Cara Membuat Form Login Pada Delphi7



Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.... ^_^, Wahh sudah beberapa bulan belakngan ini aku belum sempat memposting artikel baru di blog ini, maklum lagi sibuk dengan tugas kuliah sehingga blog ini aku vakum kan buat sementara ketika. Nah, mumpung hari ini tugas delphi aku telah selesai maka saya pun akan mencoba buat menshare ilmu yg telah saya dapatkan pada sobat sekalian.
Pembahasan delphi7 yg ini saya share disini merupakan tentang bagaimana cara sederhana dalam membuat Form Login. Biasanya form login ini terdapat buat bisa mengakses Sistem Informasi (SISFO) yang telah dibentuk dalam delphi7. Untuk membuat login delphi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan memakai microsoft access/database access serta tanpa menggunakan database access.

Perbedaan antara keduanya dari aku merupakan, apabila memakai database access maka terlebih dahulu wajib mengkoneksikan delphi7 ke microsoft access dengan memakai komponen ADOConnection. Penambahan user serta pass dapat dilakukan dengan memakai database yang dikoneksikan ke delphi7. Selain itu, bisa lebih mudah mengatur hak akses pengguna, sebagai akibatnya beberapa fasilitas atau tombol dalam delphi bisa dibatasi serta hanya admin yang dapat membuka seluruh fasilitas dalam delphi7 tersebut. Sedangkan bila tanpa database access maka menggunakan kode syntax / perumpamaan yang sederhana dan User serta Pass dapat ditambah menggunakan kode syntax "or". Berikut cara sederhana Membuat Form Login Pada Delphi7.

Cara membuat form login tanpa database access :


  1. Pilih tab component Standard 
  2. Buat 2 buah text label menggunakan meletakkan komponen label dalam form login, lalu ubah caption-nya pada Object Inspector sebagai Username serta Password.

  3. Pilih Edit dalam tab standard lalu letakkan 2 buah komponen Edit sebagai loka pengisian Username dan Password pada form.

  4. Hapus goresan pena Edit1 serta Edit2 pada komponen Edit menggunakan cara menghapus Properties Text dalam Object Inspector.
  5. Buatlah 2 komponen Button (Standard) atau BitBtn (Additional) menjadi tombol login dan keluar kemudian letakkan pada form

  6. Pada Object Inspector, ganti Caption berdasarkan Button tadi sebagai "login".
  7. Sobat juga dapat mengganti jenis font dan warna font dalam Object Inspector.
  8. Klik 2x komponen tombol yg telah pada buat lalu masukkan kode syntax berikut :a:=(edit1.text);y:=(edit2.text);if (a='admin') and (y='admin') or (a='craft jt') and (y='12345')thenbeginLogin.hide;MenuUtama.show;showmessage ('Anda Telah Berhasil Untuk Login')endelse if Edit1.text = ' ' then showmessage('User masih kosong')else if Edit2.text = ' ' then Showmessage('Password masih kosong')elseshowmessage ('Username atau Password anda salah ')end;
  9. Silahkan melakukan uji coba menggunakan mengklik tombol Run (F9) pada delphi7.
  10. Selesai.
Keterangan :
  • (a='username') and (y='password')(username dan password bisa dibuat sesuai impian)
  • Login.hide;(Login dapat diubah sinkron nama form login)
  • MenuUtama.show;(MenuUtama dapat diubah sinkron nama form yang akan ditampilkan)
  • Showmessage('....') (pesan bisa diubah sinkron kalimat yg akan ditampilkan)

Cara membuat form login menggunakan menggunakan database access :

  1. Buatlah terlebih dahulu table pada microsoft access lalu beri nama "Login"
  2. Pada Microsoft Access klik kanan pada table yang telah dibentuk lalu pilih design view
  3. Buatlah field name berupa "Username", "Password" dan "Level" menggunakan data type "Short Text"
  4. Setelah terselesaikan, klik 2x tabel login kemudian klik "Yes" untuk menyimpan database.
  5. Buka form login pada Delphi7 
  6. Buatlah komponen-komponen login misalnya cara sebelumnya
  7. Pilih tab component ADO lalu tambahkan komponen AdoConnection dan AdoQuery pada form login

  8. Koneksikan Delphi7 menggunakan database access. Jika sobat belum memahami caranya, silahkan bacaCara Menghubungkan Delphi dengan Microsoft Access
  9. Klik 2x tombol untuk login lalu tambahkan kode berikut :procedure Tlogin.bitbtn1Click(Sender: TObject);beginif Edit1.text = '' then showmessage('User masih kosong') else if Edit2.text = '' then Showmessage('Password masih kosong') Else begin With AdoQuery1 do begin Close; SQL.clear; SQL.add('select * from Login where username=:user and password=:pass'); parameters.paramByName('user').value:=Edit1.text; Parameters.paramByName('pass').value:=Edit2.text; Open; end; if not ADOQuery1.isempty then begin if lowercase( ADOQuery1.fieldByName ('level').value )='admin' then begin showmessage('ANDA BERHASIL LOGIN SEBAGAI ADMIN'); karyawan.bitbtn1.enabled:=true; form_menu.show; form_login.hide; end else begin form1.bitbtn2.enabled:=false; form2.bitbtn6.enabled:=false; form3.bitbtn4.enabled:=false; showmessage('Anda Telah Berhasil Login'); form_menu.show; form_login.hide; end end else MessageBox(handle,'Password atau username yang anda masukkan salah !','Error',MB_ICOnerror); end; end;
  10. Setelah itu lakukan uji coba tombol dengan menekan tombol Run (F9) dalam delphi7
  11. Selesai.
Keterangan :
  • Showmessage('....') (pesan bisa diubah sinkron kalimat yg akan ditampilkan)
  • form1.bitbtn2.enabled:=false;atau karyawan.bitbtn1.enabled:=true; (karyawan atau form1 bisa diubah sesuai nama form yang dipilih serta BitBtn1 atau BitBtn2 dapat diubah sesuai tombol yang ingin diaktifkan/true serta nir ingin diaktifkan/false)
  • form_menu.show;(form_menu dapat diubah sesuai nama form yang ingin ditampilkan)
  • form_login.hide; (form_login bisa diubah sinkron nama form login sobat)

Cara Membuat Tombol Exit atau Keluar :

Setelah sobat telah menciptakan tombol login, kini kita akan menciptakan tombol buat Exit atau keluar berdasarkan aplikasi.
  1. Ubah nama button berdasarkan sisa komponen button tersebut menjadi "keluar".
  2. Klik 2x tombol keluar tadi lalu masukkan kode syntax berikut :application.terminate;atauclose;
Seletah itu lakukan uji coba dengan mengklik tombol Run (F9) pada delphi7.selesai.
Video Cara Membuat Form Login Program Delphi

Jika belum mempunyai aplikasi Borland Dalphi7, silahkan disini


Demikianlah cara membuat form login sederhana pada delphi7, semoga artikel ini dapat berguna bagi sobat sekalian dan terlebih bagi mahasiswa(i) yang sedang mengerjakan tugas dasar pemrograman.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION