10 Aplikasi Catatan/Teks Editor Android Terbaik

Ide bisa muncul kapan saja. Di sisi lain, kita sanggup lupa kapan saja. Iya, otak insan memang indah, mempunyai kemampuan buat menyimpan memori lebih baik berdasarkan komputer atau perangkat pandai buatan manuasia manapun. Meski demikian, otak kita pula memiliki kemampuan buat melupakan memori tadi.

Kita bersama otak kita memang terbiasa mengingat hal-hal penting, serta terbiasa pula melupakannya. Untuk menghindari itu, pada umumnya kita menuangkan ide atau hal penting lainnya pada bentuk tulisan pada atas kertas, yg tak jarang disebut menggunakan mencatat.
Mencatat biasa dilakukan menggunakan pena serta kertas, namun di era perangkat pandai ini, mencatat sanggup jua dilakukan memakai smartphone atau tablet Android.
Di Play Store, poly beredar aplikasi catatan buat Android, mulai yg sederhana hingga yg rumitnya ga ketulungan. Ada yg ringan, sekali tap sanggup eksklusif digunakan buat mencatat. Ada pula yg berat, baru mampu digunakan saat ide kita sudah menguap.
Nah, buat craft jt Anda, kali ini Craft JT akan mengulas 10 aplikasi catatan Android terbaik. Terbaik misalnya apa? Di artikel ini, saya memilih 10 aplikasi catatan Android dengan 4 kriteria khusus, yaitu ringan, cepat, simpel, dan gratis. Penasaran? Lanjut bacanya sob.

ColorNote Notepad Notes


Aplikasi pertama dalam daftar ini merupakan ColorNote. Bisa dibilang ColorNote merupakan aplikasi catatan Android pertama yg aku kenal, serta sampai sekarang masih aku pakai.
Secara tampilan, ColorNote hadir  dengan teks editor yang menyerupai kertas bergaris, berwarna-warni serta presisi. Kenapa presisi? Teksnya tepat pada atas garis sob (kadang terdapat aplikasi homogen yg posisi teksnya tidak pas dengan garisnya).
Selain catatan biasa, kita juga bisa membuat ceklis di ColorNote (bermanfaat buat menciptakan todolist, daftar belanja, dsb.). Untuk kemudahan akses, kita sanggup meletakkan catatan atau ceklis tersebut pada bar notifikasi (menjadi pengingat atau reminder) atau pada homescreen (menjadi widget).

Buat Anda yang senang nulis diary, ColorNote menyediakan fitur kalender yg tiap petak tanggalnya mampu diisi menggunakan catatan harian, catatan perjalanan, atau rencana liburan Anda. Tak ingin dibaca orang lain? Anda mampu mengunci catatan Anda dengan memakai password (mampu diatur melalui Setting > Master password atau tekan tahan catatan yang akan dikunci lalu pilih Lock).
Agar catatan yg Anda tulis tidak terhapus begitu saja saat ganti hape (hilang, rusak, dsb,), ColorNote menyediakan fitur online sync, yang berguna buat mencadangkan catatan Anda secara online. Fitur tadi jua bermanfaat bagi Anda yg memiliki lebih dari satu perangkat Android, jadi apa yg Anda tulis pada satu ponsel akan ada jua di ponsel/tablet lainnya, sesuai instilahnya sob.
Download ColorNote

EasyWriter (Writer Plus)


Aplikasi catatan Android selanjutnya adalah EasyWriter. Seperti namanya, pelaksanaan yang pula disebut Writer Plus tersebut sangat cocok untuk Anda yg mengutamakan kecepatan pada menulis.
Iya, saking cepatnya, tidak terdapat lag yang aku temui selama mencoba Writer Plus. Sebagai kompensasinya, Writer Plus bisa dibilang minim fitur (tanpa fitur sync, lock, kalender, dsb.)
Walau minim fitur, Writer Plus punya kelebihan yg tidak dimiliki pelaksanaan note Android lainnya. Salah satunya adalah fitur variasi format teks memakai markdown, misalnya *italic*, **bold**, serta juga adonan ***keduanya***.

Selain itu, bila Anda ingin menciptakan daftar atau list yg dilengkapi dengan angka maupun simbol penanda, eksklusif saja tulis nomor diikuti pertanda titik dan lihat apa yang terjadi (coba pula menggunakan indikasi '-' atau '+').
Hanya itu saja fitur yg dipunyai Writer Plus? Masih terdapat beberapa lagi sob, silakan simak catatan dengan judul 'Welcome to Writer Plus' yang otomatis tersedia sehabis Anda memasang pelaksanaan tersebut.
Download EasyWriter

GNotes - Note everything


Tampilan yg ditawarkan GNotes tidak mengecewakan menarik, meski hanya terdiri menurut tiga warna utama saja (hijau serta putih/hitam). Cocok untuk Anda yg menginginkan aplikasi catatan dengan warna dasar polos putih atau hitam.
Berbeda menggunakan 2 pelaksanaan catatan Android sebelumnya, kita sanggup melampirkan foto dalam catatan yg dibuat pada GNotes. Tak hanya foto sob, GNotes pula menyediakan tool khusus buat menggambar atau menulis dengan jari (handwriting), dan tool untuk merekam bunyi, yg sanggup disertakan pada catatan teks yg sebelumnya telah ditulis menggunakan GNotes.

Uniknya, selain bisa digunakan buat mencari (semua) catatan (yang terdapat), fitur search pada GNotes jua bisa dipakai buat mencari istilah tertentu dalam sebuah catatan, seperti fitur Find in page pada Google Chrome.
Seperti halnya ColorNote, kita sanggup menyelaraskan catatan GNotes secara online dan mengunduhnya pulang jika diharapkan (setelah ganti ROM misalnya).
Download GNotes

Google Keep


Kemungkinan Anda telah kenal dengan Google Keep. Buat yg belum kenal, Google Keep adalah aplikasi note buatan Google. Tiada beda dengan pelaksanaan note Android lainnya, Google Keep sanggup dimanfaatkan buat menampung inspirasi-ilham Anda, baik berupa teks (catatan), gambar (foto), pengingat (reminder), serta daftar (list). Sederhananya, Anda mampu memakai Google Keep buat menulis catatan yang mudah diorganisir dengan rona juga label.
Antarmuka Google Keep relatif seperti dengan ColorNote, sama-sama rona-warni. Bedanya, editor teks Google Keep tidak bergaris layaknya ColorNote.

Masalah fitur, Google Keep memang gudangnya sob, hampir semua fitur aplikasi note Android yg dibahas di artikel ini hadir jua pada Google Keep. Selain itu, Google Keep pula bersifat cross platform, mampu jua ditemukan di PC dan web. Untuk Anda yg acapkali bekerja dalam kelompok, masih ada fitur kerja sama pada Google Keep, yg memungkinkan Anda mengedit catatan beserta-sama menggunakan teman Anda pada saat yg sama serta pada tempat yang berbeda.
Satu yang kurang dari aplikasi catatan Android bikinan Google tadi, buat waktu ini Google Keep belum dilengkapi menggunakan fitur lock buat mengunci catatan yang sudah Anda tulis.
Download Google Keep

Memorix Notes + Checklists


Sekilas, tampilan pelaksanaan Memorix seperti dengan Google Keep. Animasi yang ditampilkan waktu membuka catatan pun hampir sama. Di sisi fitur, Memorix Notes tidak memiliki fitur kerja sama seperti Google Keep, tetapi fitur pengunci catatan (vault) sudah tersedia dalam pelaksanaan tersebut.
Bedanya lagi, bila Google Keep menyimpan catatan Anda secara online di Google Drive, saat ini Memorix hanya menyediakan fitur backup lokal (sdcard), yang mampu Anda unggah sendiri secara manual ke layanan cloud storage favorit Anda.

Lalu kenapa Memorix masuk sebagai keliru satu pelaksanaan catatan Android terbaik?
Di samping praktis dan berpenampilan menarik (warnanya adem), Memorix terbilang sangat cepat dan gampang dipakai sob, sebagai akibatnya sanggup sebagai cara lain buat Anda yg menyukai tampilan Google Keep, tapi menggunakan fitur sederhana serta nir memberatkan ponsel Android Anda.
Download Memorix Notes

Monospace Writer


Bisa dibilang Monospace adalah versi advance berdasarkan Writer Plus. Seperti EasyWriter (Writer Plus), aplikasi yg satu ini juga menyajikan majemuk format teks. Bedanya, untuk membarui suatu kata atau frasa sebagai miring atau tebal di Monospace, Anda relatif menandainya lalu menentukan format yang diinginkan via popup yang timbul.
Asyiknya, catatan beserta format teks yg digarap dengan Monospace mampu diekspor ke majemuk layanan blogging seperti Wordpress dan Tumblr.

Bila Anda tidak berniat buat ngeblog, Monospace juga mampu disinkronkan menggunakan Dropbox, sehingga catatan Anda permanen kondusif walau hape rusak atau hilang.
Untuk craft jt mengelompokkan catatan (atau menghubungkan satu catatan ke catatan lainnya), Anda dapat membubuhkan hashtag dalam catatan yg tertulis di Monospace. Iya, misalnya hashtag yg seringkali ada pada Twitter sob, catatan dengan hashtag yg sama akan terhubung satu sama lain.
Download Monospace

Simplenote


Nama Simplenote sahih-sahih mewakili jati diri menurut pelaksanaan catatan Android ini. Beneran simpel sob, paling sederhana di antara semua pelaksanaan yang sudah dibahas pada atas. Kesederhanaan yg disuguhkan Simplenote tidaklah bersifat negatif, namun kebalikannya.
Secara subjektif, aku menyukai pelaksanaan Simplenote, praktis serta gampang dipakai. Apalagi fitur sinkronisasi onlinenya yang beralamat pada simplenote.com, bisa diakses menggunakan cepat dari mana saja.

Berbicara tampilan, Simplenote memang nir neko-neko, tampil polos apa adanya. Pilihan warna dasarnya hanya hitam serta putih (bisa dipilih lewat Setting > Theme).
Kata yang Anda ketik di baris pertama editor teks Simplenote otomatis akan menjadi judul catatan (ukurannya lebih besar berdasarkan baris selanjutnya). Di atasnya, Anda bisa menambahkan tag atau tagar buat mengkategorikan catatan yg Anda tulis di Simplenote.
Download Simplenote

ALMemo - Tag, Floating memo


Pernah memakai aplikasi ALZip atau ALSong? Coba pula ALMemo sob, pelaksanaan yang bermanfaat buat menulis memo pada Android. Memang memo apaan? Memo itu saudaranya catatan sob, sama saja ialah :D
Kembali ke ALMemo, pelaksanaan ini sejatinya tidak jauh tidak sinkron menggunakan pelaksanaan catatan Android lainnya, namun tentu saja dengan kelebihan yang membuatnya layak dianggap menjadi galat satu aplikasi catatan terbaik versi Craft JT, yaitu floating memo.

Apa itu floating memo? Terjemahan bebasnya 'memo yg melayang' sob. Iya, editor teks ALMemo bisa dibuat melayang (seperti tampilan multi window) di bagian atas layar Adroid Anda, jadi bisa dimanfaatkan buat mengerjakan 2/lebih perkerjaan dalam saat yg hampir bersamaan; multitasking; misalnya nulis notes sambil nonton video.
Download AlMemo  APK

Omni Notes


Kesan pertama yg menarik hati berdasarkan Omni Note adalah tampilannya yg sudah berpedoman pada material design; sedikit mirip menggunakan Memorix meski background teks editornya tidak berwarna-warni.
Layaknya GNotes, Omni Notes dilengkapi pula menggunakan fitur buat melampirkan gambar (sketsa, coretan), foto (termasuk animasi GIF), video, bunyi, lokasi, bahkan arsip umum misalnya doc atau pdf.

Buat Anda yg sering beralih berdasarkan layar ponsel ke layar PC atau sebaliknya, Omni Note menyediakan fitur khusus yg bermanfaat buat mengirim catatan menjadi pesan ke perangkat lain (PC) melalui Pushbullet, relatif praktis sob.
Catatan yg Anda ketik pada Omni Note mampu dilabeli sinkron kesukaan (dengan warna border dan jua istilah-istilah), seperti-miriplah sama Google Keep dan Simplenote.
Download Omni Notes

1Sec Note: Floating Cloud Note


Di beberapa paragraf sebelumnya, saya sempat menyatakan bahwa Simplenote adalah pelaksanaan catatan Android yang paling simple alias sederhana. Nah, kalau Anda butuh yang lebih mudah lagi, 1Sec Note solusinya sob.
Tampilan editor teks 1Sec Note begitu minimalis, hanya berupa kotak transparan kecil yg melayang pada tengah layar (homogen menggunakan fitur floating memo-nya ALMemo). Kotak tadi sanggup dipindah-pindah sob, cocok buat Anda yg sering multitasking (nulis catatan sembari chatting misalnya).

Merasa teks editornya terlalu kecil buat inspirasi Anda yang meluap-luap? Jangan khawatir sob, editor teks 1Sec Note (yg berupa kotak mini tersebut) sanggup meluas secara otomatis seiring bertambahnya istilah-istilah yang Anda ketikkan.
Secara default, 1Sec Notes bisa diakses eksklusif berdasarkan bar notifikasi Android, tinggal geser bar notifikasi ke bawah, pilih ikon plus yg tersedia, serta Anda siap untuk menulis. Untuk melihat daftar catatan yang sudah ditulis, pilih ikon file yg juga tersedia pada bar notifikasi.
Masalah backup tidak perlu risi sob, catatan yg Anda tulis di 1Sec Note bisa dicadangkan secara online via Dropbox, Evernote, OneNote, serta Google Drive, tinggal pilih galat satu atau borong semuanya jua boleh 😄
Download 1Sec Note
____________________
Nah, berdasarkan 10 pelaksanaan catatan terbaik buat Android di atas, manakah yg menjadi pilihan Anda?

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION