Simpan dan Pulihkan Chat WhatsApp dengan Google Drive UPDATED

Bulan April yang lalu, Craft JT telah membahas tentang fitur baru WhatsApp buat Android, yaitu fitur buat mencadangkan pesan WhatsApp dengan Google Drive. Kala itu, fitur tersebut hanya ada dalam WhatsApp versi 2.12.45, lalu kemudian hilang dalam versi 2.12.50 serta versi-versi selanjutnya. Ke manakah gerangan fitur itu menghilang?

Disinyalir fitur backup chat WhatsApp ke Google Drive waktu itu masih bersifat eksperimental sob, masih digodok atau digoreng lebih lanjut, belum siap dilempar ke publik. Layaknya fitur voice call WhatsApp yg dulu jua ada karam, fitur terbaru WhatsApp yang melibatkan Google Drive tersebut rupanya masih dieman-eman oleh pengembangnya :D
Lain dulu lain kini , belum usang ini, WhatsApp terpantau sedang melakukan serangkaian uji coba buat memastikan fitur backup Google Drive siap buat dirilis balik . Penasaran? Lanjut bacanya sob.
Memang krusial ya mampu backup chat WhatsApp di Google Drive? Jawabannya bisa bervariasi sob, tergantung seberapa krusial arti percakapan WhatsApp buat Anda. Pastinya, fitur backup tadi bisa mengembalikan kembali chat WhatsApp Anda yg hilang saat ganti ponsel (karena rusak, kena begal, atau pengen model modern). Kok sanggup begitu? Bisa dong, lantaran pesan Anda telah dicadangkan secara online pada Google Drive, sehingga bisa dikembalikan waktu Anda login WhatsApp pada ponsel yang baru.
Buat yg senang gonta-ganti ROM, senang ngoprek Android yang berakhir dalam tindakan factory reset, fitur backup serta restore pesan WhatsApp ini juga sangat simpel untuk menyelamatkan aneka macam dialog krusial Anda. Okelah jika begitu, bagaimana cara backup dan restore chat WhatsApp menggunakan Google Drive? Simak ulasan berikut sob.
Pertama, silakan unduh serta pasang WhatsApp Android versi terbaru (2.12.235 ke atas).
Jalankan aplikasi WhatsApp lalu tuju Menu > Settings > Chats > Chat Backup.

Di sana Anda mampu menemukan Google Drive setting, lalu ubah Back up to Google Drive dari Never sebagai Daily (Weekly, Monthly, atau Only when I tap "Back up", sinkron kesukaan, senang-suka ).
Selanjutnya pilih akun Google Anda dan izinkan WhatsApp untuk mengaksesnya.

Jangan lupa buat membarui opsi Back up over buat memilih jaringan (WiFi atau seluler) yg akan digunakan buat mengunggah hasil backup Anda pada Google Drive.
Nah, selesai telah, secara otomatis chat WhatsApp Anda akan dibackup ke Google Drive setiap hari (minggu, bulan, sinkron opsi yang dipilih) dalam pukul 03.00 pagi.
Lalu bagaimana cara restore chat WhatsApp dari Google Drive? Misalnya Anda baru membeli ponsel Android baru dan ingin mengembalikan lagi cadangan chat WhatsApp dari ponsel lama ; maka yang perlu Anda lakukan adalah unduh dan install pelaksanaan WhatsApp di ponsel baru dan login menggunakan angka hape serta akun Google yg sama dengan yg dulu dipakai di ponsel lama . Setelah itu silakan ikuti pedoman yg muncul di pelaksanaan WhatsApp Anda. Beres dah.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang cara membackup chat WhatsApp dengan Google Drive beserta cara mengembalikannya. Penting diketahui, fitur backup Google Drive di WhatsApp saat ini masih pada tahap uji coba, dan dirilis secara sedikit demi sedikit, jadi jangan kaget apabila Anda belum kebagian fitur tersebut. Selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION