Menggunakan WhatsApp di PC dengan WhatsApp Web RESMI

Beberapa ketika yg lalu, Craft JT pernah membahas cara install WhatsApp pada PC tanpa emulator. Di artikel tadi, disinggung juga rumor mengenai kehadiran WhatsApp versi web. Hari ini, rumor itu sudah berkembang menjadi sebagai kenyataan yg manis, iya, secara resmi WhatsApp telah merilis WhatsApp Web.


Apa itu WhatsApp Web? Seperti namanya, WhatsApp Web adalah versi web menurut WhatsApp, yg berguna buat chatting WhatsApp melalui web, menggunakan web browser pada PC/personal komputer atau laptop Anda. Bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web?
Pertama, silakan update pelaksanaan WhatsApp pada ponsel Anda (buat Android, Windows Phone, Blackberry serta Symbian saja, buat iOS waktu ini belum support) ke versi terbaru (2.11.498 ke atas).
Selanjutnya, buka web.whatsapp.com melalui Google Chrome, Opera, atau Firefoxdi PC atau laptop Anda. Di situ Anda akan menemukan kode QR besar buat proses autentikasi nantinya.

PENTING: Bila Anda memakai PC atau komputer beserta/milik generik, nonaktifkan opsi Keep me signed in agar riwayat pesan WhatsApp Anda tidak dibaca dan disalahgunakan pihak lain. Jika terlanjur, silakan buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda > Menu > WhatsApp Web > Log out from all computers.

Buka pelaksanaan WhatsApp di ponsel Anda, masuk ke Menu > WhatsApp Web, kemudian pindai kode QR akbar tadi memakai ponsel Anda.
TIPS: Jika Anda tidak bisa menemukan tombol OK, GOT IT, silakan tekan bagian kanan bawah popup buat memulai pemindaian.

Bila opsi WhatsApp Web belum muncul, silakan coba tutup paksa (Force stop) aplikasi WhatsApp Anda lalu jalankan pulang. Jika masih belum muncul, backup riwayat chatting WhatsApp Anda, lalu lakukan Clear chace, masih belum timbul, coba Clear data. Apa? Belum nongol juga? Uninstall pelaksanaan WhatsApp Anda dan install kembali. Semoga ada sob :D
Sip, sekarang Anda bisa chatting WhatsApp di PC Anda via WhatsApp Web, tanpa emulator :D. Pesan yang dikirim dan diterima melalui WhatsApp Web akan otomatis sinkron menggunakan pelaksanaan WhatsApp di ponsel Anda, jadi Anda tidak perlu risi kehilangan pesan WhatsApp ketika menggunakan WhatsApp Web.

Untuk mengaktifkan notifikasi WhatsApp di PC Anda (notifikasi desktop menurut Google Chrome), klik Turn on desktop notifications pada WhatsApp Web kemudian klik Allow.

Saat mendapat pesan, secara default WhatsApp Web akan mengeluarkan bunyi, begitu jua ponsel Anda (dobel dah). Agar tidak mengganggu, Anda mampu mematikan notifikasi bunyi pada WhatsApp Web melalui Menu (sebelah kiri) > Notifications > hapus centang pada opsi Sounds.

Sebagai catatan, buat permanen bisa WhatsAppan via WhatsApp Web, ponsel Anda harus tetap terhubung ke internet. Meski begitu, Anda tidak perlu membuka pelaksanaan WhatsApp pada ponsel Anda. Sepanjang aplikasi tersebut tetap berjalan di background serta terhubung ke internet, Anda sanggup memakai WhatsApp Web di PC/personal komputer atau laptop tanpa hambatan.
Berbeda menggunakan WhatsCloud yang telah dibahas beberapa waktu yang kemudian, selain pesan teks serta emoji, Anda sanggup mengirim foto serta pesan bunyi melalui WhatsApp Web. Selain itu, Anda pula sanggup melihat informasi hubungan (termasuk Last seen, foto profil, serta status) serta gerombolan WhatsApp Anda pribadi melalui WhatsApp Web.
NB: Antarmuka WhatsApp Web telah mengadaptasi material design (termasuk animasinya), kemungkinan tak usang lagi pelaksanaan WhatsApp buat Android dan platform lainnya jua bakal mendapat tampilan yang serupa. Kita tunggu saja :)
UPDATE 14/04/2015: WhatsApp menggunakan tampilan material design telah resmi dirilis.

UPDATE 12/05/2016: Aplikasi WhatsApp buat PC Windows dan Mac resmi diluncurkan sob.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION