Cara Mengaktifkan System UI Tuner di Android 6.0 Marshmallow

Update Android Marshmallow baru saja digulirkan buat perangkat Nexus dan Android One (perangkat lain menyusul). Selain membawa fitur-fitur baru, Android versi 6.0 tadi ternyata jua mempunyai beberapa fitur tersembunyi, salah satunya merupakan System UI Tuner (atau Penyetel Antarmuka Pengguna Sistem).

System UI Tuner adalah settingan tersembunyi di Android 6.0 Marshmallow yang berguna buat mengkustomisasi antarmuka Android. Kenapa tersembunyi, kan bukan easter egg? Lantaran masih bersifat uji coba sob, mampu saja ditambah, dikurangi, atau malah dihilangkan dalam rilis Android selanjutnya. Oleh karena itu, System UI Tuner sengaja disembunyikan agar nir membingungkan pengguna Android awam.
Di manakah System UI Tuner disembunyikan? System UI Tuner sebenarnya berada sempurna di bawah About Phone atau About Tablet, namun sebelumnya, Anda wajib melewati beberapa langkah gampang ini dia.

Cara Menghidupkan System UI Tuner


Untuk memunculkan penyetel System UI, pastikan perangkat Android Anda sudah dimotori oleh Android 6.0 Marshmallow. Tarik status bar ke bawah menggunakan 2 jari buat membuka Quick Settings. Tekan serta tahan ikon setting beberapa ketika sampai girnya berputar, kemudian lepaskan.

Sebuah pesan akan timbul (Congrats! System UI Tuner has been added to Settings) menjadi indikasi bahwa Anda telah berhasil menambahkan System UI Tuner pada bagian Setting Android.
Nah, sekarang cek Setting Android Anda, gulir layar hingga mentok ke bawah kemudian pilih System UI Tuner.

Selanjutnya akan ada peringatan yang menyatakan bahwa System UI Tuner "bukan untuk seluruh orang" dan seterusnya. Ketuk GOT IT buat melanjutkan.

Seperti yg tampak pada screenshot di atas, terdapat pilihan menu Quick Settings, Status bar, Show embedded battery percentage, dan Demo mode dalam page System UI Tuner. Mari kita bahas satu per satu.

Quick Settings


Bila Anda kurang sreg dengan tatanan atau urutan ikon pada Quick settings, silakan eksklusif tekan tahan ikon yg ingin dipindah kemudian seret ke posisi yg Anda inginkan (simak screenshot pada atas). Jika makin kacau, ketuk menu (ikon tiga titik di kanan atas layar) > Reset buat mengembalikan tatanan ikon Quick Settings seperti semula.

Status bar


Di pilihan menu Status bar, Anda bisa menentukan ikon apa saja yang akan ditampilkan atau disembunyikan pada status bar. Dalam screenshot pada bawah ini (kiri), aku mencoba menyembunyikan ikon WiFi.

Show embedded battery percentage


Seperti namanya, pilihan menu tadi berfungsi buat menampilkan persentase pada pada ikon baterai (cek screenshot pada atas).

Demo mode


Nah, buat Anda yang senang bikin tutorial tentang Android, Demo mode bisa dimanfaatkan buat "membersihkan" status bar Android Anda. Saat Demo mode aktif, semua ikon notifikasi pada status bar akan lenyap, sinyal WiFi, frekuwensi operator, serta baterai seluruh pada keadaan full, serta jam yg selalu memperlihatkan pukul 06:00. Sangat cocok buat pengambilan screenshot serta pula perekaman kegiatan layar.

Saat proses pengambilan screenshot serta video telah selesai, Anda sanggup menonaktifkan Demo mode buat mengembalikan keadaan status bar seperti semula. Iya, tak perlu resah sob, notifikasi yg tadinya hilang juga bakal kembali misalnya semula.
Puas bermain-main dengan System UI Tuner? Jika iya, Anda bisa menyembunyikannya pulang. Caranya menonaktifkan System UI Tuner hampir sama menggunakan cara mengaktifkannya. Tekan tahan ikon setting di Quick Settings beberapa saat dan lepaskan.

Bila ingin lebih gampang, tekan ikon menu di laman System UI Tuner kemudian pilih Remove from Settings. Selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION