Cara Cek USB OTG Android dengan Aplikasi Tanpa Kabel

Kebanyakan perangkat Android yg beredar dewasa ini telah dilengkapi dengan fitur USB On The Go. Iya, memang tidak seluruh Android punya OTG sob, tapi kini fitur tersebut sudah mulai lazim disertakan dalam ponsel atau tablet Android keluaran baru.

USB OTG adalah fitur yg sangat menarik bagi pengguna smartphone Android. Bagaimana tidak, lewat USB OTG, kita mampu menikmati beragam fitur yang dulunya hanya mungkin dilakukan melalui PC atau laptop. Contoh paling sederhananya adalah membuka flashdisk.
Melalui kabel USB to micro USB, kita bisa membuka bermacam isi flashdisk pribadi pada Android. Tidak hanya "membuka" sob; copy, cut, paste file menurut flashdisk ke memori internal/eksternal Android (serta kebalikannya) juga sanggup dilakukan berkat adanya fitur USB OTG.
Selain flashdisk, hampir seluruh gawai* yang ber-USB bisa jua dipakai di Android; mouse, keyboard, dan printer misalnya. Khusus untuk tablet dan ponsel Android yang mempunyai "power" mumpuni, membuka harddisk eksternal juga kelar sob (asal jangan lama -lama , sanggup kelenger Android-nya :v). Masih kurang? Main game pake stick PS3 pada Android pun mampu pula dilakukan lewat USB OTG, pokoknya banyak dah fungsinya.
Lalu bagaimana cara mengetahui ada tidaknya USB OTG pada ponsel atau tablet Android?
Ada beberapa cara buat mengetahui ketersediaan fitur USB OTG yg sudah pernah dibahas pada Craft JT. Cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan kabel USB to micro USB dan flashdisk. Tinggal tancep flashdisk ke Android lewat kabel, buka aplikasi file explorer, serta apabila flashdisk terdeteksi berarti Android Anda support USB OTG.
Ga punya kabelnya min. Nyantai saja sob, pakai saja aplikasi bernama "OTG?". Seperti namanya, aplikasi "OTG?" sanggup menyelesaikan rasa penasaran kita akan terdapat tidaknya USB OTG di perangkat Android.
Berbeda dengan aplikasi lainnya (sebut saja OTG Checker, Troubleshooter, Diagnostic, dll.), pelaksanaan "OTG?" nir membutuhkan kabel serta flashdisk buat mendeteksi ketersediaan USB OTG di perangkat Android. Cukup unduh, pasang, serta jalankan pelaksanaan "OTG?", lalu tekan tombol 'Check now!' untuk melihat hasilnya.

Bila ada pesan YES! OTG is supported on this device, berarti perangkat Android Anda sudah dilengkapi dengan fitur USB OTG. Sebaliknya, jika ternyata Android Anda belum support OTG, yang timbul adalah pesan NO. Sorry, OTG is not supported in this device.
Nah, bagaimana sob, masih kurang yakin? Saya pun begitu :D Begini, agar konfiden 100%, silakan pribadi beli kabel USB OTG dan coba hubungkan flashdisk ke Android melalui kabel tadi. Dijamin, Anda akan memperoleh kesadaran luar biasa mengenai ada tidaknya fitur USB OTG di Android Anda (haiyaah).
Jadi aplikasi yg tadi dibahas kurang seksama dong? "OTG?" sanggup dibilang lumayan seksama sob, telah aku tes pada 4 perangkat Android yang tidak sinkron. Meski demikian, saya tetap merekomendasikan pengetesan langsung menggunakan kabel serta flashdisk. Selamat mencoba :)
*Pertama kalinya Craft JT memakai istilah "gawai" sebagai pengganti istilah "gadget."

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION