Cara Video Call di WhatsApp untuk Android UPDATED

Maret tahun 2018 kemudian, WhatsApp merilis fitur panggilan bunyi atau voice call. Melalui fitur tersebut kita mampu menelepon teman WA kita tanpa mengurangi pulsa primer (kuota internet mungkin berkurang). Melangkah lebih jauh lagi, aplikasi perpesanan instan milik Facebook tadi kini sedang melakukan uji coba fitur panggilan video atau video call.

Iya, rupanya WhatsApp tidak mau ketinggalan menggunakan pelaksanaan sejenis yang telah lebih dulu menyematkan fitur video call (sebut saja BBM, FB Messenger, Line, dkk). Pertanyaannya, kapan kita bisa memakai WhatsApp buat melakukan panggilan video? Bagaimana cara mengaktifkan fitur video call WhatsApp di ponsel Android?
Untuk ketika ini, belum terdapat kabar resmi yang sanggup memberikan jawaban pasti sob. Meski begitu, pelaksanaan WhatsApp Android beta (versi dua.16.80) ternyata telah menyediakan opsi video call. Inilah penampakannya.

Cara video call di WhatsApp Android berdasarkan screenshot pada atas adalah menggunakan menekan ikon gagang telepon pada page chat kemudian pilih opsi 'Video Call'. Sayangnya, misalnya yang tampak di screenshot kanan, ketika ini fitur video call WhatsApp belum tersedia (setidaknya untuk versi yang saya coba). Jika Anda tertarik buat mencoba WhatsApp Android versi beta menggunakan fitur panggilan video, silakan mendaftar sebagai beta tester di Play Store atau unduh APK-nya via APKMirror, siapa tahu telah bisa video call sob.
OK, misalnya yg sudah aku ketik di paragraf pertama, fitur WhatsApp Video Call kini ini masih diuji coba, jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya sob. Artikel ini akan aku update bila ada fakta terkini seputar video call pada pelaksanaan WA Android. Pantau terus Craft JT ya sob 😉
UPDATE 25/10/2016: Fitur video call atau panggilan video WhatsApp Android kini telah dirilis sob (mulai versi dua.16.318 beta). 

Iya, kini kita sudah bisa melakukan video call di WhatsApp buat Android. Caranya sanggup disimak dalam bahasan singkat berikut.

Cara Melakukan Panggilan Video di WhatsApp


  1. Update aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru, sanggup lewat Play Store, APK Mirror, atau situs WhatsApp, minimal versi dua.16.318.
  2. Cuci muka serta sisir rambut apabila perlu, izin kelihatan rapi ketika bervideo call nanti 😀
  3. Buka halaman chat salah satu kontak WA Anda, ketuk ikon telepon, kemudian pilih 'Panggilan video' atau 'Video call' dalam pop up yang timbul. Pastikan beliau yg pada sana juga sudah memakai WA modern. UPDATE 14/04/2017: Khusus buat versi terkini 2018, cara video call WA sanggup dibaca pada langkah selanjutnya (langkah ke-4).

  4. Pada aplikasi WhatsApp versi terbaru, tombol video dan voice call dibuat terpisah. Oleh karenanya, cukup tekan ikon video call (ikon kamera video) buat melakukan panggilan video di WhatsApp. Cek screenshot pada bawah ini biar lebih jelas.

  5. Tunggu panggilan kita diangkat oleh dia yang pada seberang sana. Sembari menanti, kita bisa berkaca melalui kamera depan (sanggup jua diganti ke kamera belakang dengan mengetuk ikon kamera).
  6. Selanjutnya Anda memahami apa yg harus dilakukan.

Cara Mengatasi Menu Video Call WhatsApp Tidak Muncul


Masalahnya, fitur video call WhatsApp nir dan merta ada di setiap perangkat Android, harus antre dulu tampaknya (mirip fitur voice call). Jika telah tak sabar, coba hapus data pelaksanaan WA Anda (sebelumnya backup dulu chat krusial Anda), kemudian masuk pulang menggunakan nomor yg sama. Bila beruntung, menu video call akan langsung muncul selesainya Anda menekan ikon telepon.
Jika sesudah melakukan cara di atas pilihan menu panggilan video permanen tidak muncul, setidaknya terdapat dua kemungkinan. Pertama, Anda belum kebagian fitur video call versi beta, harus nunggu versi reguler (bukan beta), atau kedua, Android Anda belum support video call WA. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Tenang sob, setelah uji coba di versi beta rampung, kemungkinan fitur panggilan video WhatsApp akan tersedia pada versi stable atau regulernya pada beberapa minggu mendatang. Jadi yg waktu ini belum mampu video call via WA, harap buat bersabar sementara waktu. Selamat mencoba 😉
UPDATE 14/11/2016: Fitur panggilan video WhatsApp sekarang sudah tersedia di versi reguler yg sanggup diunduh menurut Play Store (minimal Android 4.1 Jelly Bean).

Artikel ini pertama kali diterbitkan dalam 15/05/2016 serta terakhir diperbarui pada 14/04/2017.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION