Pengertian Skematik dan Prinsip Kerja Robot Line Follower Analog LFA



Pengertian Robot Line Follower Analog


Robot Line Follower Analogmerupakan robot yg dapat berkecimpung menggunakan mengikuti jalur berupa garis hitamatau garis pandu yg ada pada bagian atas. Robot Line Follower Analog jugamerupakan jenis robot yg termasuk kedalam kategori robotmobile yg di buat buat bekerja secara otomatis danmemiliki kemampuan yang bisa mendeteksi serta berkecimpung mengikuti (follows) garispandu.


Robot Line Follower Analogini dibentuk dengan memakai beberapa macam komponen elektro, sepertiresistor, transistor, dioda, motor DC dan IC. Dan juga memakai bahan-bahanmekanik seperti akrilik, PCB, spacer, dan sebagainya.


Pada Robot Line Followerterdapat tiga bagian, yaitu sensor, komparator serta driver. Sistem kendali yangdigunakan dirancang buat bisa mendeteksi atau mencicipi jalur garis yg adadan melakukan manuver gerakan supaya permanen mampu mengikuti garis tadi.

Contoh Gambar Robot Line Follower Analog


Bahan Yang Dibutuhkan Robot Line Follower Analog 


Resistor 100Ohm, 1K Ohm, 330 Ohm dan 330K Ohm

Trimpot 203 (20K Ohm)
Transistor BC547
Dioda 1N4148
LED (Light Emiting Dioda)
Photodioda
IC LM358
Motor DC
Relay DPDT
Switch DPDT
PCB
Kabel Penghubung/pelangi
Roda mobil-mobilan serta Roll
Akrilik atau Papan Ujian plastik (menjadi body robot)


Prinsip Kerja Robot Line Follower Analog


Prinsip Kerja Sensor


Sensor yang dipakai terdiri dari photo dioda. Sensor ini memiliki nilai resistansi yg akan berkurang jika terkena cahaya serta bekerja dalam kondisi riversebias (bias pulang).apabila photo dioda terkena cahaya, maka nilai resistansinya akan besaratau bisa diasumsikan menjadi tidak sampai. Sehingga arus yg mengalir padakomparator sangat mini atau bisa diasumsikan berlogika 0.apabila photodioda nir terkenacahaya, maka photo dioda akan bersifat menjadi sumber tegangan dan nilairesistansinya akan sebagai kecil, sehingga akan terdapat arus yang mengalir kekomparator atau berlogika 1.

Contoh SkematikSensor Line Follower Analog

Prinsip Kerja Komparator


Komparator sesuai namanya berfungsi buat membandingkan teganganinput menggunakan tegangan referensi. Apabila tegangan input lebih besar daritegangan referensi maka tegangan outputnya akan sama menggunakan tegangan maks powersupply (high/1). Sebaliknya,  apabilategangan input lebih kecil menurut tegangan surat keterangan maka tegangan outputnya akansama menggunakan tegangan min power supply (low/0).

IC komporator yg digunakan merupakan LM358, LM358 merupakan IC OperationalAmplifier atau disingkat OP-AMP menggunakan 2 input (inverting dan not-inverting). IC ini berfungsisebagai komparator atau pembanding. Jadi, tegangan antara photodioda serta teganganreferensi (dalam hal ini menggunakan potensiometer). Jika tegangan referensidihubungkan ke inverting dan lebih akbar nilai tegangannya, maka hasiloutputnya mendekati VCC, begitu juga kebalikannya. Apabila dihubungkan kenot-inverting serta lebih akbar tegangannya maka outputnya akan mendekati nol.

Contoh Skematik Komparator Line Follower Analog

Prinsip Kerja Driver Motor


Driver merupakan rangkaian yg tersusun menurut transistor yg digunakanuntuk menggerakkan motor DC. Dimana komponen utamanya adalah transistor ataupun relay yangdipasang sinkron karakteristiknya.

Pada saat input A berlogika 1, maka terdapat arus yg mengalir padarangkaian, akibatnya transistor 1 dan tiga ON karena basis terbias, sebagai akibatnya motorberputar. Pada ketika input B berlogika 1, maka ada arus yang mengalir padarangkaian, akibatnya transistor 2 dan 4 ON lantaran basis terbias, sebagai akibatnya motorberputar tapi menggunakan arah yang antagonis. Pada ketika membuat rangkaiantersebut, bila input A berlogika 1 maka input B harus berlogika 0 dan jugasebaliknya. Hal ini agar rangkaian tersebut dapat bekerja menggunakan baik serta jugaagar transistor nir mudah rusak. Jadi hanya terdapat 1 input yg berlogika 1sedangkan yang lain berlogika 0.


Contoh Skematik Driver Motor Line Follower Analog

Demikian artikel aku mengenai pengertian serta prinsip kerja Robot Line Follower Analog (LFA) serta semoga artikel ini dapat berguna bagi sobat sekalian.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION