Cara Install Remix OS DualBoot Windows di Harddisk atau SSD

Judul cara lain dari artikel ini adalah cara pasang Remix OS di harddisk atau SSD tanpa flashdisk. Iya, jika sebelumnya sistem operasi Android rasa Windows tersebut 'hanya' bisa dipasang pada flashdisk USB serta dijalankan secara live (versi alpha), kini pihak Jide secara resmi telah menyediakan dukungan fitur dual-boot Remix OS dengan Windows (versi beta).

Apa itu dual-boot? Dual-boot bisa diartikan sebagai fitur yg memungkinkan pengguna buat memasang dan memakai 2 (atau lebih - multi-boot) sistem operasi yang tidak sinkron dalam satu perangkat. Dalam konteks ini, kita mampu menggunakan Windows serta Remix OS secara beriringan (bukan bersamaan) dalam satu PC atau laptop (mampu milih keliru satu OS setiap kali booting).
Berselang sekitar satu bulan selesainya versi alpha dirilis (32-bit), Remix OS for PC kini telah berganti status menjadi beta. Beberapa fitur baru serta jua pemugaran bug telah disematkan pada Remix OS versi 2.0.102 tadi. Seperti yang telah disebutkan di atas, dual-boot adalah keliru satu fitur baru dalam Remix OS beta yg sudah lama kita tunggu. Selengkapnya, simak daftar fitur dan ubahan Remix OS beta modern berikut.
  1. Opsi buat pemasangan pada harddisk.
  2. Dukungan update OTA (over the air).
  3. Dukungan buat prosesor 32-bit.
  4. Kompabilitas yang lebih baik buat prosesor Intel varian baru (update Linux kernel 4.4).
  5. Tool pemasangan baru yang mendukung harddisk serta flashdisk USB.
  6. Waktu booting dari flashdisk yang lebih cepat.
  7. Ruang simpan yang lebih lapang (8GB buat harddisk dan 64GB untuk flashdisk USB).
  8. Perbaikan bug yang muncul pada display baterai.
  9. Mendukung penayangan resolusi 1080p buat aplikasi YouTube dan Netflix.
  10. Aplikasi Terminal buat developer telah tersedia (pre-installed).
  11. Dukungan Image file baik buat EFI serta Legacy mode.

Bagaimana cara install Remix OS dual-boot menggunakan Windows di harddisk atau SSD (tanpa flashdisk USB)? Praktis sekali sob, lebih gampang dari cara pasang Remix OS versi alpha yg sudah dibahas sebelumnya. Penasaran? Ikuti langkah-langkah pasang Remix OS beta di harddisk di bawah ini.

Spesifikasi Minimal PC buat Remix OS


Sebelum melangkah lebih jauh, siapkan dahulu alat serta bahan berikut ini (termasuk system requirement).
  1. PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 7 atau yang lebih baru (Windows 8 atau Windows 10).
  2. Partisi harddisk atau SSD kosong minimal 8GB menggunakan format NTFS.
  3. Remix OS Installation Tool dan Remix OS for PC.iso (32-bit atau 64-bit, pilih sinkron spesifikasi PC atau laptop Anda). 

Cara Install Remix OS Dual-Boot Windows


Untuk tutorial ini aku mencoba memasang Remix OS 32-bit Legacy BIOS dual-boot menggunakan Windows 8.1 pada laptop antik aku (versi 64-bit cara pasangnya sama saja).
  1. Ekstrak berkas 'Remix OS for PC' output unduh dari situs Jide.
  2. Jalankan 'Remix OS Installation Tool'. Pilih arsip ISO menurut Remix OS melalui tombol 'Browse', pilih 'Hard Disk' pada bagian 'Tipe', serta pilih partisi pada bagian 'Drive', lalu klik tombol 'OK'.

  3. Tunggu hingga Installation Tool terselesaikan menyalin semua file yg diharapkan serta memasang bootloader di harddisk.

  4. Setelah selesai, klik 'Reboot Sekarang' untuk eksklusif reboot atau 'Keluar' apabila Anda ingin reboot secara manual.

  5. Saat reboot, Anda akan menemui layar pilihan sistem operasi (Windows Boot Manager). Pilih 'Remix OS' buat mulai menggunakannya.

  6. Pertama kali masuk Remix OS, partisi baru akan dibuat di harddisk. Tunggu prosesnya hingga selesai (5-30 mnt, tergantung kecepatan hardware Anda).
  7. Bila penantian sudah usai, akan timbul logo Android x86, disusul logo Remix OS yang bercahaya, kemudian muncul pilihan bahasa, 'User Agreement', serta seterusnya.

  8. Nah, selamat, sekarang Anda mampu memakai Android di PC desktop atau laptop tanpa emulator dan tanpa flashdisk.

Lalu bagaimana cara install pelaksanaan Android di Remix OS for PC? Caranya sama menggunakan pasang aplikasi Android di ponsel atau tablet sob, sanggup diunduh berdasarkan Play Store atau situs penyedia arsip APK lainnya. Sayangnya, buat waktu ini Remix OS versi beta belum dilengkapi menggunakan pelaksanaan Google Play Store (dan GApps lainnya). Meski demikian, Anda sanggup memasangnya secara manual dengan cara yang sudah pada bahas dalam artikel berikut ini.

Puas bermain-main menggunakan Remix OS serta ingin kembali ke Windows? Buka start menu lalu klik tombol power buat reboot (pilih 'Restart'). Jangan lupa pilih Windows dalam layar pilihan sistem operasi.

Cara Update Remix OS for PC (OTA)


Tak ubahnya sistem operasi Android pada umumnya, kini Remix OS juga bisa diupdate secara OTA (over the air) sob.

Caranya juga tidak jauh beda menggunakan update Android di ponsel atau tablet. Cukup tuju 'Settings > Update'.

Cara Uninstall Remix OS for PC


Jika Anda mengalami masalah menggunakan Remix OS serta berniat buat menghapusnya, silakan tuju partisi di mana Remix OS terpasang, buka folder RemixOS lalu jalankan 'UninstallRemixOS.exe'. Setelah itu hapus beberapa file yang masih tertinggal pada dalam folder tadi. Beres dah.

Ok, demikianlah artikel mengenai tutorial pasang Remix OS pada harddisk (SSD) dual-boot dengan Windows. Bagaimana dengan sistem operasi lain. Mac misalnya? Berdasarkan berita yg tersebar, Remix OS beta buat Mac OS masih dikembangkan sob, jadi tunggu saja lepas rilisnya nanti. Nikmati apa yg terdapat dulu sob, selamat mencoba serta semoga bermanfaat 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION