Cara Install Remix OS Android di Laptop atau PC dengan Flashdisk USB

Apa itu Remix OS? Sudah dibahas di artikel sebelumnya sob, coba dicek lagi :D Buat yang telah baca artikel kemarin, kali ini Craft JT akan membahas tutorial install Remix OS Android pada laptop atau PC dengan menggunakan USB flashdisk.

Mungkin ada pertanyaan di benak Anda, mengapa gunakan flashdisk USB? Layaknya pasang OS lain sob (Windows atau Linux), sekarang flashdisk USB sudah sangat generik digunakan sob, menggeser fungsi CD yang dulu terkenal. Khusus buat Remix OS yang akan kita bahas ini, diperlukan setidaknya Flashdisk USB versi tiga.0 menggunakan kapasitas 8GB (menggunakan kecepatan tulis data 20MB/s).
Selaras dengan versi flashdisk USB-nya, kita jua harus menggunakan PC atau laptop dengan slot USB versi 3.0. Bagaimana bila adanya cuma flashdisk lawas versi dua.0, PC-nya juga jadul masih gunakan slot USB dua.0? Tak perlu gundah, meski syarat minimum pasang Remix OS harus pakai USB 3.0, ternyata USB 2.0 (baik flashdisk maupun slot-nya) jua mampu digunakan sob, tak ada kasus (sudah saya buktikan, setidaknya buat Guest Mode. Apa itu Guest Mode? Akan dibahas lebih lanjut pada bawah).
Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diperhatikan bahwa ketika ini Remix OS for PC masih berstatus alpha, yg artinya masih pada tahap awal pengembangan, jadi masih unyu sob, status beta saja belum dapat. Oleh karena itu, Remix OS waktu ini belum sanggup dipasang secara permanen di harddisk, hanya bisa dijalankan secara live via flashdisk USB (nah, terjawab juga kenapa wajib pakai USB 3.0).
Meski demikian, melalui gerombolan resmi Remix OS di Google Group, terdapat beberapa user yang telah menyatakan berhasil memasang Remix OS langsung pada harddisk. Caranya cukup sederhana, buat partisi harddisk baru dengan format FAT32, kemudian salin semua file Remix OS yg sebelumnya telah pada-burn pada flashdisk ke partisi tersebut, lalu edit entri boot-nya gunakan EasyBCD, beres, tapi bukan itu yang akan dibahas lebih lanjut pada artikel ini sob.
Ok, pribadi saja kita bahas bagaimana cara memasang Remix OS for PC pada laptop atau PC menggunakan flashdisk USB, tetapi sebelumnya siapkan indera serta bahan berikut.
  1. Flashdisk USB tiga.0 berformat FAT32 menggunakan kapasitas minimal 8GB (sanggup subtitusi dengan Flashdisk USB 2.0).
  2. Laptop atau PC Windows 32-bit atau 64-bit menggunakan slot USB 3.0 (atau USB dua.0) dan bisa boot melalui flashdisk USB (Legacy Boot Mode).
  3. Remix OS for PC ISO dan Remix OS Installation Tool.

Setelah indera dan bahan siap, ikuti langkah gampang memasang Android di laptop atau PC dengan Remix OS berikut adalah .

Membuat Bootable Flashdisk USB menggunakan Remix OS USB Tool


  1. Ekstrak file hasil unduh menurut situs Jide.
  2. Tancapkan flashdisk USB dalam slot yg tersedia pada PC atau laptop Anda (pastikan flashdisk-nya kosong).
  3. Jalankan Remix OS Installation Tool.
  4. Pilih arsip ISO menurut Remix OS melalui tombol Browse, pilih Drive USB pada bagian Tipe, pilih flashdisk Anda di bagian Drive kemudian klik tombol OK.

  5. Tunggu hingga USB Tool selesai menyalin semua arsip yg diperlukan ke flashdisk USB. Prosesnya mungkin agak lama tergantung kecepatan tulis PC serta flashdisk Anda.

  6. Setelah terselesaikan, klik Reboot Sekarang buat langsung reboot atau Keluar jika Anda ingin reboot secara manual.


Menjalankan Remix OS Android pada PC atau Laptop


  1. Saat proses reboot, tekan tombol F12 (tekan berkali-kali dengan cepat apabila tak ingin terlewat) buat masuk ke Boot Menu. Cara masuk boot menu mungkin bhineka tergantung versi BIOS menurut masing-masing laptop atau PC. Bila Anda tidak bisa masuk ke Boot Menu melalui cara tadi, silakan cari "cara masuk ke boot menu _tipe laptop atau PC Anda_" melalui mesin pencari.
  2. Pada layar Boot Menu, pilih USB Storage Devices (istilahnya mungkin tidak sinkron tiap PC, sanggup jua USB HDD diikuti nama flashdisk USB Anda, pokoknya pilih yang ada istilah "USB" nya sob).

  3. Sesaat lalu akan timbul layar biru berikut. Ada dua pilihan buat menjalankan Remix OS pada PC atau laptop Anda. Untuk Anda yang menggunakan USB dua.0, aku sarankan untuk mencoba Guest Mode.

  4. Pertama adalah Guest Mode, pada mode tadi, seluruh ubahan (arsip, setting, dsb.) yg Anda lakukan ketika memakai Remix OS tidak akan disimpan dan akan hilang setelah shutdown. Cocok untuk Anda yg hanya berniat mencoba Remix OS tanpa berencana menggunakannya dalam ketika lama .
  5. Kedua merupakan Resident Mode, mode di mana Anda sanggup menyimpan arsip dan setting menurut Remix OS (disarankan menggunakan USB 3.0). Mode tadi bisa Anda pilih apabila ingin menggunakan Remix OS dalam saat yg tidak sebentar.
  6. Setelah menentukan pilihan (pada tutorial ini aku mencoba Guest Mode), tunggu beberapa ketika hingga proses booting selesai (lamanya tergantung menurut mode yang Anda pilih, FYI, Guest Mode lebih cepat dari Resident Mode).
  7. Selanjutnya logo Android x86 akan muncul, disusul menggunakan logo Remix OS yg berpendar-pendar.

  8. Pada layar pilihan bahasa, pilih English (United States) atau bahasa lain yang sekiranya Anda kuasai.

  9. Klik Next sehabis Anda menyetujui User Agreement.

  10. Agar sanggup internetan, silakan hubungkan Remix OS dengan WiFi yang tersedia, atau klik Skip jika Anda sedang berada di luar jangkauan frekuwensi WiFi.

  11. Sampai di sini pengaturan Remix OS sudah selesai, klik Start untuk mulai menggunakannya.

  12. Nah, silakan diacak-rambang sinkron hasrat sob Remix OS-nya.

  13. Sebagai tambahan, dalam versi rilis resmi ini (versi 2018011201, rilis dalam 12/01/2016) Remix OS for PC belum dilengkapi dengan Google Apps atau GApps (Google Play Store, Play Service, Framework, Gmail, dsb.), jadi saat ini kita belum mampu pasang pelaksanaan Android pada Remix OS melalui Play Store. Cara pasang Google Play Store (serta GApps lainnya) di Remix OS akan dibahas dalam artikel selanjutnya.
  14. Selamat mencoba serta semoga berguna :)


UPDATE 04/03/2016: Seiring dirilisnya Remix OS for PC versi dua.0.102 beta, sekarang kita sanggup memasang Remix OS pada harddisk (dual-boot dengan Windows). Cek artikel Cara Install Remix OS Dual-Boot Windows pada Harddisk atau SSD buat informasi selengkapnya.

Popular posts from this blog

DOWNLOAD GRATIS AUTODESK AUTOCAD 2009 FULL VERSION

DOWNLOAD GRATIS SOLIDWORKS 2019 FULL VERSION