Mematikan Autoplay Video di Facebook Web & Android

Mulai kemarin, konten video yang tersebar di news feed Facebook saya mulai muter sendiri sob (termasuk video 360 derajat), padahal tidak sekalipun aku menekan tombol play. Iya, rupanya fitur autoplay video di Facebook sudah tiba di negara kita tercinta ini.

Fitur autoplay video di Facebook memang bukan hal baru, telah mulai diuji coba sejak beberapa tahun yang kemudian. Meski begitu, pihak Facebook tidak dan merta merilis fitur (yg dipercaya mengganggu sang sebagian pengguna) tersebut secara serentak, namun bertahap sambil melihat feedback dari para pengguna.
Untuk pengunggah konten video, fitur autoplay sebenarnya tidak mengecewakan menguntungkan, jumlah view video mampu bertambah secara signifikan, karena pengguna Facebook (seperti) dipaksa secara halus buat menontonnya.
Bagi pengguna yg senang nonton video (serta punya akses internet yg cepat, stabil, unlimited pula), diputarnya video Facebook secara otomatis tentu craft jt, tak perlu repot klik tombol play lagi.
Beda cerita bila konten video bukanlah tujuan utama Anda berlama-lama di Facebook, fitur autoplay video tentu saja mengganggu. Terlebih jika internet yg Anda pakai tidak perdeo, tidak cepat, dan terbatas, memutar video tentu bukanlah prioritas Anda.
Nah, untuk Anda yang merasa tidak nyaman menggunakan fitur tersebut, Facebook telah menyediakan opsi spesifik buat Anda. Benar sob, menggunakan sedikit usaha, fitur autoplay video Facebook ternyata sanggup dimatikan. Bagaimana caranya? Agar video Facebook tidak memutar otomatis, simak cara gampang berikut.

Facebook versi web


1. Masuk ke Setting Facebook (klik ikon segitiga > Setting).

2. Klik Videos dalam sidebar kiri kemudian ubah Auto-Play Videos dari Default menjadi Off.

Aplikasi Facebook buat Android


1. Buka pelaksanaan Facebook, ketuk ikon pilihan menu (sebelah kanan ikon notifikasi).
2. Gulir ke bawah kemudian masuk App Settings.

3. Ketuk Videos play automatically serta pilih Off (atau pilih Wi-fi only apabila Anda ingin autoplay aktif waktu pakai Wifi).

Facebook versi mobile


Untuk waktu ini, video yang disebar pada Facebook versi mobile tidak diputar secara otomatis sob (fitur autoplay-nya tidak aktif secara default). Kalaupun nanti aktif, cara mematikannya tentu tak jauh beda dengan cara-cara yg telah dibahas di atas.
______________
Sip, sesudah mematikan autoplay video pada Facebook, baik web juga Android, sekarang Anda mampu bebas facebook-an seperti biasa (bebas dari video yang muter sendiri).
Sebagai penutup, bila Anda suka multitasking dan menemukan link menarik di Facebook, tidak ada salahnya buat membukanya menggunakan aplikasi Link Bubble (Brave Browser). Selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION