Cara Membuka Harddisk Eksternal NTFS di Android Tanpa ROOT USB OTG

Seperti yg telah kita ketahui bersama, Android merupakan perangkat pandai dengan fungsi yg mendekati PC atau personal komputer . Berbagai hal yg dulunya hanya sanggup dilakukan via PC, sekarang dengan gampang jua sanggup dilakukan di Android, galat satunya buka flashdisk.

Iya, tanpa PC sekalipun, kita bisa membuka dan mengelola isi flashdisk memakai ponsel atau tablet Android. Bila Anda mengikuti blog ini, cara menghubungkan flashdisk ke Android tentu bukanlah sesuatu yang baru.
Apakah semua Android mampu buka flashdisk? Tidak semua sob, namun sebagian besar perangkat Android kelas menengah sampai flagship yang dirilis dewasa ini sudah dibekali menggunakan fitur USB OTG (yg bermanfaat buat menjalankan majemuk perangkat USB, termasuk flashdisk).
Sesuai judul, selain buka flashdisk ternyata kita juga sanggup menghubungkan harddisk eksternal ke Android sob. Caranya sama saja dengan buka flashdisk, tinggal colok kabel usb harddisk ke kabel USB OTG (atau OTG adapter), lalu hubungkan ke Android, beres telah.
Masalahnya, nir seluruh harddisk eksternal bisa dibuka di Android, terutama yg diformat menggunakan file sistem NTFS. Jadi wajib format ulang ke FAT32 ya? Tidak perlu sob, terdapat cara lain yang lebih gampang serta cepat daripada harus format, yuk lanjut bacanya.

Cara Menghubungkan Harddisk Eksternal NTFS ke Android Tanpa ROOT


Format ulang harddisk bukanlah hal yg mudah, karena kita harus menyadangkan dulu semua isinya ke harddisk lain. Oleh karenanya, kita anggap saja cara tersebut sebagai solusi terakhir bila cara di bawah ini tidak berhasil.
Sampai artikel ini diketik, Android memang belum mampu membaca format NTFS secara default. Meski demikian, menggunakan donasi aplikasi pengelola arsip Total Commander serta plugin Paragon exFAT/NTFS, kita mampu membuka dan mengelola isi harddisk berformat NTFS tanpa perlu root sama sekali. Bagaimana caranya? Silakan ikuti langkah-langkah mudah berikut ini.
  1. Hubungkan harddisk ke Android dengan kabel/adapter OTG. Untuk tutorial ini saya memakai harddisk WD Elements 1TB, adapter OTG berdasarkan Remax, serta ponsel Redmi Note tiga Qualcomm.
  2. Beberapa harddisk eskternal keluaran terbaru (misalnya yg aku pakai) telah dibekali dengan teknologi irit daya, sehingga sanggup terhubung menggunakan Android tanpa power tambahan. Tetapi jika harddisk Anda membutuhkan tenaga yg melampaui kemampuan Android, maka silakan gunakan kabel USB OTG Y (nanti akan dibahas lebih lanjut).
  3. Mungkin akan timbul pesan di notifikasi yang menyatakan bahwa perangkat USB nir didukung, abaikan saja.
    Unduh aplikasi Total Commander serta plugin Paragon exFAT/NTFS via Play Store (perdeo).

  4. Jalankan pelaksanaan Paragon exFAT/NTFS dan izinkan buat mengakses USB. Selanjutnya akan muncul partisi harddisk yg terdeteksi, pada hal ini aku memakai sebuah harddisk dengan 2 partisi; Elements serta Element Extd.
    Pilih tombol "MOUNT" buat memuat partisi yang hendak dibuka, lalu pilih "OPEN" untuk menjelajahi isinya melalui aplikasi Total Commander.

  5. Nah, sekarang kita sanggup membuka serta mengelola file (copy, cut, paste, delete, dsb) harddisk ekternal berformat NTFS melalui perangkat Android dengan pelaksanaan Total Commander.
    Jangan lupa buat menekan tombol "UNMOUNT" pada aplikasi Paragon exFAT/NTFS sebelum mencabut kabel harddisk dari Android.


Bila Harddisk Eksternal Tidak Terdeteksi di Android


Bila tidak terjadi apa-apa sesaat selesainya harddisk dicolok ke Android, kemungkinan power output Android nir sanggup mentenagai harddisk sob.

Solusinya gunakan kabel USB OTG yang dilengkapi dengan power hub (kabel USB OTG Y, sanggup dibeli di toko aksesoris ponsel, komputer, maupun toko online favorit Anda) serta pula charger Android menjadi sumber tenaganya.
Selain harddisk, cara di atas juga sanggup diterapkan buat membuka flashdisk berformat NTFS di Android sob. Selamat mencoba 😊

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION