PENGERTIAN DAN SEJARAH BLOGGER

Saat ini ada lebih  dari 10 juta pengguna internet didunia yang memanfaatkan blog menjadi sarana untuk menyebarkan ilmu pengetahuan, hiburan, sebagai indera penyebar virus, menyebarkan software, bahkan menjadi wahana bisnis online. Selain karena manfaaat blog serta cara pembuatannya yg mudah, web ini pula dapat diperoleh menggunakan cara yang gratis. Sebenarnya bukan hanya blog yang dimanfaatkan demikian akan namun masih banyak lagi website yang serupa, salah satunya merupakan WordPress.

Namun menjadi pengguna blog sangatlah disayangkan bila belum memahami mengenai arti berdasarkan blog itu sendiri. Pada artikel kali ini, saya akan mencoba buat mengungkapkan mengenai blog serta sejarah awal dibuatnya blog.

Pengertian BLOG

Blog berasal dari singkatan web log yg merupakan bentuk aplikasi web yg berbentuk goresan pena-tulisan atau postingan dalam sebuah halaman web. Blog merupakan website pribadi (personal website) baik yang dibentuk secara gratis dengan domain .blogspot.com maupun menggunakan menggunakan nama domain dan hosting berbayar.

Apa Perbedaan Blogger, Blogging dan Blogspot ?

BLOGGER adalah pengertian nama layanan blog  perdeo milik perusahaan super besar Google, yakni www.blogger.com, menggunakan subdomain .blogspot.comSedangkan pengertian blogger yang sebenarnya adalah istilah bagi pemilik blog atau yg memiliki dan mengelola blog. 

BLOGGING adalah aktivitas nge-blog, yaitu menciptakan dan mengisi blog dengan goresan pena, gambar, video, atau konten multimedia. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.

BLOGSPOT adalah subdomain alamat blog pada platform blogger. Jika dibuka di Indonesia, maka alamatnya menjadi blogspot.com. Di Hongkong, alamatnya sebagai .blogspot.hk, pada Jepang sebagai blogspot.jp, di India menjadi blogspot.in, serta sebagainya.

Sejarah Blog

Kesalahan pada pengertian blogger itu disebabkan penggunaan nama blogger menjadi sebuah layanan blog yg dibuat sang Pyra Labs milik Evan Williams dan Meg Hourihan dalam tahun 1999 yg memakai nama awal Pyra. Awalnya hanya sebuah aplikasi web yang bisa menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, serta daftar tugas. Kemudian pelaksanaan Pyra diubah menjadi Blogger menjadi format blog buat internet meski masih pada taraf beta.

Format blog yg bernama blogger tadi oleh Paul Bausch dan Matthew Haughey, dalam 23 Agustus 1999 mulai disebarkan di internet dengan membayar lisensi penggunaannya dan tidak perdeo misalnya sekarang.
Tahun 2018, pelaksanaan blog Blogger dibuat ulang keseluruhan supaya lebih mudah, mudah serta ditawarkan pada perusahan-perusahaan. Globo berdasarkan Brazil yang pertama kali berminat. Google sebagai pendatang baru pada internet tertarik serta pada Februari 2018 Blogger diakuisisi sang Google. Bukan hanya aplikasinya, namun juga perusahaan sekaligus pendiri serta seluruh karyawannya. Tetapi Evan Williams galat satu pendiri Pyra, mengundurkan diri tahun 2018.
Pada 9 Mei 2018, Blogger diperbaharui memenuhi standar web. Beberapa fitur ditambah seperti halaman file individual buat posting serta komentar, dan fitur posting blog melalui email jua dibubuhi buat memudahkan membuat artikel. Dan sampai kini ini, google masih berusaha memberi kemudahan dan ketenangan kepada pengguna blog dengan menaikkan keamanan, menambahkan fitur dan kemudahan dalam menciptakan akun blog.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION