Memahami Kegunaan Class Diagram


Kali ini aku akan membahas mengenai class diagram, dalam waktu aku kuliah semester lima aku diajarkan mengenai group diagram, diagram ini seperti menggunakan ER-Diagram seperti dalam perancangan databasenya tetapi hanya saja bedanya ER-Diagram tidak terdapat metode atau operasi tertentu dan hanya atribut.
Class diagram adalah galat satu bentuk contoh dari UML yang sudah aku jelaskan dalam artikel "Mengenal dan Mengerti UML" terdapat juga beberapa contoh lainnya selain class diagram, bagi anda yg mungkin kurang memahami mengenai UML atau berasal mula berdasarkan model group diagram anda bisa membaca artikel tersebut lebih dahulu.

Apa itu Class Diagram ?

Class diagram adalah contoh statis yg mendeskripsikan struktur dari suatu sistem dengan menampakan sistem kelas , atribut , operasi (atau metode), serta interaksi antara objek-objek.

Dalam menciptakan class diagram anda mampu memakai software Sybase atau perangkat lunak lain yang mungkin tersedia buat membuat diagram kelas. Untuk macam-macam aplikasi dalam pembuatan UML aku umumnya menggunakan Sybase Power Designer dan Microsoft Visio.
Class diagram adalah citra dari struktur sistem yang terdapat sistem kelas, atribut, metode serta interaksi antar objek.
Class diagram memiliki atribut dan operation (metoda) bisa memiliki salah satu sifat berikut :
  1. Private - Hanya mampu dipanggil berdasarkan dalam kelas itu sendiri.  methode/atribut diawali “-“.
  2. Protected - Hanya dapat dipanggil sang group yang bersangkutan serta  group turunannya. Methode diawali dengan pertanda “#”.
  3. Public - Dapat dipanggil  berdasarkan semua objek. Methode/atribut diawali tanda “+”
Didalam interaksi antar kelas masih ada beberapa kata misalnya ; asosiasi, agregasi, komposisi, dan inheritance serta generalization yang berguna buat pengembangan pada pembuatan class diagram.

Relasi  Generalisasi  digunakan dalam interaksi antara kelas induk menggunakan kelas turunan ( inherited) .
Relasi agregasi digunakan saat satu kelas dibuat (terdiri menurut ) dari kelas kelas lain.

Relationship Multiplicity (Kardinalitas)

Mutiplicity atau multiplisitas memperlihatkan jumlah suatu objek yg bisa herbi objek lain.

Inheritance adalah interaksi hirarkis antar group. Class dapat diturunkan dari class lain dan mewarisi seluruh atribut dan metoda class asalnya serta menambahkan fungsionalitas baru, sebagai akibatnya dia disebut anak dari class yg diwarisinya. Kebalikan menurut pewarisan merupakan generalisasi.

Contoh Class Diagram

Contoh group diagram dibawah ini merupakan tentang sistem perpustakaan, terdapat beberapa database serta metode pada kartu anggota, calon anggota, pustakawan, formulir pendaftaran dan kepala perpus. Database yang dimaksud merupakan atribut misalnya ; nama, alamat, nrp, noag, alamat serta sebagainya sedangkan Metode merupakan cetak kartu():void, memulai proses():void serta sebagainya.

Semoga artikel kali ini tentang class diagram atau diagram kelas dapat menambah wawasan anda serta sekaligus berguna buat aktivitas anda. Sekian serta Terima Kasih !

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION