CARA MENGETAHUI SPESIFIKASI KOMPUTER/LAPTOP TANPA MEMBONGKARNYA

Ketika ingin mengupgrade sebuah laptop atau PC, tentu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai spesifikasinya agar perangkat yang dibeli cocok menggunakan perangkat laptop/PC yang dimiliki. Jika nir cocok maka perangkat yg dibeli tadi nir akan bekerja secara maksimal dan tentunya akan rugi. Untuk mengetahui spesifikasi laptop/PC sebenarnya dapat ditinjau dalam perangkatnya secara eksklusif (dibongkar). Akan namun terdapat alternatif bila sobat tidak ingin membongkarnya serta cara tersebut akan saya bahas dalam artikel ini.

Cara Pertama : Dengan melihat system spesifikasi dalam control panel



  1. Klik Start
  2. Pilih Control Panel
  3. Klik System and Security


  4. Pilih System


  5. Berikut model tampilan dari spesifikasi perangkat laptop/PC



Cara kedua  : Dengan menginstall CPUID CPU-Z


CPUID CPUI-Z merupakansebuah utilitas gratis yang dapat membantu sobat buat meninjau seluruh warta mengenai perangkat keras dalam laptop/PC. Aplikasi ini menaruh liputan instan tentang nama, arsitektur, dan kecepatan (kecepatan inti serta perkaliannya) dari setiap perangkat sistem. Ditambah lagi fakta tentang pembuatan serta model perangkat, resolusi layar, dan memori RAM. Adapun contoh tampilan spesifikasi laptop aku menggunakan memakai CPUID CPU-Z.




Selain itu, CPU-Z juga menyajikan lebih jelasnya baterai perangkat: tingkatan, status, temperatur, voltase, dll. Dan aplikasi ini dapat diperoleh untuk jenis perangkat laptop/ PC maupun smartphone. Sobat sanggup mendapatkan pelaksanaan ini secara gratis dengan mendownloadnya dalam salah satu berdasarkan link berikut :

Cara menginstall CPUID CPU-Z :
  1. Download CPUID CPU-Z  1.78. 
  2. Setelah terdownload, klik filenya 2x
  3. Pilih “ I accept the agreement” kemudian klik next
  4. Pilih “create a desktop icon” bila inginmemunculkan CPUID CPU-Z dalam dekstop.apabila nir, silahkan batalkan lalu klik next.
  5. Selanjutnya klik install
  6. Terakhir pilih finish.

Cara Ketiga : Dengan menginstall Speccy

Software ini sebenarnya adalah sebuah utility mini yang dapat memberikan warta terhadap isi menurut personal komputer sobat.  Fungsi dari speccy sama dengan CPU-Z, namun speccy hanya memiliki beberapa fitur buat melihat secara lebih jelasnya dari periferal PC Anda. Beberapa periferal yang ditampilkan Speccy merupakan sebagai berikut.
  1. Processor brand dan model.
  2. Hard drive size serta speed.
  3. Amount of memory (RAM).
  4. Graphics card.
  5. Operating system.
Sobat dapat mendownload pelaksanaan ini pada keliru satu link download berikut :
Berikut cara menginstall Speccy :
  1. Download terlebih dahulu Speccy V 1.30 tadi.
  2. Buka Spsetup 130 yang sudah terdownload tersebut. Lalu klik 'install' dan tunggu sampai prosesnya selesai


  3. Setelah prosesnya selesai, klik 'run speccy'
  4. Akan ada tampilan speccy misalnya ini.

Sekian berdasarkan aku tentang cara mengetahui spesifikasi komputer/pc tanpa membongkarnya. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat dan membantu dalam mengupgrade perangkat PC.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION