Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Android Tanpa Root NetGuard

Seperti yg kita tahu, sejak versi 6.0 (Marshmallow), sistem operasi Android sudah dilengkapi dengan pengaturan izin pelaksanaan (app permission) yg memungkinkan kita buat memblokir biar eksklusif yang diminta/dimiliki sang suatu pelaksanaan (izin akses ke kamera atau mikrofon misalnya).

Terdengar menjanjikan ya, tetapi sayangnya nir semua izin pelaksanaan Android bisa kita matikan atau blokir. Salah satu izin pelaksanaan yang tak sanggup dimatikan adalah biar akses jaringan penuh (full network access), yang memungkinkan suatu pelaksanaan buat mengakses internet.
Untuk pelaksanaan yang memang butuh akses internet (aplikasi perpesanan instan macam WhatsApp serta BBM contohnya), adanya biar akses jaringan penuh mampu dikatakan masuk akal, bahkan bersifat harus (karena tanpa internet pesan tak mampu dikirim dan diterima). Lain halnya menggunakan aplikasi senter, kalkulator, stopwatch, kamus offline, serta pelaksanaan yang berlabel offline lainnya, untuk apa pelaksanaan-aplikasi tersebut minta izin buat mengakses internet?
Iklan, iya, lebih banyak didominasi pelaksanaan Android menggunakan izin akses jaringan penuh buat menampilkan iklan. Tak terdapat yang galat menggunakan adanya iklan, karena para pengembang aplikasi berhak untuk mendapatkan penghasilan berdasarkan pelaksanaan yg mereka bagikan secara gratis kepada kita, para pengguna Android.
Meski begitu, ada saja beberapa aplikasi Android yg sengaja menampilkan iklan secara berlebihan atau menempatkannya pada posisi yg galat, sehingga mengganggu fungsi berdasarkan pelaksanaan itu sendiri. Nah, pada konteks tersebut, kita sebagai pengguna punya hak buat memblokir akses internet pelaksanaan tersebut (supaya iklannya nir tampil), atau beralih ke lain pelaksanaan yg lebih 'sopan' dalam menampilkan iklan.
Bagi pengguna Android yang sudah memiliki akses root, memblokir atau mencegah suatu aplikasi Android mengakses internet adalah hal yang mudah dilakukan. Cukup pasang pelaksanaan firewall yg banyak beredar pada Play Store, kemudian tinggal pilih aplikasi Android mana saja yg boleh mengakses internet dan yg tidak. Beres dah.
Lalu bagaimana dengan Android yg belum pada-root? Mudah juga sob ternyata, buat Anda pengguna Android lima.0 ke atas yang belum punya akses root, silakan pasang pelaksanaan NetGuard (untuk Android 4.4 ke bawah, silakan baca artikel tentang NoRoot Firewall).
Kan banyak pelaksanaan firewall tanpa root di Play Store? Ini beda sob, NetGuard adalah aplikasi yg bermanfaat buat memblokir akses internet aplikasi Android (baik melalui jaringan seluler maupun WiFi) yg gratis, minimalis, ringan, serta hemat baterai. Selain itu, NetGuard telah mendukung IPv4 serta IPv6, dan TCP serta UDP, sehingga sanggup memblokir koneksi internet mulai berdasarkan 2G, 3G, HSDPA, hingga 4G LTE.

Cara memblokir akses internet aplikasi Android menggunakan NetGuard pula tidak susah sob. Ikuti saja intruksi yang ada, aktifkan NetGuard, kemudian ketuk ikon WiFi untuk mencegah aplikasi mengakses internet via WiFi dan/atau ketuk ikon frekuwensi buat memblokir akses internet aplikasi via seluler. Kedua ikon tersebut akan berubah rona selesainya diketuk; warna oranye berarti akses internet diblokir, rona hijau berarti akses internet diizinkan.
Nah, selain bebas menurut iklan yang hiperbola, menggunakan memblokir akses internet pada pelaksanaan Android, kuota data internet kita akan lebih irit sob, privasi juga lebih terjaga (tidak perlu risi lagi pada pencurian data eksklusif melalui internet sang pelaksanaan yg mungkin Anda curigai). Selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION