Cara Menarik Email yang Terlanjur Terkirim dengan Undo Send Gmail

Pernah merasakan penyesalan karena keliru mengirim email? Mau kirim ke sahabat malah terkirim ke mantan? ๐Ÿ˜ Jangan hingga ya sob, apalagi kalau keliru kirim file ke dosen, mau kirim tugas pada format PDF malah arsip PSD yg terkirim.

Kadang (mungkin sering) kita menemui kesalahan ketik dalam email yang telah kita kirimkan, serta berniat untuk membatalkan pengirimannya, padahal tombol Kirim atau Send sudah diklik. Sebagai solusi, umumnya kita mengirim email lagi yang berisi koreksi plus beberapa istilah permintaan maaf.
Ya pasti ada rasa yg kurang mengenakkan, ditambah bila ternyata email koreksi yang kita kirim ternyata masih menyisakan kesalahan ๐Ÿ˜„
Sekarang Anda tak perlu khawatir salah kirim email lagi sob, terutama jika Anda memakai layanan email dari Google, yaitu Gmail. Belum lama ini, Gmail sudah merilis fitur Undo Send secara dunia.
Undo Send sebenarnya bukan fitur baru sob, sudah nangkring di Gmail Labs dari tahun 2018 kemudian, namun memang baru beberapa hari yg lalu lulus dari Labs dan sebagai fitur reguler pada Gmail.
Lalu bagaimana cara membatalkan pengiriman email di Gmail menggunakan fitur Undo Send?
Caranya gampang sob, sebelumnya kita wajib mengaktifkan fitur Undo Send di pengaturan Gmail terlebih dahulu. Sudah siap? Silakan buka Gmail Anda, klik ikon gerigi di sisi kanan atas layar > klik Settings > gulir ke bawah dan temukan opsi Undo Send > beri indikasi centang dalam Enable Undo Send. Di bawahnya (di bagian Send cancellation period), Anda sanggup mengatur berapa lama jarak ketika sebelum Gmail mengirimkan email Anda ke alamat tujuan (maksimal 30 dtk).

Seperti namanya, fitur Undo Send berfungsi buat membatalkan pengiriman email meski kita sudah terlanjur menekan tombol Send. Misalnya saja, kita telah yakin bahwa isi email serta alamat email tujuan sudah sahih, akan tetapi sesudah kita kirim (tombol Send telah diklik), kita baru sadar bahwa ada file yang belum dilampirkan (atau kita galat menentukan alamat email tujuan karena ada kemiripan nama). Nah, tak perlu panik, silakan langsung klik link Undo yg ada di sisi atas layar, dan pengiriman email Anda sudah dibatalkan.

Secara nalar, fitur Undo Send sebenarnya hanya menahan pengiriman email selama saat yg Anda tentukan (5 hingga 30 dtk). Setelah lewat berdasarkan saat tadi, email Anda akan otomatis dikirimkan oleh Gmail. Semakin usang jarak ketika yang Anda pilih, semakin akbar juga kesempatan Anda untuk menekan link Undo, jadi tidak perlu tanggung-tanggung sob, langsung atur 30 dtk saja. Selamat mencoba ๐Ÿ˜Š

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION