Mencegah Tab Google Chrome Reload dengan Sendirinya

Ceritanya begini; saat kita membuka tab baru di Google Chrome desktop lalu pulang ke tab yang sebelumnya sudah dibuka, maka secara otomatis laman web dalam tab tadi akan dimuat ulang (reload). Hal tadi umumnya terjadi apabila kita membuka banyak tab (lebih berdasarkan 3) sekaligus pada Google Chrome. Apa yg sebenarnya terjadi?

Banyak yang menduga bahwa terjadinya refresh tab otomatis dalam Google Chrome versi desktop ditimbulkan oleh bug atau malware (yang umumnya berasal menurut ekstensi). Sebenarnya, itu adalah fitur sob, namanya Automatic Tab Discarding (diperkenalkan mulai Chrome versi 46). Fitur tersebut akan aktif menggunakan sendirinya (menutup page web di tab yang nir aktif) saat Chrome mendeteksi bahwa RAM di PC atau laptop kita mulai penuh (mirip menggunakan kelakuan Chrome di Android :D).
Di satu sisi, Automatic Tab Discarding sanggup berguna buat melepas RAM yang digunakan oleh tab-tab yang sedang tidak aktif. Efeknya, kinerja Chrome (serta juga holistik system di PC) akan terjaga kestabilannya (meminimalisir terjadinya hang/crash).
Di sisi lain, fitur itu mampu menjengkelkan ketika kita sedang menulis artikel pada blog atau status di Facebook, belum sempat diposting, pindah sementara waktu ke tab lain buat membaca surat keterangan, serta saat kita balik ke blog/Facebook, tab-nya tiba-datang reload menggunakan sendirinya. Tidaaakkkk!!!
Selain itu, memuat page web ulang tentu berdampak pada kuota internet kita sob, apalagi yang direload halaman YouTube, bakalan buffering ulang dah.
Hal itu umumnya terjadi jika kita membuka tab Google Chrome terlalu banyak sob, jikalau cuma dua-tiga tab tampaknya nir kasus. Bila fitur tersebut dirasa mengganggu, kita sanggup mematikannya melalui laman flags.
Caranya ketik chrome:flags/#automatic-tab-discarding lalu tekan Enter. Kemudian ubah Default sebagai Disable serta restart Google Chrome. Beres.

Sebaliknya, jika Anda menyukai fitur Automatic Tab Discarding, padukan saja menggunakan fitur Page Reloading from Cache, agar Chrome melakukan reload laman web dari cache (bukan menurut internet, sehingga loading lebih cepat serta sanggup menghemat kuota). Caranya ketik chrome://flags/#show-saved-copy lalu ubah Default sebagai Enable: Primary dan jangan lupa restart Google Chrome. Sip, selamat mencoba :)

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION