Tips dan Strategi Dasar Game Clash Royale versi Memudahkan UPDATED

Tahu Clash of Clans? Nah itu. Bagaimana menggunakan Clash Royale? Apa itu Clash Royale? Sequel dari CoC kah? Berhubung keduanya asal menurut developer yang sama dan namanya pun hampir serupa, Clash Royale memang acapkali dianggap menjadi Clash of Clans dua, tapi apakah sahih game baru dari Supercell tadi adalah lanjutan berdasarkan CoC?

Bisa iya mampu tidak sob, mampu jadilah istilahnya, tergantung menurut sudut mana dipandangnya. Dilihat dari genre serta temanya, CoC dan Clash Royale sama-sama mengetengahkan strategi serta pertikaian antar pemain. Tokoh-tokohnya jua sama sob, meski ada beberapa tokoh ekstra pada Clash Royale, ke 2 game tersebut memang berada dalam satu universe yg sama.
Lalu apa bedanya Clash Royale dengan Clash of Clans? Selain adanya tokoh tambahan tadi, Supercell menyebut Clash Royale menjadi game real-time multiplayer, yang merupakan kita sahih-benar bermain secara eksklusif (real-time) dengan pemain lainnya (nir seperti CoC yg memungkinkan kita melawan pemain lain yang lagi offline).
Bedanya lagi, jika di CoC kita bisa membentuk serta upgrade bangunan primer seenaknya (upgrade TH, poles tembok, perkuat tower, dsb. Bisa dilakukan menggunakan resources yg tersedia), Clash Royale lebih penekanan dalam pencarian serta upgrade kartu, sedangkan bangunan utama (berupa 3 crown tower) hanya mampu diupgrade secara otomatis begitu kita naik level.

Masih ada lagi sob, apabila pada CoC kita saling kunjung desa buat menyerang lawan, Clash Royale menyediakan arena spesifik yg didesain buat duel antar pemain. Kalau menang, selain mendapat trofi, kita juga memperoleh chest (kotak harta) yang berisi gold, gem, dan juga kartu (bisa kartu pasukan, bangunan, maupun spell). Tiap arena menyimpan chest dengan isi yang bhineka, jadi untuk mendapatkan kartu baru dan jumlah gold yang lebih banyak, pemain wajib menaikkan trofi supaya sanggup maju ke arena yg lebih tinggi.
Lah, malah membahas perbandingan Clash Royale menggunakan CoC, bagaimana dengan tips dan trik dasar bermain game Clash Royale yang sinkron buat pemula? Nyantai dulu sob, 4 paragraf pada atas baru pemanasan :D Lanjut bacanya ya :)
Seperti game-game dalam umumnya, Clash Royale sudah dilengkapi dengan panduan awal buat pemain baru. Jadi silakan unduh dan pasang Clash Royale di ponsel atau tablet Anda, jalankan dan ikuti tutorial yang tersaji di dalam permainan.
TIPS 1: Segera selesaikan tutorial Clash Royale (Training Camp) dan capai level tiga supaya bisa bergabung di pada clan. Setelah masuk ke pada clan, kita akan mendapatkan tambahan 100 gem gratis. Lumayan dah. Di samping itu, kita pula sanggup bertukar kartu serta taktik, serta melakukan pertandingan persahabatan dengan anggota clan yg lain. 

Secara garis akbar, cara main Clash Royale nir jauh beda menggunakan CoC. Tujuan primer kita sebagai pemain adalah menghancurkan Crown Tower versus serta mempertahankan Crown Tower kita sendiri (selanjutnya diklaim CT, mampu dianalogikan sebagai TH pada CoC) dengan kartu yg kita punya pada sebuah arena. Siapa yg paling banyak menghancurkan CT (mengumpulkan crown paling banyak), dialah yang keluar menjadi pemenang serta berhak menerima trofi dan chest.

Crown Tower



CT terdiri berdasarkan 1 bangunan primer (King's Tower) yg didampingi oleh dua bangunan tambahan (Arena Tower). Sebuah Arena Tower bernilai 1 crown, jadi bila kita bisa menghancurkan keduanya maka kita akan mendapatkan dua crown.
Khusus buat King's Tower, nilainya adalah tiga crown, jadi pemain yg berhasil menghancurkan King's Tower terlebih dahulu otomatis akan keluar menjadi pemenang.
Iya, King's Tower adalah sentra kekuatan pemain pada game ini. Meski demikian, mempertahankan King's Tower milik sendiri jauh lebih penting daripada mencoba buat meruntuhkan King's Tower versus. Kenapa mampu begitu? Karena kemenangan bisa diraih tanpa harus meratakan King's Tower lawan sob. Jika kita berhasil menghancurkan satu saja Arena Tower versus serta tidak satupun tower Anda yg berhasil dihancurkan, saat saat habis maka kitalah yang akan sebagai pemenang.
Satu hal lagi yang tak kalah penting sob. King's Tower memiliki 2 mode, yaitu mode siaga serta mode bertahan. Saat 2 Arena tower masih utuh (belum ada yang rata), King's Tower masih dalam mode siaga (hanya mengamati). Begitu terkena agresi (kena spell umumnya) atau salah satu Arena Tower musnah, King's Tower akan berganti ke mode bertahan (bisa menyerang gunakan meriam).

TIPS dua: Tak perlu terburu-buru incar King's Tower sob (gunakan spell umumnya) lantaran apabila terkena agresi, modenya akan berubah dari siaga menjadi bertahan (menghancurkan Arena Tower dalam waktu King's Tower dalam mode bertahan tentu lebih sulit daripada ketika masih pada mode siaga.) Strategi terbaik adalah menghancurkan salah satu Arena Tower dulu kemudian baru serang King's Tower. Itu pun bila memungkinkan, apabila nir, hancurkan dulu Arena Tower kedua daripada pertahanan jebol gara-gara penekanan dalam King's Tower versus.

Card (Troop, Spell, & Building)


Walau kita bisa mengumpulkan kartu sebesar mungkin (saat artikel ini ditulis totalnya mencapai 62 kartu), hanya 8 kartu pada Battle Deck yang mampu dipakai buat maju perang (8 kartu tersebut sanggup diganti-ganti sesuai selera serta disimpan dalam tiga deck yg tidak selaras). Di arena, kedelapan kartu tadi akan timbul bergiliran dalam 4 butir deck yg terletak di sisi bawah layar. Untuk menurunkan pasukan ke arena, dibutuhkan elixir menggunakan jumlah yang berbeda tergantung jenis kartunya.
TIPS 3: Isi Battle Deck Anda menggunakan kartu yg bervariasi, baik dari segi kebutuhan elixir dan jenis serangan. Battle Deck yang ideal biasanya berisi kartu pasukan buat agresi darat, udara, bangunan pertahanan, serta ditambah spell.

Perhatikan homogen-rata kebutuhan elixir atau Average Elixir Cost (AEC) di laman Battle Deck. Semakin tinggi nilai AEC semakin bertenaga serangan kita, tetapi pertahanan akan melemah akibat tingginya elixir yg diperlukan. Idealnya, Battle Deck yang sesuai buat menyerang serta bertahan mempunyai nilai AEC lebih kurang 3 hingga 4.

Intinya, semakin rendah nilai AEC semakin seringkali kita sanggup menurunkan pasukan, apabila kebalikannya, meski pasukan kita bertenaga, tapi butuh saat lebih usang untuk menurunkannya ke arena.
TIPS 4: Batasi penggunaan kartu yg butuh banyak elixir supaya nilai AEC tidak melewati angka 4 atau 5. Semakin tinggi AEC, semakin susah kita bertahan dalam pertempuran. Jika terpaksa melewati nomor tersebut, bawa elixir collector menjadi penyeimbang.

Kartu pada game Clash Royale dibagi menjadi 4 jenis dari kelangkaannya, yaitu Common (kartu biasa, berbingkai hitam/biru), Rare (kartu langka, berbingkai oranye), Epic (lebih langka berdasarkan Rare, berbingkai ungu), dan Legendary (kartu paling langka pada Clash Universe, berbingkai segi enam). Kartu-kartu tersebut beredar di majemuk arena Clash Royale. Kita bisa mendapatkannya menggunakan cara membuka chest yang diperoleh setelah memenangkan pertandingan di masing-masing arena.

Arena


Arena merupakan loka bertanding para pemain Clash Royale. Dari total 10 arena, saat ini tersedia 1 arena buat pemula (tutorial), 6 arena yg menyimpan bermacam kartu sinkron dengan nama berdasarkan arena yang bersangkutan, dua arena baru (Builder's Workshop serta Frozen Peak), dan 1 arena tanpa kartu (Legendary Arena). Berikut ini adalah urutan level arena pada game Clash Royale bersama kartu yg tersimpan pada dalamnya.
  1. Training Camp (Tutorial)

    Menyimpan total 12 kartu,yaitu Arrow, Bomber, Archers, Knight, Fireball, Mini P.E.K.K.A, Musketeer, Giant, Prince, Baby Dragon, Skeleton Army, dan Witch.
  2. Goblin Stadium (Trofi: 0+)

    Menyimpan 4 jenis kartu Goblin (Spear Goblins, Goblins, Goblin Hut, Goblin Barrel), kartu Valkyrie, dan Lightning.
  3. Bone Pit (400+)

    Mengandung 5 jenis kartu Skeleton (Skeletons, Tombstone, Bomb Tower, Giant Skeleton, Balloon) serta kartu Minion.
  4. Barbarian Bowl (800+)

    Terdiri dari 2 jenis kartu Barbarian (Barbarians, Barbarian Hut), kartu Cannon, Rocket, Rage, serta X-Bow.
  5. P.E.K.K.A's Playhouse (1100+)

    Berisi kartu P.E.K.K.A serta lima kartu tambahan (Tesla, Minion Horde, Inferno Tower, Hog Rider, Freeze, serta Lava Hound). Di arena tersebut, kartu Legendary mulai muncul (Lava Hound). Selain Lava Hound, pembaruan CR September '16 membawa dan kartu Inferno Dragon.
  6. Spell Valley (1400+)

    Menyimpan 5 jenis kartu yg herbi spell (Zap, Wizard, Poison, Mirror, Fire Spirits, Furnace, serta Ice Wizard).
  7. Builder's Workshop (1700+)

    Arena modern dari Clash Royale update 29/02/2016. Builder's Workshop menggeser posisi Royal Arena ke posisi 7. Di arena tadi kita bisa menemukan kartu Mortar, Elixir Collector, Sparky, Miner, dan Golem. Pada update 04/07/2016, Builder's Workshop mendapat sebuah kartu baru: The Log.
  8. Royal Arena (2000+)

    Menyimpan kartu Golem, Elixir Collector, serta Mortar. Akibat digeser sang Builder's Workshop, Royal Arena menerima 4 kartu baru, yaitu Royal Giant, Three Musketeers, Dark Prince, serta Princess (ditambah Guards dalam update 03/05/2016). Update terbaru Clash Royale bulan September 2018 menambahkan satu kartu baru di Royal Arena, yaitu Mega Minion.
    Sebelum update 02/02/2016 dan 29/02/2016, Clash Royale hanya terdiri menurut 6 arena saja.
  9. Frozen Peak (2300+)

    Pada update 04/07/2016 Clash Royale memperoleh tambahan arena baru, yaitu Frozen Peak. Di arena bertema es tersebut kita sanggup menemukan Ice Spirit, Bowler, dan Lumberjack.
  10. Legendary Arena (3000+)

    Arena level tertinggi yg tidak menyimpan kartu baru (chest-nya berisi kartu menurut arena-arena sebelumnya). Arena tersebut umumnya digunakan oleh para pemain top Clash Royale berdasarkan aneka macam penjuru dunia.

Untuk naik ke level arena yang lebih tinggi diperlukan sejumlah trofi tertentu.
TIPS 5: Susah menang melawan pemain bertrofi tinggi? Nyantai saja sob, seiring seringnya kalah, otomatis trofi akan turun (mirip sama CoC), level arena juga anjlok. Di arena yg lebih rendah dan diikuti turunnya trofi, versus pula makin gampang dikalahkan. Nah, kesempatan buat mendapat chest makin besar sehingga kita mampu segera update kartu supaya levelnya sinkron dengan trofi kita.

Chest


Selain trofi, kita akan menerima chest atau kotak harta tiap kali memenangkan pertandingan di arena Clash Royale. Tak hanya itu, dalam jangka saat tertentu, kita jua sanggup menerima chest perdeo. Bila masih kurang, chest juga mampu dibeli secara instan menggunakan gem. Selengkapnya mengenai chest, simak ulasan singkat pada bawah ini.
  1. Free (Wooden) Chest

    Muncul tiap 4 jam sekali. Bisa disimpan pada slot berkapasitas 2 kotak. Bila slot penuh, timer akan terhenti hingga kotak dibuka. Mengandung gold, gem, serta bermacam kartu.
  2. Crown Chest

    Bisa didapat menggunakan mengumpulkan 10 crown berdasarkan output pertandingan (baik menang juga kalah). Setelah terbuka, butuh ketika 24 jam buat mendapatkannya kembali. Berisi gold, 2-4 gem, serta beragam kartu.
  3. Silver Chest

    Diperoleh setelah memenangkan pertandingan. Berisi 20-55 gold dan tiga-8 kartu Common (Rare serta Epic ada tapi jarang). Terbuka dalam tiga jam.
  4. Golden Chest

    Didapat setelah memenangkan pertandingan. Isinya 70-304 gold dan 10-38 kartu (setidaknya berisi 1-3 kartu Rare). Bisa dibuka pada saat 8 jam.
  5. Giant Chest

    Salah satu chest anyar berdasarkan update Clash Royale akhir Februari 2018. Bisa diperoleh menggunakan membeli pada shop atau menang perang. Berisi 650-2470 gold dan 8-30 kartu Rare (kadang ada kartu Epic yg nyangkut). Terbuka selesainya 12 jam.
  6. Magical Chest

    Sama dengan Giant Chest, Magical Chest jua sanggup diperoleh setelah menang tanding atau menggunakan membelinya gunakan gem. Mengandung 200-950 gold serta 30-114 kartu (setidaknya berisi 6-22 kartu Rare serta 1-3 kartu Epic). Bisa dibuka sesudah 12 jam.
  7. Super Magical Chest

    Chest baru yang dirilis bersamaan dengan Giant Chest. Seperti namanya, Super Magical Chest merupakan versi super dari Magical Chest. Bisa diperoleh setelah menang tawuran atau tukar menggunakan gem. Isinya antara lain 1200-5700 gold, 36-136 kartu Rare, 6-22 kartu Epic, dan kemungkinan mendapatkan kartu Legendary yang lebih akbar berdasarkan chest lainnya. Saking supernya, Super Magical Chest baru bisa dibuka sesudah 24 jam (kecuali jika beli dari shop. Semua chest yg dibeli menurut shop gunakan gem sanggup dibuka pribadi tanpa nunggu).
  8. Tournament Chest

    Chest paling baru yang dirilis bersamaan dengan update Tournament tadi adalah bantuan gratis buat para pemenang turnamen. Jumlah gold serta kartu dalam Tournament Chest bervariasi tergantung urutan pemenang dalam turnamen dan jumlah total peserta turnamen. Pada turnamen dengan 100 peserta (turnamen mini ), chest yang mampu diperoleh juara pertama berisi 30 kartu. Untuk turnamen besar (1000 peserta), pemenang utama mampu menerima chest yg berisi 15 ribu kartu. Menariknya, chest buat juara pertama tersebut dijamin mengandung kartu legendary sob.
  9. Epic Chest

    Seiring update September 2018, Supercell merilis dua chest baru, salah satunya merupakan Epic Chest. Tak ubahnya namanya, Epic Chest berisi 10 kartu Epic; yang mampu didapat berdasarkan battle reguler maupun dibeli (gunakan gold) menurut penawaran khusus pada shop.
  10. Legendary Chest

    Selain Epic Chest, kita pula sanggup memperoleh Legendary Chest (berisi 1 kartu Legendary, dijamin sob) lewat pertandingan juga penawan khusus menurut shop (dibeli menggunakan gem).

Silver, golden, giant, magical, dan super magical chest bisa disimpan dalam 4 buah slot yang tersedia pada page utama Clash Royale. Saat slot penuh, kita nir akan menerima chest meski sudah memenangkan pertandingan.
TIPS 6: Berhubung kita hanya sanggup menyimpan 4 chest menurut output pertandingan (free, tournament, serta crown chest nir termasuk), dahulukan membuka Silver Chest agar slot cepat kosong dan mampu diisi chest kembali. Oiya, buat Anda yg tidak berencana membeli gem Clash Royale, jangan sekali-kali membuka chest menggunakan gem, eman-eman :v.

Jenis chest yang didapat selesainya menang tanding berifat acak sob, paling seringkali ada tentu saja silver, diikuti, gold, serta seterusnya. Untuk ketika ini, chest yg paling sporadis timbul merupakan super magical.

Tournament


Lewat update yg dirilis pada 4 Juli 2018, fitur Tournament akhirnya hadir pada game Clash Royale. Kehadiran fitur tersebut tentu disambut hangat oleh para pemain yang mendambakan adanya clan war di Clash Royale (meski nir 100% sama).
Secara subjektif, Tournament mampu dibilang lebih menantang daripada battle biasa. Di sana kita bisa berkompetisi melawan pemain lain buat menempati posisi zenit turnamen. Tidak jarang kita bertemu pemain yang sebelumnya pernah kita kalahkan (mengalahkan kita) buat pulang bertarung mempertahankan atau saling berebut posisi di turnamen.

Hadiah yg ditawarkan buat kampiun turnamen pula tidak main-main sob. Saat artikel ini diketik, bantuan gratis primer Tournament Clash Royale (dengan peserta 1000 orang) mencapai 2018 kartu serta 14000 gold untuk seseorang pemenang.
Bersamaan menggunakan update September 2018, terdapat mode baru pada Turnamen Clash Royale yang disebut Victory Challenge. Aturan mainnya relatif beda dengan turnamen biasa sob, buat berpartisipasi kita harus bayar 10 gem (Classic Challenge) sampai 100 gem (Grand Challenge). Durasinya tak terbatas, namun akan berakhir jika kita kalah tiga kali, atau menang 12 kali dan meraih bantuan gratis primer. Menariknya, kalah atau menang pada Victory Challenge kita permanen bisa chest yang mampu dibuka langsung tanpa menunggu (ya iyalah, masukknya aja bayar sob :v).
Untuk mengikuti turnamen di Clash Royale, minimal pemain sudah berada pada level 8 (tidak terdapat porto buat ikut dan dalam sebuah turnamen, kecuali Victory Challenge). Bila ingin mengadakan turnamen sendiri, dibutuhkan minimal 100 gem (buat 50 peserta) dan aporisma 10 ribu gem (untuk 1000 peserta).
Tournament pada Clash Royale berlangsung antara 1 jam. Mekanismenya sama dengan battle biasa, namun menggunakan anggaran spesifik baku turnamen (misalnya anggaran di friendly battle).
TIPS 7: Agar lebih gampang mencari serta mengikuti turnamen, hidupkan GPS serta izinkan Clash Royale buat mengakses lokasi Anda. Tekan tombol search berulang-ulang hingga menemukan turnamen yg belum dimulai (berwarna oranye) dan cobalah buat join secepat mungkin. Jika turnamen penuh, ulangi langkah tadi hingga Anda berhasil masuk turnamen.
Mulai update September 2018, Turnamen Clash Royale (custom) nir lagi ditentukan dari lokasi. Jadi buat menemukan turnamen publik, kita wajib mengetahui nama turnamen tadi. Alternatifnya, kita mampu mencari turnamen memakai kata kunci yg generik digunakan sebagai nama turnamen, misalnya "lndo", "royale", "tournamen" dsb.
Juara pertama dari setiap turnamen (custom) akan memperoleh chest dengan jaminan kartu legendary di dalamnya. Jadi buat Anda yg belum punya kartu legendary di Clash Royale, rajin-rajin ikut turnamen dan raih peringkat pertama buat mendapatkannya.

Strategi


Meraih kemenangan adalah tujuan utama pada game ini (ya iyalah). Untuk memenangkan pertandingan pada Clash Royale, dibutuhkan majemuk taktik. Iya, karena musuh yg kita hadapi merupakan pemain yg sebenarnya (bukan bot), kita tidak bisa terpaku dalam satu strategi ketika berlaga pada arena (beda versus beda taktik).

Oleh karena itu, strategi yang paling efektif buat menghadapi versus pada Clash Royale merupakan taktik yang bersifat dinamis serta adaptif (berubah-ubah sesuai dengan taktik lawan). Meski demikian, tidak perlu dibikin susah sob, toh Clash Royale hanyalah permainan, menang kalah merupakan hal yg biasa. Nah, buat craft jT Anda menang pada game Clash Royale, berikut adalah aku sajikan beberapa taktik dasar yang mungkin bisa Anda pakai waktu bertanding pada arena.
  1. Hemat elixir Anda
    Misalnya begini sob, jika lawan menurunkan kartu Valkyrie (4 elixir), cobalah buat melawan menggunakan kartu yg nilai elixirnya lebih sedikit (minion misalnya, 3 elixir), sehingga Anda mempunyai sisa elixir yang lebih poly daripada versus.
  2. Jadilah yang kedua pada menurunkan kartu pada arena
    Jadi Anda mampu menurunkan kartu yg sinkron untuk menghadapi kartu versus (misalnya taktik pertama tadi). Jika lawan juga menunggu Anda, turunkan kartu menggunakan nilai elixir yg kecil terlebih dahulu kemudian lihat reaksi versus.
  3. Gunakan Giant sebagai tameng
    Seperti halnya di CoC, raksasa berdaya tahan ekstra tadi sangat baik digunakan buat melindungi pasukan lain pada belakangnya serta pula melindungi tower saat musuh datang main keroyokan.

  4. Jatuhkan Baby Dragon dengan Knight
    Benar, Knight tidak mampu melawan pasukan yang terbang. Strateginya begini, saat bayi naga mendekat ke tower (sebaiknya sebelum dia sempat menyerang tower), turunkan Knight di depan tower. Nah, si bayi akan jatuh terkena panah dari Arena Tower ketika sedang asyik menyerang Knight (bantu dengan Archer atau Musketeer jika perlu).
  5. Taruh Bomber di belakang Giant
    Selain buat menyapu lawan yang merusak pergerakan Giant, splash damage yg disebabkan Bomber sangat berguna buat merobohkan tower versus. Jika perlu, dampingi Bomber menggunakan Archer atau Spear Goblin buat bertahan menurut agresi udara.
  6. Alihkan Perhatian Prince berdasarkan tower
    Sang pangeran berkuda ini memiliki agresi yang dahsyat saat berada pada depan tower. Untuk menahannya, sebelum sampai di depan tower, taruh kartu goblin, skeleton, atau, apapun di sampingnya (jangan pada depannya) buat membuatnya sibuk dan lupa dengan tower.

Ok, sementara itu dulu sob tips dan taktik dasar bermain game Clash Royale versi Craft JT yg mampu aku bagikan. Bila Anda punya tips dan taktik Clash Royale yg lebih digdaya menurut yg telah dibahas pada atas, jangan sungkan buat berbagi dengan sobat Craft JT lainnya melalui kotak komentar. Terima kasih dan semoga berguna, see you in the Arena :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION