Cara Mengaktifkan OK Google di Android Bahasa Indonesia

Seiring hadirnya ponsel Android Pixel dan Pixel XL, Google juga merilis asisten personal cerdas yang dinamakan Google Assistant. Bedanya apa dengan Google Now? Sebelas 2 belas sob, tetapi tentu saja Assistant memiliki kemampuan yang lebih mumpuni menurut pendahulunya (misalnya kemampuan untuk ngobrol dua arah dan pula pemrosesan bahasa yang lebih alami berkat adanya prosedur pemecahan natural language).

Sayangnya, Google Assistant ketika ini hanya tersedia buat pengguna ponsel Google Pixel dan Pixel XL (dan pengguna Android Nougat yg sudah mencoba APK-nya). Meski demikian, pengguna Android Marshmallow (atau yg lebih usang) bisa jua mencicipi versi preview menurut Assistant melalui aplikasi chat Google Allo.
Ok, kembali ke judul. Lupakan sejenak Google Assistant serta ketahui terlebih dahulu tentang Google Now, yang sama-sama sanggup diaktifkan menggunakan perintah suara "OK Google". Tidak seperti Assistant, Google Now buat waktu ini sanggup dijangkau serta digunakan oleh pengguna Android 4.4 KitKat atau yang lebih baru (Jelly Bean jua sanggup tetapi dengan fitur yg terbatas).


Secara default, fitur perintah bunyi OK Google sudah disertakan pada ponsel Android yg sudah dipasangi aplikasi Google Search versi tiga.5 atau yang lebih tinggi. Agar aplikasi tadi sanggup mengenali perintah bunyi OK Google, kita perlu melakukan beberapa pengaturan berikut.
  1. Update aplikasi Google ke versi modern (bila belum).
  2. Jalankan kemudian masuk ke Menu > Setelan > Suara > Deteksi "Ok Google".
  3. Lalu aktifkan opsi 'Dari pelaksanaan Google'.
  4. Sip, kini kita sanggup memakai 'OK Google' ketika kita membuka aplikasi Google Search.

Kok opsi "Dari layar mana pun" nir mampu dipilih? Begini sob, buat mengaktifkan OK Google berdasarkan layar mana pun (nir harus melalui pelaksanaan Google), kita harus membarui bahasa primer bunyi ke 'English' (karena bahasa kita ketika ini belum didukung). Cara mengubah bahasa bunyi pelaksanaan Google sanggup disimak dalam ulasan singkat berikut.
  1. Pada pelaksanaan Google, tuju Menu > Setelan > Suara > Bahasa.
  2. Beri centang pada 'English (US)'. PENTING: Jangan lupa buat mencentang 'Bahasa Indonesia (Indonesia)' supaya Google juga mengenali perintah suara pada bahasa nasional kita. 
  3. Kemudian tekan usang 'English (US)' buat mengaturnya menjadi bahasa utama.

Nah, sehabis bahasa utama disetel ke 'English', kita mampu memilih opsi buat mengakses perintah bunyi OK Google dari layar mana pun (Menu > Setelan > Suara > Deteksi "Ok Google" > "Dari layar mana pun").
Bagaimana cara menggunakan OK Google pada Android? Praktis sekali sob, buka aplikasi Google, atau cukup nyalakan layar Android (jika Anda memilih opsi 'Dari layar mana pun'), kemudian ucapkan frasa 'OK Google' diikuti menggunakan perintah atau pertanyaan tertentu. Misalnya seperti yang ditunjukkan pada video ini.

Pada video di atas, masih ada setidaknya 10 perintah suara OK Google yang craft jt kita mencari kabar atau mengakses fitur tertentu dalam perangkat Android tanpa menyentuhnya sama sekali (berguna kala kita menyetir atau lagi mager/males mobilitas).

Cuma sepuluh? Masih poly sob, ada sekitar 30 perintah suara yang mampu disimak pada video eksklusif (bagian dua serta 3) yg terdapat pada channel YouTube Craft JT. Penasaran? Silakan mampir serta ingat like, share, dan subscribe ya :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION