VPN Gratis Unlimited dari Opera Browser Bisa Buka Situs yang Diblokir

Apa itu VPN? Virtual Private Network atau VPN adalah jaringan khusus yg menghubungkan kita dengan internet. Semua data yang dikirim dan diterima dari internet melalui VPN sudah dienkripsi sedemikian rupa buat menyamarkan bukti diri serta lokasi kita.

Apa kegunaannya? Biasanya, VPN digunakan buat mengakses situs web yang diblokir atau sekedar menjaga keamanan privasi kita (menurut hacker atau stalker) saat menjelajahi global maya.
Untuk mengakses internet melalui VPN, diperlukan aplikasi, ekstensi, atau layanan spesifik yg dalam umumnya berbayar (harus daftar serta langganan). Kalaupun terdapat VPN gratis, dipastikan ada beberapa fitur yg penggunaannya dibatasi (kecepatan, ketika akses, dsb.).
Kabar gembiranya, belum usang ini Opera versi terkini dirilis menggunakan fitur VPN yang terintegrasi. Iya, kini kita nir perlu lagi daftar, pasang ekstensi/pelaksanaan pihak ketiga buat menerima akses VPN, relatif gunakan browser Opera. Berbayarkah? Tenang, fitur VPN dari Opera (sampai artikel ini diterbitkan) bersifat perdeo serta tanpa batasan kuota. Wow!
Buat Android ya min? Bukan sob, waktu ini fitur VPN perdeo hanya tersedia di browser Opera versi desktop (iya, yg buat PC atau laptop). Buat yg pengen fitur VPN di Opera buat Android, sepertinya harus menunggu buat ketika yang belum ditentukan.
Kok bisa gratis ya? Unlimited lagi. Bisa sob, pasalnya dalam tanggal 19 Maret yang lalu, Opera Software ternyata sudah mengakuisisi SurfEasy Inc., sebuah perusahaan VPN asal Amerika Utara. Nah, oleh lantaran itulah, Opera mampu mengintegrasikan layanan VPN dari SurfEasy di browser besutannya.
Untuk menikmati VPN gratis menurut Opera Desktop (Windows, Linux, Mac), silakan download, pasang, serta jalankan Opera versi developer channel. Kemudian buka 'Menu > Settings > Privacy & Security > Enable VPN'.
UPDATE 21/09/2016: Opera desktop versi 40 stable kini telah memiliki fitur VPN secara default sob, jadi kita tidak perlu lagi memasang versi developer untuk menggunakan virtual private network perdeo berdasarkan Opera.
Bagaimana dengan Android? Cek artikel VPN Gratis Unlimited buat Android menggunakan Opera VPN ;)


Setelah VPN diaktifkan, kita akan menemukan ikon VPN berwarna biru di sisi kiri 'Address Bar' Opera saat membuka suatu situs. Klik ikon tadi buat membuka 'popup' pengaturan dan gosip lanjutan berdasarkan VPN yang sedang aktif.

Di sana kita bisa menghidupmatikan VPN, mengetahui data VPN yang sudah dipakai, membarui lokasi/negara (baru tersedia tiga negara; Amerika Serikat, Kanada, dan Jerman) dan pula melihat alamat IP kita.
Sebagai percobaan, saya membuka Vimeo (situs berbagi video misalnya YouTube) yg diblokir oleh Speedy (serta pula operator lainnya pada Indonesia) memakai Opera, baik tanpa serta menggunakan VPN.

Nah, waktu VPN nir aktif, Opera menampilkan pesan bahwa koneksi ke Vimeo melalui Speedy tidaklah privat dan tidak mampu dibuka. Ketika VPN diaktifkan, barulah Vimeo mampu dibuka tanpa kendala. Ok, selamat mencoba sob :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION