Mengaktifkan Fitur MultiWindow pada Android 6.0 Marshmallow

Dari sekian poly fitur yg dipunyai Android, multi-window merupakan keliru satu fitur yg paling dinantikan serta dibutuhkan sang para penggunanya. Untuk pengguna Android bikinan Samsung atau LG, fitur yg jua diklaim dual window atau splitview itu tentunya bukan lagi hal baru, lantaran ke 2 vendor tersebut memang telah menyediakan fitur multi-window di Android semenjak usang.

Dimulai menurut Android 6.0 Marshmallow, Google rupanya sedang mempersiapkan fitur multi-window buat perangkat Nexus serta turunannya (Android One). "Sedang mempersiapkan," berarti belum jadi ya? Benar sob, misalnya halnya System UI Tuner, fitur multi-window di Android Marshmallow sifatnya masih uji coba atau eksperimental.
Jika System UI Tuner masih bersifat eksperimental, fitur multi-window di Android Marshmallow bisa dikatakan masih sangat eksperimental (masih dalam tahap awal uji coba). Oleh karenanya, fitur tersebut saat ini masih disembunyikan rapat-rapat di lubuk Android yg paling dalam :D
Kendati demikian, sedalam apapun multi-window Android 6.0 disembunyikan, pasti terdapat cara buat menemukannya, bagaimana caranya? Ikuti cara mengaktifkan fitur multi-window di Android Marshmallow ini dia.
Siapkan indera dan bahannya:

Selanjutnya ikuti langkah-langkah mudah ini:
1. Aktifkan fitur Root Explorer dalam ES File Explorer (jika belum) lalu cari arsip build.prop pada folder system. (Saran: sebelum diedit, untuk salinan arsip build.prop serta simpan di loka yg aman sebagai backup).

2. Buka arsip build.prop menggunakan ES Notes Editor lalu tambahkan sebaris kode berikut.
persist.sys.debug.multi_window=true


3. Simpan file tadi serta reboot perangkat Android Anda.
4. Buka recent app lalu ketuk ikon multi-window dalam galat satu pelaksanaan yang terdapat pada situ. Tentukan posisi window yang Anda inginkan (atas misalnya), maka aplikasi yang Anda pilih akan menempati posisi atas layar, disusul aplikasi lain yang timbul pada bawahnya.

5. Nah, sekarang Anda bisa mencoba bagaimana cita rasanya multi-window pada Android.

Meski belum sempurna, setidaknya kita mampu menerima sedikit gambaran tentang fitur multi-window garapan tim pengembang berdasarkan Google sob, yang mungkin akan diungkap dalam versi Android selanjutnya (Android 6.1 atau malah Android N). UPDATE 11/11/2016: Fitur multi window kini telah sebagai salah satu fitur default di Android 7.0 Nougat. Selamat mencoba serta semoga berguna :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION