Mencoba Aplikasi Android Versi Beta dan Aplikasi yang Belum Dirilis via Play Store

Di beberapa artikel Craft JT yg membahas WhatsApp, tak jarang saya mengetengahkan fitur-fitur baru WhatsApp buat Android yang belum dirilis, misalnya fitur format teks, video call, serta quote. Dari situ, muncul pertanyaan di benak beberapa Sobat setia Craft JT, bagaimana cara mencoba fitur-fitur yang belum dirilis tersebut?

Gampang sekali sob, jika dibaca dengan akurat, telah ada informasi di artikel yg menyatakan bahwa fitur tadi bisa dicoba dengan memasang aplikasi WhatsApp versi beta. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara pasang WhatsApp versi beta (serta aplikasi versi beta lainnya) melalui Google Play Store?
Itu jua tidak sulit sob, relatif kunjungi link beta tester ini buat memasang versi beta berdasarkan WhatsApp serta ikuti petunjuk yang tersedia. Alternatifnya, pelaksanaan Google Play Store modern sekarang sudah dilengkapi dengan fitur beta testing serta early access, yang bisa digunakan untuk mencoba aplikasi versi beta serta juga aplikasi yang belum dirilis (masih dikembangkan sebelum dirilis ke publik). Bagaimana cara menjadi beta tester serta mencoba versi beta dari suatu aplikasi?
Begini cara sebagai beta tester di Play Store sob.
  1. Buka salah satu page aplikasi pada Play Store yg menawarkan beta testing, misalnya WhatsApp atau Nova Launcher (lantaran saya telah menjadi beta tester WhatsApp, yg menjadi contoh di sini merupakan Nova Launcher).
  2. Gulir ke bawah serta temukan "Become a beta tester" serta ketuk tombol 'I'M IN' lalu 'Join' untuk menjadi beta tester.

  3. Tunggu beberapa saat (mnt), refresh (tutup kemudian buka lagi)halaman Play Store apabila perlu. Jika muncul tulisan "You're beta tester for this app. Awesome!", silakan pasang update versi beta terkini berdasarkan Nova Launcher buat mencoba fitur-fitur barunya.
  4. Bila Anda berubah pikiran serta ingin berhenti menjadi beta tester silakan simak langkah 2 lalu tekan tombol 'LEAVE'.

Selain beta testing, beberapa developer juga memberikan kesempatan kepada kita untuk mencoba aplikasi serta game Android yang belum dirilis melalui fitur yang disebut early access. Bagaimana cara mengakses early access? Simak langkah gampang berikut.
  1. Buka laman utama pelaksanaan Play Store.
  2. Temukan serta pilih tombol 'EARLY ACCESS'.

  3. Di sana Anda bisa menemukan daftar aplikasi Android yang belum dirilis (Unreleased Apps) serta daftar game Android yang masih dalam tahap pengembangan (Games in Development).
  4. Pilih aplikasi atau game yang ingin Anda coba serta install seperti biasa.

Untuk craft jt kita memantau aplikasi beta testing serta aplikasi early access, silakan tuju 'My apps & games' serta pilih tab 'BETA'. Nah, di sana semua aplikasi/game beta serta early access yang kita pasang dikumpulkan menjadi satu sob.

Ok, buat Anda yg selalu ingin up to date, penasaran dengan fitur atau aplikasi Android baru yang belum dirilis ke publik, fitur beta testing serta early access Play Store sangatlah layak untuk dicoba. Meski demikian, karena statusnya yang masih beta, aplikasi/game tersebut dipastikan masih mengandung bug serta kurang stabil bila dibandingkan dengan versi finalnya, brace yourselves serta selamat mencoba 😊
NB: Fitur beta testing serta early access Play Store merupakan update yang dilakukan dari sisi server serta diluncurkan secara bertahap. Buat yang belum kebagian harap bersabar.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION