Cara Menghubungkan USB Flashdisk ke Android Tanpa Root USB OTG

Berbagi file antar smartphone Android tentu telah sering Anda lakukan, baik via Bluetooth, WiFi, juga cloud. Masalah lalu muncul saat file yang hendak Anda bagi ternyata tersimpan pada flashdisk, padahal tak ada PC atau laptop yang sanggup digunakan dalam saat itu.
Sebagai solusi, Anda mampu menghubungkan flashdisk dengan perangkat Android Anda memakai kabel USB OTG (On The Go). Iya, secara generik perangkat Android mampu membuka serta membaca banyak sekali file yang tersimpan pada flashdisk Anda. Tak hanya membaca, Anda pula bisa melakukan transfer file dari flashdisk ke sdcard serta sebaliknya.

Apa wajib root? Tidak, root hanya diharapkan jika Anda memakai perangkat Android keluaran lama (sebelum tahun 2018). Sepanjang perangkat Android Anda memiliki fitur USB OTG, Anda mampu menghubungkan flashdisk serta membukanya tanpa wajib root terlebih dahulu.
Perlu diingat bahwa nir seluruh perangkat Android mempunyai fitur USB OTG (tergantung hardware serta kernel). Lalu bagaimana cara mengetahui ketersediaan fitur USB OTG pada suatu perangkat Android? Cara yang paling mudah merupakan melihat spesifikasinya, lihat apakah USB OTG tercantum pada spesifikasi Android tersebut. Cara lainnya merupakan mengunjungi lembaga-forum (misalnya XDA atau Kaskus) yang spesifik membahas perangkat Android Anda, pada sana Anda mampu membaca atau bertanya mengenai ketersediaan fitur USB OTG.

Alternatifnya, Anda sanggup membeli adaptor atau kabel USB OTG buat dites pribadi menggunakan perangkat Android yang Anda miliki (Adaptor atau kabel USB OTG mampu dibeli di toko elektro atau komputer menggunakan harga sekitar 10 sampai seratus ribu lebih, tergantung fitur dan merknya).
Baca juga:

Ok, sampai di sini saya asumsikan bahwa perangkat Android Anda mendukung fitur USB OTG serta Anda sudah memiliki kabel atau adaptor USB OTG. Untuk membuka flashdisk di perangkat Android tentunya Anda harus menyiapkan flashdisk yang telah terisi beberapa file di dalamnya. Mengenai kapasitas serta format, gunakan setidaknya flashdisk berkapasitas 2GB (atau yang lebih besar) dengan format FAT32. Bagaimana menggunakan NTFS? Tidak semua Android bisa membaca flashdisk dengan format NTFS sob, jadi biar aman serta nyaman, pakai FAT32 saja.
Sebelumnya, silakan install ES File Explorer atau FX File Explorer yg beguna buat menjelajah isi flashdisk Anda nantinya. Jika Anda memakai perangkat Android Samsung, relatif gunakan pelaksanaan arsip manager bawaan.
Cara membuka flashdisk dengan Android sebenarnya sangat mudah, tanpa tutorialpun saya yakin Anda bisa melakukannya. Tinggal tancapkan kabel USB OTG dengan perangkat Android Anda serta hubungkan flashdisk pada kabel tersebut (seperti yang tampak pada gambar paling atas), kemudian tunggu beberapa saat sampai flashdisk Anda terdeteksi serta dimuat (mount). Untuk contoh penggunaan adaptor OTG, silakan simak video berikut, lalu ikuti tutorial dalam paragraf di bawahnya.

Untuk ES File Explorer, direktori flashdisk akan muncul pada bagian Local (flashdisk yg saya pakai terdeteksi menjadi UsbDriveA, namanya mungkin tidak sama untuk flashdisk atau Android lain).

Di FX File Explorer, direktori flashdisk akan tersedia pada bagian Files, di antara kumpulan direktori lainnya (lihat screenshot di bawah ini).

Untuk Android berdasarkan Samsung (misalnya yang saya pakai di video), begitu flashdisk tertancap pada adaptor atau kabel USB OTG, secara otomatis aplikasi arsip manager akan memunculkan direktori flashdisk Anda.

Sip, sekarang Anda bisa menyalin atau memindah file dari flashdisk ke sdcard (bisa juga memori internal) serta sebaliknya. Anda juga bisa langsung membuka file-file di flashdisk Anda tanpa harus menyalin atau memindahkannya terlebih dahulu ke sdcard (misalnya saat sdcard Anda penuh, Anda tetap bisa menonton film atau mengedit dokumen Anda langsung dari flashdisk).
Sudah selesai urusan menggunakan flashdisknya? Sekarang saatnya tetapkan koneksi flashdisk berdasarkan perangkat Android. Hampir sama dengan pada PC, sebelum flashdisk dicabut, terdapat baiknya buat di-unmount terlebih dahulu. Untuk Android Samsung, relatif tap USB mass storage connected yg terletak pada notifikasi, sehabis itu Anda sanggup mencabut flashdisk Anda menggunakan aman. Untuk Android merk lain, caranya bisa dikatakan serupa, atau tuju Setting > Storage untuk melakukan unmount secara manual.

Lalu bagaimana menggunakan Android yg telah mempunyai akses root? Sebenarnya sama saja, sanggup memakai cara di atas, namun jika tidak berhasil, silakan install pelaksanaan StickMount. Selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION