EMAIL DAN SEJARAHNYA

Pengertian Email

   E-mailadalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email adalah singkatandari “Electronic mail”. Melalui email kita bisa mengirim surat elektro baikberupa teks juga gabungan dengan gambar, yg dikirimkan menurut satu alamatemail ke alamat lain pada jaringan internet.

 Apabila kita mengirim surat melalui email, kita dapatmemperoleh beberapa keuntungan, yaitu pesan atau keterangan yang kita kirim kealamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu porto yg kitakeluarkan relatif murah. Sebuah alamat email umumnya memiliki format@host.domain seperti @yahoo.co.id atau @gmail.com.

Sejarah Email
Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan Alaihi Salam buat membangun sesuatu yg diklaim ARPANET, yg lalu berubah menjadi internet. ARPANET adalah singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk membentuk sebuah metode komunikasi antara institusi militer serta pendidikan satu sama lain.

   Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan pada proyek yang diklaim SNDMSG. Program ini bukan adalah acara baru, karena sebenarnya acara tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan baku masa sekarang, program tersebut bisa dikatakan lebih berdasarkan primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yg sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yg lalu akan dikirimkan ke pada kotak surat pada mesin yang sama.

   Awalnya Ray bereksperimen menggunakan sebuah program yang bernama SNDMSG yang mampu digunakan buat meninggalkan pesan dalam sebuah personal komputer , sehingga orang lain yang memakai personal komputer itu bisa membaca pesan yg ditinggalkan. Lalu dia melanjutkan eksperimennya dengan memakai arsip protocol yg bernama CYPNET sebagai akibatnya program SNDMSG tersebut sanggup mengirim pesan ke personal komputer lain yg berada pada pada jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yg pertama kali dikirim Ray, serta adalah e-mail yg pertama di dunia merupakan "QWERTYUIOP".
  Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai bukti diri e-mail buat memisah user id serta domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "dalam".
  Salah satu program email pertama yang terbesar yg dapat dipakai oleh generik merupakan Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 sang Steve Dorner. Pada waktu itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
   Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis berdasarkan Amerika. Eudora merupakan client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada ketika pertama ada email ini bersifat gratis, meskipun lalu selesainya dibeli sang Qualcomm dalam tahun 1994, Eudora sebagai produk professional.
  Seperti pelaksanaan lain dalam web, Eudora merupakan raja selama beberapa tahun, lalu menggunakan cepat digantikan sang client email berdasarkan Netscape serta Internet Explorer. Kedua client email tadi sebagai popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, akan tetapi jua karena mereka disediakan secara cuma-cuma menggunakan web browser.
Komponen Email

  Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu pada sebelah kiri pertanda @ diklaim user id, yang menunjukkan bukti diri pemilik e-mail tadi. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, angka, atau apapun juga. Sedangkan teks selesainya lambang @ (model: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menerangkan bukti diri domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Jenis Email
  Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan.
a. Pop Mail

 POP Mail (Post Office Protocol Mail) merupakan e-mail yg diterima melalui Internet Service Provider yg sebagai langganan kita (bagi Anda yang connect internet menurut tempat tinggal atau tempat kerja). E-mail jenis ini sama dengan email yg sobat terima dari ISP. 

Kelebihan :

Dapat dibaca pada syarat offline (nir terhubung ke internet). Mengecek e-mail bisa dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail berdasarkan server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu persatu e-mail yg diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan balik komputer ke internet dan lalu mengirimkan balasan e-mail yg telah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita nir perlu berlama-usang terhubung ke internet, sebagai akibatnya biaya akses internet menjadi lebih murah.Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail serta mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Ountlook Express di komputer yang dipakai. Agar program itu bisa digunakan, kita wajib melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu.
Kekurangan :

Kekurangan menurut POP mail merupakan kita tidak dapat membuka e-mail berdasarkan sembarang tempat. Apabila ingin melakukannya pada komputer lain, terlebih dahulu kita wajib melakukan pengaturan ulang. Selain itu, apabila kita memakai akses internet yg perhitungan biayanya menurut besar file yg pada download, bukan berdasarkan usang koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

b. Web Based Mail
  Web Mail (Web Based Mail) adalah layanan e-mail yang basis aksesnya merupakan dalam bentuk halaman web. Apabila ingin mengakses, mempelajari atau mengirim e-mail, maka wajib masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain buat mengakses e-mail kecuali menggunakan cara tadi. Email jenis ini merupakan email yg ditawarkan oleh banyak sekali situs/web. 


Kelebihan :
  • Karena beroperasi di laman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses berdasarkan banyak sekali tempat. Sobat mampu mengecek email dari mana saja dan browser apa saja sepanjang bisa terkoneksi menggunakan internet.
  • Tidak memerlukan mail client karena bisa berinteraksi dengan layanan tadi eksklusif berdasarkan situs web.

Kekurangan :

Untuk mengecek email kita harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya mendapat beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi yg mendapat puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama pada hal porto (menambah biaya , karena harus selalu connect ke internet).Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi nir boleh terputus.E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan pada server penyedia layanan e-mail.Jika server mengalami masalah, terdapat kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.
c. Email Forwarding
 

Email jenis ini akan terasa keuntungannya bagi sobat yg belum menemukan layanan email yg cocok alias senang gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yg meneruskan email yg dikirim kepadanya ke account email yg lain.
Kelebihan : sanggup menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Selain itu sobat jua nir perlu memberi tahu email yang baru (jika anda acapkali gonta-ganti email). Yang sobat  berikan relatif alamat email forwarding tadi.
Kekuranganbersifat sebagai mediator, email tadi akan membutuhkan saat yg lebih lama buat hingga ke loka.
Mengakses serta Mengirim Email

  Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mail server. Biasanya bila seseorang menggunakan koneksi ISP buat sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email perdeo. 
Untuk mengirim email kita memerlukan suatu program mail-client. Email yg kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum hingga pada tujuan. Sedangkan Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronika ISP.


* Menggunakan 'browser', misalnya Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini dianggap sebagai web-based, merupakan kita menggunakan media web menjadi perantara ke kotak email. Contoh: Yahoo! Mail serta Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan email berbasis web umumnya disediakan sang penyelenggara layanan email perdeo.
* Menggunakan program pengakses email (e-mail client), misalnya: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan acara seperti ini, seorang wajib mengetahui konfigurasi yang sanggup didapat berdasarkan ISP. Keuntungannya merupakan dapat membaca email tanpa perlu terhubung secara terus-menerus menggunakan internet serta puluhan bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara beserta-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya merupakan perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan serta pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet bisa dihemat.
Etika penggunaan email

  Etika dalam email sama dengan etika pada menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
* Jangan mengirim email dengan lampiran (attachment) yg terlalu akbar (lebih dari 1 mb). Tidak seluruh orang mempunyai akses Internet yang cepat, serta ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas email penerima, sebagai akibatnya akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan pula bahwa beberapa penyedia email jua menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, serta ukuran email yang bisa diterima (dan dikirim) penggunanya.
* Jangan mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
* Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
* Jangan memakai huruf modal lantaran dapat mengakibatkan kesan anda BERTERIAK!!.
* Dan tentu saja, gunakan istilah-kata menggunakan santun:). Adakalanya sesuatu yg kita tulis akan terkesan tidak sinkron dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
Keamanan
   Keamanan data pada email tidaklah terjamin dan selalu ada resiko terbuka untuk umum, pada artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan sang lantaran email itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan terdapat orang yg menyadap email yg dikirimkan tersebut.
  Email bisa diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu acara enkripsi yang terkenal merupakan PGP (Pretty Good Privacy). Dengan menggunakan PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yg tertuju bisa mendekripsi serta membaca email tadi. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus mempunyai program PGP, dan pengirim pula wajib mempunyai kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan menggunakan kunci tersebut).
Perkembangan Email

   Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum, baik itu email gratisan maupun yg berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yg diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo, Google, MSN, Hotmail, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai menurut 100 mb sampai yg tak terbatas. Akibatnya, kini poly perusahaan pos di banyak sekali negara menurun penghasilannya karena warga lebih memilih email sebagai media penyampai pesannya.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION