Kirim Peta Catatan dan Alarm dari PC ke Android dengan Google Search

Perlahan tapi niscaya, perangkat mobile macam Android sekarang mulai menggeser penggunaan PC atau laptop. Walau demikian, bukan berarti PC atau laptop sahih-benar ditinggalkan, Masih banyak pengguna Android yg belum pernah mampu move on dari PC atau laptop mereka (termasuk aku :D).

Bisa dibilang keduanya (PC/laptop serta Android) saling melengkapi sob, model mudahnya, kita masih butuh PC atau laptop buat menembus root Android One, atau menghubungkan stick PS3 menggunakan Android, serta yang paling baru, mengirim banyak sekali fakta menurut PC ke Android dengan fitur baru Google Search. Informasi apa saja? Silakan lanjut bacanya sob :)
UPDATE 28/05/2016: Semua fitur di bawah ini ternyata sudah tidak berfungsi lagi sob (kecuali set reminder). Sampai saat ini belum terdapat fakta lanjutan mengenai perkara itu. Artikel ini akan diupdate pulang jika ada informasi baru mengenai perkembangan fitur-fitur tadi. Pantau terus Craft JT :)

TIPS: Fitur yang akan diulas dalam artikel ini, saat ini hanya bisa dipakai pada daerah Amerika Serikat saja. Agar bisa berfungsi di negara kita, tambahkan &gl=us di akhir URL output pencarian Anda. Contoh: //www.google.com/search?Q=set+an+alarm&gl=us. Alternatifnya, Anda sanggup memakai link pada setiap kata kunci yang tersedia dalam artikel ini. Pastikan juga Anda telah login pada PC menggunakan akun Google yg sama dengan akun yg Anda gunakan pada Android (minimal Android 4.dua Jelly Bean menggunakan fitur Google Now).

Mengaktifkan Google Now Card serta Web & App Activity


Di perangkat Android
Sebelum memakai fitur-fitur baru menurut Google Search, pastikan Anda telah meng-update aplikasi Google buat Android ke versi yang paling baru. Selanjutnya, Anda juga harus mengaktifkan Google Now Card, caranya gini sob, buka pelaksanaan Google pada Android > Menu > Settings > Now cards > kemudian aktifkan Show cards serta Show notifications for card updates.

Di PC
Buka browser desktop favorit Anda (Chrome, Firefox, dsb). Buka Google.com serta login ke akun Google Anda (akun Google yg sama dengan akun yang Anda pakai di Android). Selanjutnya tuju laman Account History page, aktifkan Your searches and browsing activity serta Include history from Chrome and other apps in your Web & App Activity (apabila belum aktif).

Setelah beres, sekarang Anda bisa mulai mencoba fitur-fitur terbaru Google Search berikut adalah.

Cara Kirim Peta dari PC ke Android


Belum usang ini, Google Search menambahkan fitur baru, baik pada PC maupun Android. Salah satunya, sekarang Anda sanggup mengirim peta ke Android pribadi menurut Google Search di PC atau laptop. Caranya gampang, cukup ketik send directions pada kotak pencarian Google pada browser favorit Anda.

Selanjutnya, ketik alamat tujuan Anda pada kotak Where do you want to go? Dalam tutorial ini saya memilih kota Solo/Surakarta. Jangan lupa klik Send directions to my phone.

Seketika itu pula, perangkat Android Anda akan menampilkan peta kota atau loka tujuan Anda (via Google Maps).

Setelah itu, tinggal ketuk tombol Route untuk menentukan rute mana yg akan ditempuh (dari lokasi perangkat Android Anda waktu ini menuju loka tujuan).

Cara Kirim Catatan menurut PC ke Android


Sip, selain kirim peta, Anda pula sanggup menggirim catatan menurut Google Search di PC atau laptop ke Android. Caranya nir jauh beda dengan cara kirim peta di atas, cukup ketik send a note pada kotak pencarian Google di PC atau laptop Anda.

Tulis catatan yang akan dikirim ke Android, lalu klik Send note to your phone. Tanpa menunggu usang, catatan Anda akan muncul di bilah notifikasi Android, mampu disalin ke clipboard (pilih Copy) atau disimpan ke Google Keep (Pilih Save).

Bila ingin lebih cepat, Anda mampu menggunakan kata kunci note to self diikuti isi catatan yang hendak dikirim berdasarkan PC ke Android, contohnya misalnya ini.

Cara Atur Alarm dari PC ke Android


Masih terdapat lagi sob, silakan ketik set an alarm pada kotak pencarian Google di PC atau laptop Anda. Atur waktu yang diinginkan lalu klik Set alarm on your phone.

Sesaat lalu perangkat Android Anda akan menerima notifikasi yang memberitahukan bahwa alarm telah diset pada waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti penampakan berikut adalah.

Seperti cara kirim catatan tersebut, Anda juga bisa mengeset alarm menggunakan cepat memakai istilah kunci set an alarm diikuti saat yang Anda inginkan, misalnya misalnya ini.

Di samping alarm, apabila Anda mengetik kata kunci set reminder atau remind me dalam kotak pencarian Google di PC atau laptop, Anda sanggup mengirim pengingat atau reminder di perangkat Android.

Silakan tentukan judul, saat, tempat pada reminder Anda, kemudian klik Remind me on Google Now. Untuk mengeceknya, buka aplikasi Google pada Android, ketuk pilihan menu hamburger, pilih Reminders.

______________
Nah, dari fitur-fitur keren di atas, terbukti bahwa PC atau laptop masih berguna serta relevan di masa serba Android ini. Tak hanya itu sob, kalau tak ingin melewatkan notifikasi Android saat menggunakan PC atau laptop, silakan baca artikel tentang cara menampilkan setiap notifikasi yg masuk ke Android di layar PC atau laptop, selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION