanggan) anda, tentunya pada membangun sistem anda perlu menyebutkan konsep berdasarkan alur sistem anda dengan UML.

Macam-Macam UML

Saya akan menjelaskan 6 macam UML diagram buat memodelkan berorientasi objek, yaitu :
  1. Use Case Diagram
  2. Sequence Diagram
  3. State Diagram
  4. Activity Diagram
  5. Class Diagram
  6. Window Navigation Diagram
Terdapat 4 macam diagram yang paling seringkali digunakan pada pembangunan pelaksanaan berorientasi object, yaitu use case diagram, sequence diagram, collaboration diagram, dan class diagram.

Bagaimana Cara Membuat UML ?

Berikut ini terdapat beberapa perangkat lunak berbayar buat membuat UML yg biasa diklaim menggunakan CASE (computer aided software engineering). Ada beberapa CASE yg umum dipakai oleh para profesional yang memakai UML, diantaranya:
  1. Sybase Power Designer
  2. Rational Rose
  3. Microsoft Visio
  4. Enterprise Architect
Bagi anda yang ingin menerima perangkat lunak buat menciptakan UML secara perdeo, berikut adalah CASE open source yg dapat digunakan secara bebas :
  1. StarUML
  2. DIA Diagram Editor
  3. Umbrello
  4. ArgoUML
  5. Software Ideas Modeller
  6. Eclipse UML2

Bagaimana membuat Model yg Baik ?

Sebelumnya mungkin anda masih bingung dan bertanya-tanya tentang model, "Bagaimana dapat membuat contoh UML yg baik ?" Dosen aku pada iSTTS pernah mengajarkan dalam menciptakan contoh yang baik mampu di illustrasikan misalnya ;

Anda membuat sebuah acara yang sesuai menggunakan tujuan sistem anda, kemudian acara tersebut akan akan diberikan kepada anak mini , kalaupun anak mini tersebut tahu apa alur sistem anda maka acara andapun telah bisa dimengerti orang lain dengan baik.

Jadi dalam membuat contoh yg baik adalah dapat di mengerti menggunakan baik sang orang lain.

Semoga artikel Mengenal serta Mengerti UML yg saya sampaikan dapat anda mengerti dengan baik, bila terdapat pertanyaan silakan kirim pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION