CARA MENGUNCI/MENGAMANKAN DOKUMEN WORD AGAR TIDAK BISA DIEDIT


Di era modern waktu ini, pelaksanaan word merupakan keliru satu keperluan primer pada mengerjakan segala bentuk dokumen, baik itu berupa tugas sekolah juga pekerjaan kantoran. Ketika kita sudah bersusah payah buat merampungkan sebuah dokumen yg ketikannya terbilang mencapai puluhan halaman. Tidak jarang ada oknum yg berada disekitar kita mencoba buat merubah dokumen kita menggunakan alasan bercanda. Maka berdasarkan itu, sangat penting bagi sobat untuk tahu cara mengamankan/mengunci berkas dokumen sobat supaya dapat mengantisipasi terjadinya hal tersebut.

Pada artikel kali ini, aku akan mencoba menjelaskan mengenai cara mengamankan atau mengunci dokumen dalam Microsoft Word. Setelah dokumen sobat diamankan, orang lain akan tetap bisa membuka dan membaca isi berdasarkan dokumen namun sanggup merubah-rubah isi dokumen tadi. Contoh Microsoft word yg aku pakai merupakan MS Word 2018, adapun dalam MS Word yg lain caranya hampir sama. Berikut tahapan-tahapannya :

  1. Buka MS Word
  2. Pilih tab 'review'
  3. Pada menu review, pilih 'Restrict Editing' (pd MS word 2018-2007 tertulis 'protect document').


  4. Selanjutnya muncul jenedal 'Restrict Formating and Editing'. Centang pilihan yg terdapat dalam 'formating restriction' serta 'editing restriction'. Adapun pilihan pada exception yatu 'Everyone' nir perlu dicentang. Lalu klik 'Yes, Start Enforcing Protection'.

  5. Akan timbul kotak 'Start Enforcing Protection'. Silahkan sobat mengisi password buat dokumen anda. Lalu klik OK

  6. Setelah terselesaikan, maka dokumen yang dikunci tersebut tidak akan bisa ditambahkan fitur ataupun alfabet .

Setelah tahapan tadi dilakukan, aku menyarankan pada sobat buat memasukkan password menggunakan istilah yg mudah diingat saja supaya nir kerepotan ketika ingin membarui balik dokumen sobat yang terkunci. Demikian penjelasan tentang cara mengunci/mengamankan dokumen MSWord serta semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. 

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION