4 Aplikasi Android untuk Mengetahui Judul Lagu yang Sedang Diputar

Apa yg Anda lakukan ketika mendengar alunan suara musik berdasarkan sebuah lagu asyik yang ternyata belum Anda ketahui judulnya? Tanya teman di sebelah Anda, mungkin beliau memahami judul lagu yg sedang mengalun mengiringi iklan produk pada TV itu, tidak memahami pula? Tanya operator musiknya, barangkali Anda sedang berada di sentra perbelanjaan yg ramai serta kebetulan mendengar lagu keren pilihan oleh operator. Bisa juga tanya penyiarnya, jikalau Anda sedang mendengarkan radio (padahal lagi ga punya pulsa buat nelpon radio, adanya paketan internet 😢).

Sekarang kan zamannya internet? Tinggal cari pada Google pakai penggalan lirik lagu itu menjadi istilah kuncinya. Bagaimana bila fragmental alias tanpa lirik? Bagaimana pula bila lirik yg Anda tangkap dari lagu itu hanya amburegul emeseyu bahrelway bahrelway? 😆 (tapi mampu pula lirik legendaris itu dijadiin istilah kunci sob 😂).
Banyak cara yang sanggup kita tempuh buat mengetahui judul berdasarkan sebuah lagu atau musik. Di antaranya telah saya sebut pada awal artikel tadi. Ok, saya akui bahwa cara-cara mengetahui judul lagu di atas terkesan kurang mudah. Meski begitu, rasa bertanya-tanya niscaya pernah memaksa Anda melakukan salah satu cara pada atas hanya lantaran lagunya yang memang lezat bener didengar serta diresapi (halah).
Nah, agar cepet serta ga pakai ribet, kali ini Craft JT akan mengulas cara gampang mengetahui judul lagu yg sedang diputar dengan pelaksanaan Android. Memang terdapat ya pelaksanaan Android yang mampu mengidentifikasi lagu? Banyak sob, lebih dari satu pokoknya. Tidak hanya judulnya, menggunakan aplikasi-pelaksanaan Android ini, kita jua mampu mengetahui nama artis bersama albumnya, sekalian video klipnya. Penasaran? Simak ulasan singkat mengenai 4 pelaksanaan Android buat mengetahui judul lagu yg sedang diputar ini dia.

TrackID


Namanya nir asing kan? Bila Anda pengguna ponsel Sony Ericsson, yang kini berubah sebagai Sony (dari zaman Java sampai Android, khususnya seri Walkman), kemungkinan besar Anda memahami mengenai pelaksanaan TrackID, atau malah sering menggunakannya. Iya, TrackID merupakan pelaksanaan Android yang berguna buat mengenali informasi menurut sebuah lagu/musik yang sedang mengalun di sekitar kita.

Cara mengidentifikasi lagu menggunakan TrackID pun cukup mudah, kala Anda mendengar suara musik dari radio atau TV misalnya, tinggal buka aplikasi TrackID, dekatkan ponsel Anda ke sumber suara/speaker, lalu pencet tombol warna ungu. Otomatis TrackID akan merekam penggalan dari lagu tersebut lalu mengidentifikasinya secepat mungkin. Sesaat kemudian ponsel Anda akan bergetar serta munculah judul lagu, artis, album, tahun rilis, label rekaman, serta genre-nya (lengkap bener, padahal judul serta artisnya saja sudah cukup buat saya 😁).
Asyiknya, kita mampu menggunakan TrackID secara offline sob. Mekanismenya praktis, waktu kuota internet habis misalnya, TrackID akan merekam lagu yg akan dikenali kemudian menyimpannya buat kemudian diidentifikasi saat kita sanggup online nanti.

Shazam


Selain TrackID, kita pula mampu memakai aplikasi Shazam untuk mengetahui judul lagu, artis, album, dsb. Tidak hanya lagu, pihak Shazam mengklaim bahwa aplikasinya berfungsi pula untuk mengenali informasi tentang sebuah iklan serta acara TV.

Cara penggunaannya hampir sama menggunakan TrackID sob, cuma beda warna tombolnya (TrackID: ungu, Shazam: biru). Bedanya lagi, Shazam sanggup memutar lagu yang sudah kita identifikasi via pelaksanaan Rdio Music, jadi tidak perlu repot nyari mp3-nya sob 😛
Belum usang ini, Shazam memperkenalkan fitur barunya, yaitu integrasi pribadi dengan perintah suara berdasarkan Google Now. Cukup ucapkan OK Google, Shazam this song maka otomatis pelaksanaan Shazam akan mengidentifikasi lagu yang sedang diputar. Sayangnya waktu aku coba, bukannya aplikasi Shazam yg jalan, melainkan output pencarian Google tentang pelaksanaan Shazam yg ada (mungkin ketika ini Indonesia belum kebagian fitur tersebut sob).
Coba pula Shazam Lite, versi ringan menurut pelaksanaan Shazam buat Android 😉

SoundHound


Sama menggunakan kedua pelaksanaan sebelumnya, SoundHound merupakan aplikasi identifikasi musik/lagu buat Android. Uniknya, apabila kedua pelaksanaan pada atas hanya bisa mengenali lagu rekaman, SoundHound mempunyai fitur unik yang sanggup digunakan buat mengenali lagu yg kita nyanyikan atau senandungkan.

Iya, semisal kita jangan lupa nada atau beberapa bait lirik lagu, tetapi lupa judulnya, buka aplikasi SoundHound, pencet tombol oranye, kemudian bernyanyilah sob, atau bersenandung saja jika lupa liriknya. Lewat fitur yg disebut unique sing and hum search technology, SoundHound akan mencoba menebak judul lagu yg telah Anda nyanyikan atau senandungkan. Hasilnya memang nir selalu sempurna sob, tergantung kemiripan nada yg Anda nyanyikan jua sih 😄

Musixmatch


Di samping fungsi utamanya sebagai pemutar musik serta penampil lirik lagu, aplikasi Musixmatch ternyata punya fitur identifikasi lagu pula sob, yg diklaim MusicID. Sekilas tentang fitur tadi pernah diulas dalam artikel Aplikasi Music Player Android buat Menampilkan Lirik Lagu.

Nah, selain menampilkan info tentang judul serta penyanyi/band dari sebuah lagu, Musixmatch dengan fitur MusicID nya memberikan kita bonus sob, bonus lirik lagu. Menariknya, posisi lirik lagu yang ditampilkan Musixmatch sinkron dengan lirik yg sedang dilantunkan penyanyinya. Simak video berikut (kerasin volumenya biar kedengeran 😀).

Pada video pada atas, saya memutar lagu berjudul Cantik dari Kahitna melalui AIMP pada PC. Di tablet Android, aku membuka aplikasi Musixmatch > Menu > MusicID lalu menyentuh tombol identifikasinya. Beberapa saat kemudian, munculah judul lagu (Cantik), nama artis (Kahitna), serta juga lirik lagunya pas dengan posisi yang sedang dinyanyikan, manteb tenan to? 😃
_____________________
Sebagai penutup, keempat aplikasi di atas rata-rata cukup mumpuni saat digunakan untuk menebak judul lagu beserta tambahan info lainnya. Walau begitu, berdasarkan percobaan yang saya lakukan, TrackID serta Musixmatch relatif lebih baik dalam mengenali lagu, terutama lagu-lagu Indonesia (mungkin karena keduanya menggunakan database yang sama, sama-sama dari Gracenote). Untuk lagu luar, keempatnya mampu dikatakan mempunyai kemampuan indentifikasi yg sepadan.
Bila Anda menginginkan fitur lebih, Musixmatch bisa sebagai pilihan lantaran kelengkapan fiturnya (music player, MusicID, lyric player, dsb). Untuk Anda yang getol menyanyi, SoundHound cocok untuk Anda lantaran fitur unique sing and hum search technology-nya. Terakhir, kalau Anda mendambakan kecepatan identifikasi lagu, pengen cepat mengetahui judul serta artisnya, TrackID serta Shazam siap untuk diandalkan. Selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION