Tutorial Membuat Database dengan Program Delphi


Pada postingan sebelumnya, aku sudah membahas mengenai Cara Menghubungkan Delphi menggunakan Microsoft Access dan Cara Sederhana Membuat Form Login dalam Delphi. Nah, pada artikel kali ini, saya ingin membuatkan sedikit ilmu kepada sobat mengenai "cara menciptakan aplikasi database pada acara delphi7". Selain pada bentuk artikel, aku pula membuatnya dalam bentuk video menjadi pelengkap serta jua untuk mempermudah sobat pada tahu artikel ini. Oke, kita eksklusif saja....



Tutorial Membuat Database dengan Program Delphi7 :



  1. Buka Ms. Access lalu buat sebuah database menggunakan format mdb. (MS.access 2018) kemudian buat sebuah table serta tentukan judulnya.
  2. Buatlah beberapa fieldname serta atur data type-nya. Jangan lupa buat mengatur field size agar kolom databasenya nir terlalu panjang saat dihubungkan pada delphi7.
  3. Save (Ctrl+S) database Ms. Access kemudian simpan arsip ke folder yg sobat inginkan.
  4. Buka program Delphi7. Ketika sudah ada form, maka mulailah membuat aplikasi dengan meletakkan komponen-komponen yg ingin digunakan, seperti :
    Label (menjadi kabar)
    Edit (kolom pengisian)
    Button (sebagai tombol)
    DBGrid (untuk menampilkan/memunculkan database microsoft access)
    DataSource (buat mengkoneksikan dan menampilkan database ke dbgrid)
    AdoConnection (menghubungkan antara Delphi dengan Microsoft Access)
    Ado Query (menghubungkan data table dari database ke ADOConnection)
    Combobox (untuk menciptakan daftar pilihan)
  5. Buatlah beberapa komponen Button sebagai tombol buat menyimpan, mengedit, menghapus, keluar, ataupun cetak.
  6. Atur Object Inspector dalam komponen yg dipakai sesuai impian, misalnya : menghapus text edit, mengubah caption, dan lain-lain.
  7. Hubungkan Delphi7 dengan Ms.access. Jika belum tahu caranya, silahkan buka artikel : Cara Menghubungkan Delphi menggunakan Microsoft Access.
  8. Setelah Ms. Access sudah terhubung menggunakan aplikasi Delphi7. Selanjutnya masukkan kode berikut buat tombol "Simpan" :beginAdoquery1.open;Adoquery1.append;Adoquery1.fieldByName('...').asstring:=Combobox2.text;Adoquery1.fieldByName('...').asstring:=Edit1.text;Adoquery1.fieldByName('...').asdateTime:=DateTimePicker1.dateTime;Adoquery1.fieldByName('...').asstring:=Cjvbarcode1.texto;Adoquery1.fieldByName(...').asstring:=RadioGroup1.items[radiogroup1.itemindex];Adoquery1.post;showmessage('Data Anda Telah Berhasil Diinput');end;
  9. Adapun buat tombol "Edit" database, berikut adalah kodenya :
    beginAdoquery1.open;Adoquery1.edit;Adoquery1.fieldByName('...').asstring:=Combobox2.text;Adoquery1.fieldByName('...').asstring:=Edit1.text;Adoquery1.fieldByName('...').asdateTime:=DateTimePicker1.dateTime;Adoquery1.fieldByName('...').asstring:=Cjvbarcode1.texto;Adoquery1.fieldByName('...').asstring:=RadioGroup1.items[radiogroup1.itemindex];Adoquery1.post;showmessage('Data Anda Telah Berhasil Diedit');end;
  10. Untuk membuat menghapus database yg sudah diinput, buatlah tombol "Delete" serta tambahkan kode berikut:
    beginadoquery1.delete;end;
  11. Buatlah tombol "Print" buat mencetak database yang telah dibuat dengan menggunakan Quickreport. Berikut merupakan kode buat menampilkan quickreport :
    beginquickreport1.preview;end;
  12. Jika ingin menampilkan lebih berdasarkan 1 form, tambahkan kode berikut :
    beginform1.hide;form2.show;end;
  13. Apabila sobat ingin menggunakan sebuah komponen barcode, sobat dapat mendownload komponen CJVBarcode dalam keliru satu link ini : [Via Mediafire] [Via GoogleDrive] [Via Tusfiles]
  14. Terakhir, bila sobat ingin membuat tombol "Keluar", masukkan kode berikut :
    beginapplication.terminate;end;ataubeginclose;end;
Untuk lebih jelasnya dalam membuat aplikasi database Delphi memakai Microsoft Access, silahkan simak video berikut :


Video Tutorial Delphi 1


Video Tutorial Delphi 2


Sekian berdasarkan artikel yang aku buat tentang tutorial menciptakan database dengan program delphi, semoga bisa bermanfaat bagi sobat terlebih lagi pada mahasiswa(i) yg sedang mengerjakan tugas program Delphi.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION