10 Aplikasi Lite Android Terbaik Ringan Cepat dan Hemat

Semakin hari, sebagian besar pelaksanaan Android semakin akbar saja ukurannya. Iya, berbanding lurus dengan bertambahnya fitur sob, tiap update hampir mampu dipastikan ruang simpan smartphone Android kita makin sempit.

Tak hanya ruang simpan, kebutuhan RAM pun naik signifikan. Kalau dulu RAM 1Gb sudah relatif memadai buat menjalankan pelaksanaan resmi Facebook, sekarang RAM 2Gb saja cita rasanya berat sob, bisa bikin Android kita (makin acapkali) sesak napas 😀
Belum lagi masalah jaringan internet. Untuk jaringan 3G atau 4G yg sudah stabil sih tentunya tidak terkendala dalam menangani beragam pelaksanaan medsos (yang kini lebih kaya akan foto serta video daripada sekedar status teks). Kendati begitu, bagaimana bila kita berada di wilayah yg masih belum terjamah jaringan internet cepat tersebut, masih GPRS atau EDGE misalnya? Bakalan jadi ujian kesabaran sob (loading usang).
Akibat berdasarkan banyaknya fitur, penggunaan RAM yang berlebih, dan kebutuhan jaringan internet yang kontinu, baterai Android tentu akan kena imbasnya sob, makin seringkali minta colok dah, jadi makin akrab menggunakan powerbank 😃
Untung saja para pengembang pelaksanaan Android menyadari hal itu. Seperti yang telah pernah kita bahas sebelumnya, pelaksanaan dengan embel-embel nama "lite" kini telah mulai jadi tren sob, Facebook Lite keliru satunya. Apa itu aplikasi lite Android?
Kata lite asal menurut kata light yang sanggup diartikan menjadi "ringan". Jika dihubungkan menggunakan pelaksanaan Android, lite di sini memiliki makna "versi ringan". Jadi jika diartikan secara bebas, aplikasi lite Android merupakan versi lain menurut pelaksanaan Android yg lebih ringan daripada pelaksanaan regulernya.
Nah, sesuai judul, kali ini Craft JT akan menaruh daftar 10 pelaksanaan lite Android yang ringan, cepat, sekaligus hemat kuota internet serta juga baterai. Aplikasi apa saja? Mari lanjut bacanya sob.

1. Facebook Lite


Facebook Lite merupakan aplikasi yg dirancang spesifik buat Android low-end menggunakan jaringan internet lambat (2G) yg masih poly digunakan pada negara-negara berkembang. Seperti namanya, pelaksanaan Facebook Lite ini memiliki berukuran APK yg kecil, dibawah 3Mb sob, jadi proses installnya cukup cepat, loadingnya juga cepat, serta sangat efisien buat jaringan internet yang lambat.

Selain itu, dengan Facebook Lite, Anda mampu berkirim pesan Facebook (termasuk emoji dan sticker) tanpa harus install Facebook Messenger. Anda pula akan menerima notifikasi buat like, comment, serta pesan baru pada Facebook Lite layaknya memakai aplikasi Facebook reguler.

2. Messenger Lite


Messenger Lite merupakan versi ringan dari pelaksanaan Facebook Messenger. Jadi selain lebih hemat data, aplikasi chatting yg berukuran kurang berdasarkan 10 Mb tadi sangat cocok digunakan pada Android lawas (macam Gingerbread).

Seperti yg sudah disebutkan tadi, sebenarnya kita tidak perlu pelaksanaan Messenger jika sudah pasang Facebook Lite. Meski demikian, buat Anda yang lebih senang chatting daripada update status, Messenger Lite sangat direkomendasikan.

3. LINE Lite


Secara garis akbar, LINE Lite buat Android mempunyai fungsi yang sama dengan LINE reguler, sama-sama sanggup buat kirim serta terima pesan teks, gambar, dan sticker (namun tentu saja lebih ringan!). Fungsi obrolan menggunakan poly orang di grup LINE juga bisa dilakukan menggunakan LINE Lite.

Berbeda menggunakan aplikasi Facebook dan Messenger versi lite yg bisa dipasang mulai Android dua.3 Gingerbread, pelaksanaan LINE Lite buat Android saat ini hanya mampu dipasang pada smartphone Android 4.0 ICS ke atas.

4. Skype Lite


Siapa yg tak kenal Skype? Aplikasi panggilan video serta bunyi menurut Microsoft ini sekarang juga tersedia pada versi lite. Tak berbeda dengan pelaksanaan lite lainnya, Skype Lite juga dioptimalkan buat jaringan internet lambat (2G) dan juga Android versi usang.

Sayangnya, ketika artikel ini diketik, Skype Lite masih pada termin uji coba serta hanya tersedia buat pengguna Android pada India. Bagaimana dengan Indonesia? Tunggu update selanjutnya. UPDATE 01/11/2017: Skype Lite kini telah sanggup diunduh menurut Indonesia sob.

5. Camera360 Lite


Aplikasi kamera Android yg sering muncul pada meme tadi telah cukup lama mempunyai versi lite. Iya, Camera360 Lite hadir menjadi solusi berdasarkan memori penyimpanan Android yg terbatas dan tak jarang kepenuhan foto selfie.

Untuk manfaatnya bisa dibilang sebelas 2 belas dengan versi normal berdasarkan Camera360, akan tetapi tentu saja ada beberapa fitur yang dipangkas agar lebih ringan serta cepat meski dipasang dalam Android menggunakan spesifikasi yang pas-pasan.

6. LinkedIn Lite


Buat Anda para alumni, pencari kerja atau membutuhkan pekerja untuk bisnis Anda, LinkedIn Lite akan sangat craft jt. Bagaimana nir, aplikasi lite berdasarkan perusahaan yang sekarang bernaung di bawah bendera Microsoft ini diklaim empat kali lebih cepat daripada versi regulernya.

Fiturnya terbilang baku, misalnya news feed, profil, lowongan pekerjaan, notifikasi, serta jua search. Sama seperti Skype Lite, saat ini LinkedIn Lite baru tersedia pada India saja. Artikel ini akan diupdate ketika LinkedIn Lite tersedia pada Indonesia. UPDATE 04/08/2017: LinkedIn Lite kini sudah tersedia pada Indonesia sob.

7. Shazam Lite


Bosan dengan rekomendasi serta popup yg ada waktu membuka aplikasi Shazam reguler? Gunakan saja Shazam Lite. Buat yang belum tahu, Shazam adalah pelaksanaan yg bermanfaat buat mengidentifikasi lagu (judul, musisi, album, dll) yang sedang diputar secara instan.

Konsepnya sama sob menggunakan pelaksanaan lite pada umumnya, Shazam Lite dibentuk lebih ringan dan bahkan bisa menebak berita lagu waktu sedang offline (penggalan lagu akan direkam dan diindentifikasi saat kita online).

8. YouTube Go


YouTube Go adalah pelaksanaan YouTube versi lite yg spesifik dibuat buat jaringan internet yang kurang cepat dan stabil. Selain itu, kita pula bisa mengunduh serta menyimpan video YouTube favorit buat ditonton secara offline.

Agar berukuran aplikasi tetap ramping dan jalannya ringan, beberapa fitur standar YouTube tidak tersedia di YouTube Go, seperti fitur komentar, subscribe, profil channel, dkk. Ga papa, yg penting masih sanggup nonton video walau internet lagi lemot 😉

9. Clean Master Lite


Berdasarkan kabar berdasarkan Play Store, Clean Master Lite adalah aplikasi pembersih memori yang didesain buat Android dengan RAM di bawah 1Gb. Aplikasi protesis Cheetah Mobile tersebut dianggap sanggup melegakan memori penyimpanan serta pula RAM Android, yg berujung dalam peningkatan performa.

Pembersihan memori dengan Clean Master Lite tentu lebih craft jt jika dibandingkan pencucian manual. Tersedia banyak opsi pencucian yg bisa dipilih, mulai dari cache, arsip sampah bekas aplikasi, file APK yang nir diharapkan lagi, dan juga aplikasi-pelaksanaan yg membebani RAM.

10. Opera Mini


Apapun ponselnya, Opera Mini browsernya. Iya, Opera Mini memang dikenal menjadi browser yg ringan, cepat, serta ekonomis. Tidak hanya smartphone, ponsel fitur yang masih memakai Java pun sanggup menggunakan Opera Mini buat berselancar pada internet.

Khusus buat smartphone Android, versi mini dari browser Opera tadi dibekali dengan poly fitur sob. Seperti download video dari aneka macam situs (kecuali YouTube), notifikasi Facebook, dukungan multi tab, incognito mode (private tab), mode malam, dan lain sebagainya.
_____________
Di Play Store, kita sanggup menemukan beragam pelaksanaan yang menyandang nama "lite", tetapi jangan salah sob. Tujuan penggunaan nama "lite" tersebut ternyata tidak (selalu) sejalan menggunakan aplikasi-pelaksanaan yg sudah dibahas di atas. Iya, selain merujuk pada versi aplikasi yang ringan, nama lite pula acapkali digunakan untuk membedakan versi pelaksanaan yg gratis serta berbayar, Camera FV-lima Lite serta Internet Speed Meter Lite misalnya.
Selain berupa pelaksanaan, beberapa media umum juga menyediakan versi lite menurut halaman web mereka, seperti Twitter (mobile.twitter.com), Instagram (instagram.com), serta Facebook (m.facebook.com). Jadi buat Anda yg nir ingin pasang ketiga pelaksanaan medsos tersebut tetapi ingin permanen eksis, buka saja page webnya melalui browser smartphone favorit Anda. Selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION